5 ALASAN HARUS PUNYA PENGGILING KOPI MANUAL DI RUMAH

Alat penggiling kopi manual merupakan sebuah keharusan untuk mendapatkan sajian kopi berkualitas setiap hari.

SUDAH banyak ulasan berkaitan tentang alat penggiling kopi manual, tapi tetap saja sangat menarik untuk menjadi topik bahasan. Bermula dari pertanyaan seorang teman, alat kopi seperti apa yang harus dimilikinya untuk belajar menikmati sajian kopi specialty. Saya berharap ulasan ini mewakili banyak pertanyaan sejenis tentangnya. Alat kopi apa yang harus dimiliki untuk pertama kali, jawabannya adalah penggiling kopi manual.

Apa yang menyebabkan sajian kopi di kedai kopi berbeda dengan sajian kopi yang kamu buat sendiri di rumah. Faktanya, barista dalam proses seduh kopi menggunakan pendekatan teori yang mereka pahami, dan kebanyakan orang membuat kopi sendiri di rumah berdasarkan intuisi. Padahal, penyimpanan biji kopi dan penggunaan penggiling kopi merupakan salah satu faktor terpenting untuk mendapatkan hasil seduh yang nikmat, dan hal ini sering diabaikan.

credit: questcoffee.com.au

1. Meningkatkan Karakter Rasa
Jika selama ini, menyeduh kopi dengan bubuk kopi, terasa datar tidak ada sesuatu yang istimewa dari cangkir kopi kamu. Mungkin saja, tidak ada lagi senyawa rasa yang tertinggal di bubuk kopi, karena kopi yang sudah menjadi bubuk akan mudah terpapar udara dan sangat cepat senyawa rasa menghilang.

Menggiling sendiri biji kopi sesaat ketika akan menyeduh kopi, akan ada perbedaan selama proses seduh kopi. Mengoptimalkan rasio dan suhu air seduhan untuk meningkatkan karakter rasa selama ekstraksi, akan memudahkan jika mengetahui level gilingan kopi. Berbeda jika membeli bubuk kopi tanpa mengetahui level gilingan dan tentu harus membutuhkan penyimpanan khusus untuk menyimpan bubuk kopi agar tetap segar.

2. Ringan dan Mudah Dibawa ke Mana Saja
Memiliki penggiling kopi manual bukan saja penting untuk mereka yang mulai belajar minum kopi specialty. Bagi mereka yang hobi melakukan perjalanan dan khawatir tidak mendapatkan asupan kopi berkualitas di daerah destinasi, baiknya seduh kopi sendiri. Penggiling kopi manual akan menjadi teman tepat untuk minum kopi di rumah dan di perjalanan dan tidak perlu khawatir jika tidak menemukan kedai kopi lokal di sekitaran.

credit: barcelona.info

3. Pengalaman Berkesan Selama Proses Seduh
Sangat berbeda jika selama proses seduh menggunakan penggiling kopi elektrik, proses menggiling kopi sangat cepat tapi kurang berkesan. Para pecinta kopi yang menikmati tiap proses seduh kopi, pasti akan lebih memilih menggunakan penggiling kopi manual. Alasannya, pengalaman memegang penggiling kopi manual dan memutarnya sehingga menjadi bubuk kopi, akan meningkatkan kesan yang tercipta selama proses seduh kopi. Pada akhirnya, sajian kopi yang dibuat dengan menikmati segala prosesnya, akan begitu nikmat ketika diteguk.

4. Lebih Hening Dibandingkan Penggiling Elektrik
Ingin menyeduh kopi dan menggiling biji kopi di ruangan tapi takut menjadi pusat perhatian karena suaranya yang bising, maka penggiling kopi manual akan lebih memungkinkan. Jika ingin menggiling kopi di malam hari, tapi taku mengganggu anggota keluarga lain di rumah, menggunakan penggiling kopi manual akan sangat membantu. Bahkan, penggiling kopi manual tidak menggunakan daya listrik, yang mana hal ini sangat membantu saat pergi berkemah atau pun perjalanan lainnya.

5. Membuka Potensi Metode Sajian Kopi Lainnya
Memiliki penggiling kopi manual di rumah, tentu kamu seperti memiliki bar di rumah, kamu sangat bisa membuat sajian kopi dengan metode seduh apa pun setelahnya. Memahami konsep dasar tiap metode sajian kopi, maka selanjutnya kamu akan sangat mungkin menjadi home brewer dengan latihan dan selalu eksplorasi.

Gilingan Metode Seduh
Kasar (Coarse) Cold Brew
Tidak Terlalu Kasar (Medium-Coarse) Chemex, Clever Dripper, Cold Brew
Medium Aeropress, Pour Over
Tidak Terlalu Halus (Medium-Fine) Aeropress, Pour Over
Halus (Fine) Espresso, Moka pot, Aeropress
Sangat Halus (Extra-Fine) Turkish Coffee

Setelah memiliki penggiling kopi manual di rumah, alat kopi apa yang akan kamu incar selanjutnya. Yuk, saling berbagi cerita tentang alat kopi favorit!

sumber
driftaway.coffee advantages of hand grinder
baristawarehouse.com best home coffee grinder
img by roastycoffee.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.