5 CARA AWAL MENJADI BARISTA!

Semua orang bisa jadi barista jika mau. Tapi mau saja tak sekedar cukup, kamu juga harus punya passion agar mampu menjadi sebenar-benarnya barista yang handal.

SAYA bukan barista meskipu kerap ditanya “bagaimana caranya menjadi barista?”. Saat pertanyaan ini mampir kepada saya tentu jawabannya beragam tapi yang pasti harus punya passsion dulu. Menjadi barista bukan hanya sekedar profesi yang disandang untuk mendapatkan bayaran. Menjadi barista lebih dari sekedar itu. Diperlukan ‘jatuh cinta’ kepada kopi terlebih dahulu sebelum siap menjadi barista yang mumpuni. Dan pada artikel kali ini saya akan sedikit memberi tips bagaimana cara awal menjadi barista. Psst.. Artikel ini ditulis berdasarkan ‘ngobrol-ngobrol’ dengan barista yang sudah ‘terjebak’ di dunia kopi.

Mengenal Kopi & Seluk-Beluknya

Jangan kira masuk ke sekolah kebaristaan adalah satu-satunya cara menjadi barista. Sebelum melangkah ke sana kamu yang benar-benar ingin jadi barista harus kenal dulu dengan kopi yang menjadi titik inti dari dunia kebaristaan ini. Seorang teman barista yang juga sudah menjuarai beberapa event kebaristaan berkata kalau sebelum menjadi barista dia memelajari segala hal tentang kopi. Mulai dari jenis kopi, proses kopi, hingga aneka menu kopi yang merupakan sajian akhir dari perjalanan panjang kopi. Jadi isi dulu pengetahuanmu dengan cukup soal kopi dan tetek-bengeknya sebelum kamu melangkah ke yang lebih dalam.

Credit by nnimgt-a.akamaihd.net
Credit by nnimgt-a.akamaihd.net

Latihan Sendiri

Latihan bisa didapat di mana saja. Berterima kasihlah pada internet dan teman-temannya yang secara mudah kamu akses ilmunya. Sebelum bergabung ke lembaga kebaristaan yang resmi tak ada salahnya belajar seduh sendiri dari buku, internet atau sharing ke sesama pecinta kopi. Jadi sebelum masuk ‘kelas kopi’ kamu sudah sedikit ‘berisi’ dan tidak datang dengan ilmu yang kosong. Jangan malu mencoba dan bertanya. Latihan yang paling baik adalah dengan berdiskusi. Lakukan hal ini berkali-kali dan tanpa henti.

Kelas Barista

Ada banyak kelas barista yang bisa kamu pilih untuk menambah ilmumu soal kopi. Nama-nama besar seperti Esperto, ABCD Coffee, Casswell dan lain-lain adalah beberapa nama yang bisa menjadi ‘sekolah’ yang mendidik kamu perihal kebaristaan. Jika ingin ilmu yang lebih luas kamu bisa mengambil kelas di luar negeri atau langsung melipir ke Melbourne. Ya, di manapun kamu belajar yang terpenting adalah passion, niat dan semangatnya. Karena buat apa sekolah yang keren jika kamu tak memiliki keinginan yang keras, bukan?

Credit : catch.nsw.edu.au
Credit : catch.nsw.edu.au

Magang di Kedai Kopi

Jika ingin menjadi barista tapi belum percaya diri, kenapa tidak mencoba internship dulu di kedai kopi yang memang membuka lowongan magang. Dengan praktik langsung kamu tentu akan lebih handal. Akan banyak hal-hal baru yang kamu lihat dan di sini juga kamu akan belajar bagaimana cara bekerja dengan tim, menghadapi kostumer dan tentunya menciptakan aneka menu yang nikmat untuk para pecinta kopi.

Berteman dengan ‘Orang Kopi’

Nah, kalau poin yang ini harus dilakukan demi berkembangnya pengetahuan dan ilmu yang didapat. Gabunglah ke komunitas pecinta kopi atau komunitas barista yang ada di kotamu. Ikut beragam kegiatan yang berkecimpung di dunia kopi dan serap ilmu dari siapa saja yang ada di sana. And yes, welcome to coffee world!

Foto utama dari fiftiness.com

barista-tools - BARU

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

7 Comments
  1. Min saya mau nanya…
    Saya sudah menyandang nama BARISTA saat ini, di karenakan saya saat itu mencari kerja, saya melihat ada postingan “Hiring Barista” lalu saya tanya, Barista itu apasih ? Di jawab spontan “Barista itu yg buat minuman itu sama buat kopi” ohh gitu jawab saya lalu melanjutkan tapi aku ga ada basic ? Gapapa ?
    Trus dia bilang gapapa, kita emang cari org yg ga ada basic..
    Oke next, setelah interview saya mempertegaskan lagi saya ga ada basic, dia juga bilang gapapa bisa belajar disini dari awal asal ada kemauan.. “nah” tapi sudah mau setahun berlalu yg aku pelajari gimana membuat kopi dengan resep mereka dan AKU yg menggebu² agar bisa Latte Art ini stuck !
    Setelah aku ikut gabung bersama orang² kopi rasanya aku ini jauh banget, aku hanya bisa mengenal kopi apa yg ada di depan mataku, kopi apa yg udah di roastering dengan mereka dan aku yg hanya sekedar bisa latte art dan menghidangkan saja ini merasa “aku ini belum layak menjadi Barista” bukan merasa tepatnya, tapi emang belum layak setelah aku berkenalan dengan org² yg paham kopi.
    Terimakasih jika sudah membaca curhat saya ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published.