5 ALASAN KENAPA KAMU MEMERLUKAN TIMBANGAN (SCALE) SENDIRI

Mereka yang sudah expert tentang kopi pasti tahu pentingnya scale dalam ‘berkopi ria’. Tapi bagi yang belum ahli, pasti bingung kenapa timbangan sebegitu pentingnya dalam menghasilkan kopi enak.

Third Wave Era dengan segala metode manual brew-nya takkan pernah lepas dari coffee scale. Selain gooseneck kettle, timbangan digital adalah salah satu benda yang tak pernah lepas dari ritual seduh menyeduh kopi dengan cara manual. Sebenarnya, seberapa penting kehadiran timbangan ini dan seberapa besar pengaruhnya untuk kenikmatan kopi yang kamu teguk? Berikut empat alasan kenapa scale (timbangan) begitu penting dalam menciptakan kopi nikmat.

Akuransi

Kopi adalah science. Jika kamu mengharapkan menyeduh kopi dengan konsisten maka kamu perlu melakukannya secara akurat. Apalagi saat kamu menyeduh dengan metode manual, setiap kucuran air yang mengalir diukur melalui timbangan. Seperti Acaia Lunar, timbangan ini diciptakan dengan akurasi menakjubkan bukan tanpa alasan. Keakuratan berat dan waktu menjadikan kopi yang kamu nikmati terasa lebih nikmat. Oh iya, akuransi memberikan hasil yang kalaupun tidak sempurna tapi mendekati sempurna.

Presisi

Jika kamu ingin menyeduh kopi dengan benar agar menghasilkan rasa yang nikmat, kamu juga harus melakukannya dengan teliti dan konsisten. Untuk mendapatkan kenikmatan kamu harus mengetahui dengan pasti jumlah kopi dan air yang akan kamu gunakan untuk menyeduh. Dan tentu di sini presisi adalah keharusan. Scale seperti Bonavita Digital Scale, Brewista Smart Scale dan Hario Drip Scale memberi ketelitian yang kamu butuhkan. Ketelitian yang melibatkan kerja dari scale yang membantu kamu mewujudkan kopi yang nikmat.

Takaran

Timbangan memberikan ketepatan dalam takaran. Dengan menggunakan timbangan kamu takkan membuang-buang kopi karena takaran dan jumlah kopi yang digunakan sudah pas setiap harinya. Dengan memiliki timbangan kamu juga akan tahu dalam satu kantong kopi berapa lama itu akan bertahan. Kamu juga akan tahu sebulan kamu mampu menghabiskan berapa gram kopi karena kehadiran timbangan yang telah menakar segalanya dengan pasti.

Kecepatan

Timbangan berfungsi mengukur kecepatan volume air saat kamu menyeduh air. Timbangan memudahkan para barista (peminum kopi) dalam mempersiapkan proses menyeduh dengan lebih mudah. Rasanya menyenangkan jika kamu mengetahui seberapa banyak dan seberapa tepat kecepatan air yang bercampur pada kopimu sebelum akhirnya berakhir dalam tegukan.

Multifungsi

Sudah bukan rahasia kalau timbangan memiliki banyak fungsi. Menimbang banyaknya biji kopi, menimbang berapa banyak espresso yang lahir, menimbang volume air. Dan menimbang banyak hal lain di luar kopi yang memerlukan ketepatan takaran.

Dengan kata lain tak ada ruginya memiliki timbangan untuk diri sendiri. Tak harus mahal tak harus mewah, timbangan berguna kamu memiliki karena fungsinya yang memang luar biasa.

Ngomong-ngomong kamu pakai timbangan apa?

 

 

 

 

Disunting dari thecoffeecompass.com

Foto dari dailycoffeenews.com

drip-scale

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. timbangan kue digital SF 400 dengan keakuratan +- 1 gram.
    masi jauh dari ideal si timbangan ini. tapi harganya sesuai kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.