Tips

5 ALASAN MENGAPA HARUS MENANAM JAMUR DENGAN AMPAS KOPI

mushroom sumber obliqueexposuredotwordpressdotcom


 

Urusan perut tak akan pernah selesai. Konsumsi jamur tanpa membeli bisa jadi solusi.

TENTU amat menyenangkan kalau kita bisa makan jamur tiram tanpa membelinya di pasar. Tapi bukankah biaya budidaya jamur cukup besar? Bukan. Inilah mengapa ampas kopi berperan memangkas biaya?

Pada artikel sebelumnya, sudah pernah dibahas ada “5 Manfaat Ampas Kopi untuk Berkebun”. Namun pada bagian ini akan diperdalam mengenai budidaya jamur. Berikut ada 5 alasan mengapa kamu harus segera menanam jamur pakai ampas kopi.

Tidak Perlu Sterilisasi

Secara konvensional, budidaya jamur membutuhkan serbuk kayu sebagai bahan utama kembang biak jamur. Sebelum ditanami bibit jamur, biasanya serbuk kayu perlu disterilkan lebih dulu menggunakan air atau uap panas. Cara seperti ini berpotensi memakan biaya dan waktu lebih banyak.

Berbeda dengan ampas kopi, ia sudah mengalami sterilisasi sewaktu proses penyeduhan. Artinya, kamu bisa memangkas biaya pengeluaran dan waktu.

Operasional Budidaya yang Lebih Sederhana

Budidaya jamur menggunakan ampas kopi tidak butuh alat-alat sebanyak dan sekompleks yang konvensional. Kamu cukup datang ke kedai-kedai kopi di sekitarmu, minta ampas kopinya, tanam bibit jamur, lalu bungkus dalam wadah plastik mirip jamur konvensional. Pada dasarnya, tidak begitu banyak perbedaan antara menanam jamur dengan berkebun, semisal tomat. Yang penting tahu bagaimana kondisi yang tepat agar jamur bertumbuh.

Credit : mushroom-sumber-grocycle.com

Credit : mushroom-sumber-grocycle.com

Kaya Nutrisi

Terlepas dari pemangkasan biaya dan operasioanal budidaya yang lebih sederhana, ampas kopi secara alami mengandung nutrisi yang dibutuhkan jamur tiram untuk tumbuh. Nutrisi itu tak lain adalah karbon, nitrogen, fosfor, potasium, dan senyawa mineral lain yang ramah lingkungan.

Mudah Dicari di Kota

Kamu tinggal di kota besar? Tidak perlu takut kesusahan mencari bahan pokok ampas kopi. Kamu bisa manfaatkan ampas kopi di rumah, kedai, dan rumah sangrai yang ada di kota. Secara global, kita mengkonsumsi 8,4 juta ton biji kopi setiap tahunnya. Ini diperkirakan meningkat 25 persen selama 5 tahun ke depan. Meroketnya industri kopi ini bisa jadi ladang bisnismu.

Sehat!

Ini alasan paling klise, tapi benar adanya. Dengan memanfaatkan ampas kopi untuk budidaya jamur, kamu tidak cuma mengurangi sampah ampas kopi, tapi bisa juga memproduksi makanan sendiri.

Bisa memproduksi sendiri juga bisa menjamin kesehatan dan organiknya makananmu. Jamur tiram punya banyak nutrisi. Jamur jenis ini kaya protein, senyawa mineral, dan vitamin B. Studi paling mutakhir juga mengatakan jamur tiram punya khasiat menurunkan kolesterol dan penangkal kanker.


 

Penulis: Arya Adikristya, mahasiswa magang di Otten Magazine. Bisa minum kopi, bisa juga tidak minum kopi. Sapa ia melalui akun Twitter/Instagram @adikristya dan Facebook fb.me/AadikristyaN
Editor : Mustika T. Yuliandri
Diolah dari modul “5 Benefits of Growing Mushrooms on Coffee Waste”
Foto diambil dari obliqueexposuredotwordpress.com

 

cari-kopi

2,844 total views, 5 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply