4 TIPS NGOPI SAAT MUDIK

Lebaran tiba. Saatnya menjalin silaturahmi dan melebur rindu ke kampung halaman dengan orang-orang tercinta. Karena jika mudik membuat keluargamu bahagia, maka pulanglah.

SEPERTI diketahui mudik sudah menjadi ritual wajib para perantau di Hari Raya Idul Fitri. Berbondong-bondong manusia meninggalkan perantauan sejenak untuk pulang dan menikmati hangatnya kebersamaan bersama keluarga. Tak terkecuali para pecinta kopi, pecandu kafein juga akan melakukan kegiatan mudik yang tentunya tak bisa dilakukan tanpa ‘bantuan’ kopi. Mudik tak melulu dari jalur udara, seringnya justru dari jalur darat yang melelahkan. Oleh karena itu, saya selaku pemudik akan membagikan tips sederhana yang semoga bisa membantu penikmat kopi melewati perjalanan pulang ke kampung halaman dengan lebih menyenangkan.

Credit: huffingtonpost.com
Credit: huffingtonpost.com

Pilih Alat Kopi ‘Khusus’

Alat kopi ‘khusus’ yang dimaksud di sini adalah alat-alat seduh yang memang diciptakan untuk penggunaan outdoor dan bahkan mobile. Jika belum punya, tak apa sekali ini menyisihkan THR untuk membelinya, hitung-hitung investasi buat ke depannya juga. Ada beragam pilihan alat kopi. Untuk pecinta manual brew mungkin bisa memilih Cafflano, alat seduh 4 in 1 yang di dalamnya sudah ada dripper, tumblr, kettle dan hand grinder. Atau bawalah Aeropress dan siapkan metal filter saja agar tak perlu repot membasahi paper filter. Untuk yang suka dengan espresso, alat yang dipilih juga beragam. Mulai dari Minipresso, Handpresso, hingga Handpresso Auto Hybrid yang memang diciptakan untuk ngopi saat berkendara. Semua tergantung selera kamu. Yang jelas alat-alat kopi ‘khusus’ ini sangat memudahkan ritual ngopi saat mudik.

Credit: kinfolk.com
Credit: kinfolk.com

Bawa Termos Air

Ngopi tentunya membutuhkan air ‘kan? Biar tidak repot mencari-cari air panas saat pengin ngopi di jalan, siapkan termos air da nisi dengan air panas. Saat kamu istirahat di tempat makan atau warung, isi kembali termosmu dengan air panas dari sana. Pastikan selalu mengisi penuh termos airmu. Karena kamu tidak tahu kapan keinginan ngopi datang dan situasi perjalanan yang kadang lebih panjang dari biasanya.

Bawa Semua Alat yang Berukuran Kecil

Mudik sudah pasti membawa banyak sekali barang. Dan kamu tentunya juga tidak mau menambah barang lagi dengan alat-alat kopimu. Hal ini bisa disiasati dengan beragam cara. Coba hitung berapa lama kamu menghabiskan perjalanan. Misalnya sehari semalam. Berarti kamu akan ngopi kira-kira dua kali. Nah, biar nggak perlu ribet, siapkanlah biji kopi untuk dua kali seduh saja dalam kantongan kecil yang kedap udara. Nanti saat waktu menyeduh tiba kamu tinggal menggilingnya saja di manual grinder Porlex Mini-mu tanpa perlu repot membawa coffee scale dan bungkus kopi berukuran besar.

Credit: eater.com
Credit: eater.com

 

Menyeduhlah Sesederhana Mungkin

Jangan ribet saat menyeduh kopi. Saat sampai di tempat tujuan kamu mungkin bisa menyeduh dengan seperangkat alat pour over favoritmu. Tapi saat di perjalanan usahakanlah menyeduh sesimpel mungkin. Biar tidak repot menggiling kopi, usahakan biji kopi sudah digiling untuk beberapa kali minum kopi. Jika biasa menyeduh dengan pour over, kali ini seduhlah dengan tubruk atau paling-paling Aeropress saja itupun saat rehat. Juga jangan membuang ampas dan paper filter di sembarang tempat. Kalau bisa pun kali ini menggunakan metal filter dan Kone saja karena tidak mau ribet membilas dan membuang kertas.

Demikianlah empat tips sederhana untuk ngopi di saat mudik. Jangan lupa membawa oleh-oleh single origin untuk keluarga yang suka ngopi di kampung halaman. Semoga tips tadi membantu dan selamat mudik serta hati-hati di jalan.

Foto utama dari myclub.worldmap.com 

HANDPRESSO-MAJALAH1

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.