43 FACTORY COFFEE ROASTERS DA NANG

Kedai kopi yang satu ini adalah kedai kopi dengan desain bangunan paling aduhai dan alat kopi paling mutakhir yang pernah saya datangi di Da Nang.

PUKUL 10 pagi saya bergegas untuk menuju 43 Factory Coffee Roasters yang memang telah menjadi buah bibir di mana-mana. Menurut kabar yang beredar kedai kopi ini menghabiskan budget yang besar saat dibangun. Itu dikarenakan mereka menggunakan alat-alat kopi terbaik dengan desain kedai yang juga dipikirkan setiap sudutnya.

Benar saja, saat sampai di depan kedai, saya langsung takjub melihat bangunannya dari luar. Hampir seluruh bangunan terbuat dari kaca dengan dinding bata yang indah. Pun di bagian luar kedai ini di kelilingi kolam yang menyatu dengan bangku dan meja yang terbuat dari konkrit semen yang menarik hati. Jadi seolah-olah kamu duduk di dalam kolam karena kursi dan mejanya menyatu dengan kolam. Serunya!

Di bagian indoor didesain simpel dan minimalis. Coffee bar besar menjadi pusat perhatian. Di sana ada mesin espresso La Marzocco, cold brewer ukuran besar yang berjejer rapi, alat-alat seduh semacam Syphon sepaket dengan beam heater-nya, Aeropress, Hario V60 dan lain sebagainya. Saya memilh duduk di coffee bar karena hanya datang sendiri dan ingin menikmati barista beraksi.

Semua barista mengenakan seragam ala pegawai bengkel yang cocok dengan nama kedainya factory. Di sini dibelakukan sistem self-service jadi kita harus datang ke kasir dan memesan sendiri. Saya memesan single origin Kosta Rika yang menurut saya pilihan yang tepat. Secangkir penuh kompleksitas yang menyenangkan. Pas dengan teman sarapan saya Cinnamon Rolls yang rasanya tak mengecewakan.

Yang membuat berbeda kedai kopi ini ternyata menggunakan Kruve sesaat sebelum kopinya diseduh. Jadi seluruh single origin kamu pesan akan ‘diayak’ terlebih dahulu agar mendapat ukuran yang presisi sesaat sebelum diseduh. Effort-nya boleh juga nih! Pantas saja ya kedai ini ramai dan kopinya enak karena mereka memperhatikan tiap detail prosesi seduh.

Oh iya, 43 Factory Coffee juga menyangrai kopi mereka sendiri karena saya melihat 3 buah mesin sangrai beda ukuran di sudut kedai. Juga mereka menjual biji kopi dan pernak-pernik kedai ini siapa tahu kamu tertarik menjadikannya oleh-oleh. Bagian lain yang cukup saya hargai dari kedai ini adalah pegawainya yang dengan ramah bertanya bagaiman kopi mereka. Mendengarkan pendapat kostumer menurut saya adalah sebuah gestur yang asyik karena kedai kopi spesialti harusnya memang seperti itu.

Semakin siang manusia yang datang pun semakin banyak. Dan saya harus melanjutkan petualngan ke kedai-kedai lainnya. Tapi benar kata orang-orang tentang 43 Factory Coffee yang sungguh ‘mewah’ namun tetap tidak memberi perasaan yang sombong dan menjaga jarak. Ada keramahan yang tak hilang dari kedai kopi mengagumkan ini.

43 Factory Coffee Roasters

Lô 419, 422 đường Ngô Thì Sỹ, Bắc Mỹ An,

Ngũ Hành Sơn, Đà Nẵng, Vietnam

Jam Operasional : 08.00 – 22.00 Waktu Lokal

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.