5 ALAT KOPI POPULAR YANG SERING DIGUNAKAN PENIKMAT KOPI

Siapa bilang minum kopi harus di kedai kopi, kamu juga bisa buat kopi sesuai keinginan kamu di rumah.

BANYAK sekali alat kopi yang tersedia untuk memanjakan penikmat kopi agar dapat membuat sajian kopi sendiri di rumah mereka atau saat mereka bepergian. Rekaannya pun sangat menarik perhatian, dari mulai yang fancy, yang unik, klasik, portabel dan banyak lagi sesuai style para penikmat kopi. Untuk mereka yang mencintai sisi antik dari sebuah proses pasti akan memilih kettle dari Yami Royal Swan Kettle karena desainnya sungguh klasik. Namun untuk beberapa orang yang menyukai proses dari alat-alat kopi yang mewah mungkin akan memilih alat-alat kopi yang berbeda.

Melihat banyaknya keluaran alat-alat kopi terkadang bingung memilih satu yang sesuai untuk kebutuhan, alhasil mana yang menarik hati selanjutnya akan dibeli. Yang paling dramatis lagi karena terlalu cintanya dengan dunia kopi, alat kopi menjadi hal yang sangat mungkin untuk dikoleksi di dapur rumah. Apakah itu sebuah espresso maker manual ataupun cangkir-cangkir berwarna-warni yang unik, mungkin saja. Dari beberapa penikmat kopi, sedikit banyaknya ada sebagian alat kopi yang menjadi popular yang ramah digunakan menurut mereka.

credit: laman pencari
Coffee Maker

Banyak jenis coffee maker dari mulai terapan dengan metode dripper dan ada juga yang otomatis immersion. Kebutuhan kopi dalam jumlah besar lebih dari satu cup untuk sajian seisi rumah atau juga kebutuhan sajian pantry kantor, coffee maker otomatis banyak dicari orang ini sebabnya menjadi popular.
Kelemahan dari coffee maker ini sendiri harus hati-hati menggunakan rasio kopi agar karakter rasa konsisten untuk sajian-sajian berikutnya. Jenis alat coffee maker yang banyak diincar seperti Chemex Ottomatic Coffee Maker, Delonghi Coffee Maker maupun KitchenAid Pour Over Coffee Maker.

 

credit: dornob.com
Ice Coffee Maker

Untuk sajian kopi dingin seperti cold brew juga memiliki alatnya tersendiri agar hasil pencapaian karakter rasa kopi menjadi lebih menarik. Beberapa alat kopi cold brewer juga memiliki terapan antara dripper ataupun immersion, ada yang langsung menyeduhnya dengan ice cube ada juga metodenya dengan pendinginan.
Berbeda cold brewer pasti akan berbeda juga cara membuat es kopi, sehingga harus mengerti benar metode dari ice coffee maker yang digunakan. Ice coffee maker yang sering dicari seperti Bodum Ice Coffee Maker, Bruer Slow Drip Cold Brew dan juga Toddy Cold Brewer.

credit: electriccityroasting.com
French Press

Alat kopi satu ini sangat ramah digunakan sehingga banyak yang menginginkannya untuk melengkapi dapur di rumah mereka. Penggunaannya yang terbilang mudah hanya memasukkan bubuk kopi kemudian air lalu memasangkan plunger penekan untuk memisahkan ampas bubuk kopi dan air kopi. Tidak memerlukan paper filter, prosesnya yang hikmat ketika plunger ditekan merupakan nilai tambah dari alat ini. Kelemahannya hanya pada saat membersihkan harus lebih teliti agar tidak ada residu kopi yang tertinggal baik itu dalam french press maupun di plunger-nya. Penikmat kopi yang mencintai alat ini pasti akan mengincar Hario French Press Wood karena rekaannya yang sangat memikat.

credit: pinterest
Pour Over

Seperti sebuah keharusan untuk melengkapi koleksi alat kopi sebuah kedai kopi, mengapa demikian. Karena pour over selalu ada di mana-mana kedai kopi, apa yang membuatnya sangat menarik sehingga ramai kedai kopi yang memilih alat ini. Disamping kopi sajian pour over memilih daya untuk menghasilkan karakter rasa kopi yang nikmat, proses seduhnya juga terbilang cukup istimewa. Menuangkan perlahan air panas dari kettle ke dripper yang berisikan bubuk kopi menggunakan paper filter.
Bukan berarti alat yang cukup menarik ini tidak memiliki kelemahan, harus butuh kesabaran untuk menyajikan kopi menggunakan pour over, namun bagi mereka yang cinta ritual seduh alat ini sangat rekomendasi. Banyaknya ragam alat kopi pour over sehingga akan kesulitan untuk memilih mana yang sesuai, karena seakan semua sesuai untuk dimiliki, yang paling sering dilirik dari alat ini seperti Bodum Pour Over, Manual Coffeemaker N°2 dan juga Chemex Classic Series Wood.

credit: flairespresso.com
Espresso Maker Portabel

Untuk kalangan pecinta kopi espresso, menikmati espresso setiap hari adalah sebuah impian yang harus diwujudkannya. Ini sebabnya espresso maker portabel hadir, bahkan direka cukup ramah ada espresso maker manual untuk kebutuhan kopi rumahan, ada juga espresso hand maker yang bisa dibawa ke mana saja.
Kesulitan untuk membuat espresso menggunakan alat ini setidaknya harus mengerti teori dasar dari rasio espresso agar tidak kebingungan menggunakan alat kopi espresso maker ini. Mereka penikmat espresso pastinya banyak yang mengincar Flair Espresso Maker untuk dijadikan teman selama perjalanan atau sebagai koleksi alat kopi mereka.

Dari kesemuanya, bagaimana tentang alat kopi idaman kamu, jangan-jangan kamu menyukai ke semuanya.

src: cooking.reviewed.com homegrounds.com img: coffeesnob

8,162 total views, 3 views today

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.