5 CARA MENARIK HATI PELANGGAN KEDAI KOPIMU

Menarik hati pelanggan pemula menjadi pelanggan tetap bukan perkara instan. Ada kiat-kiat dan waktu yang dibutuhkan. Salah satunya kenali pelangganmu.

PUNYA pelanggan tetap tentu menyenangkan bagi pebisnis kedai kopi. Pelanggan macam ini membantu banyak dalam penjualan, bisa jadi tenaga pemasaran secara cuma-cuma dan akhirnya membawa untung kedai kopi.

Bukan secara instan, mendapatkan pelanggan setidaknya butuh beberapa langkah dan waktu yang mesti ditempuh.

Desain Kedai yang Atraktif

Semua pelanggan tetap mulanya adalah pelanggan pemula. Biasanya mereka tertarik datang ke kedai kopi untuk pertama kali karena beberapa faktor, seperti: kedekatan lokasi kedai; kebutuhan akan kafein, makanan, dan ruang nongkrong; media sosial dan desain khas yang eye-catching.

Menurut Bob Gibbs, ahli tata kelola kota, utamanya di bidang pusat perbelanjaan di Amerika Serikat, butuh sekitar 8 detik untuk menarik minat calon pelanggan. 8 detik berharga ini bisa menjadi detik-detik paling menentukan antara calon pelanggan cuma lewat begitu saja atau masuk ke kedai kopi itu.

Pertanyaannya, bagaimana cara menarik mereka? Desain. Dari tampak depan, usahakan agar semuanya terlihat menggoda. Kamu bisa mempertimbangkan konsep tata ruang yang ingin dipakai. Pertimbangkan warna lampu, desain interior dan eksterior, sampai bentuk kursi yang akan kamu sediakan. Soal kursi, semakin nyaman untuk pantat, semakin betah orang untuk duduk berlama-lama.

Credit : perfectdailygrind.com
Credit : perfectdailygrind.com

Pelayanan yang Ramah

Pelanggan akan datang ke kedai kopi yang sama kesekian kalinya mengindikasikan mereka nyaman. Nyaman dalam arti mereka disambut dengan keramahan.

Tidak butuh kedekatan yang intim antara barista dengan pelanggan, interaksi bisa dilakukan sejak awal pertemuan. Kamu bisa memulai percakapan yang enteng-enteng, di tengah kesibukan menyajikan pesanan para pelanggan. Dan yang penting, jangan lupa tanyaan pertanyaan ini: “Bagaimana kopinya?”. Pertanyaan ini akan mengisyaratkan keseriusan barista dalam pelayanan dan kontrol kualitas.

Kebutuhan Pelanggan

Ada pelanggan yang suka interaksi dengan barista dan teman-teman nongkrongnya, tapi ada juga yang suka menyendiri. Kebutuhan pelanggan jenis ini perlu dapat perhatian juga.

Kebutuhan seseorang untuk meluangkan waktu sendirian, bisa difasilitasi oleh kedai kopi. Karena sebenarnya, kedai kopi tidak cuma menjual minuman kopi, tapi juga suasana yang mendukung.

Credit : anchipchase.com
Credit : anchipchase.com

 ‘Enteng’ di Dompet

Seseorang menjadi pelanggan tetap – salah satu alasannya – karena harga sajian kedai kopi itu bersahabat. Kalau terlalu mahal, apalagi kalau menunya dirasa tidak setimpal, kemungkinan kunjung kembali akan sedikit.

Taktik pemasaran macam “beli satu gratis satu” sudah usang. Kini pemilik kedai kopi mendorong agar pelanggan mau melakukan “beli sepuluh gratis satu”. Sebenarnya, itu cuma kiasan bahwa betapa pentingnya pemilik kedai kopi memberi promo-promo khusus, atau sekedar membagi menu tertentu secara gratis. Ini akan memberi kesan khusus kepada pelanggan.

Kualitas Produk yang Baik

Ketika pelanggan menjatuhkan pilihan pada beberapa menu, pastikan penyajiannya penuh cinta. Kalau penyajian penuh cinta, maka kualitas tidak bisa jadi nomor dua.

Hal apa saja yang tergolong sajian berkualitas baik? Rasa menu yang disajikan, kebersihan, efisiensi waktu. Tiga hal tersebut setidaknya adalah tingkat paling awal ketika berbicara pelayanan kedai kopi. Kalau kopi yang dipesan sudah sesuai pesanan, kebersihan terjaga, tidak butuh waktu yang lama untuk menunggu, bukan tidak mungkin mereka akan puas.

Itulah mengapa muncul frasa seperti ini: Anda puas, beritahu teman. Anda kecewa, beritahu kami.

 

Meski begitu, 5 cara di atas hanyalah sebagian dari teori pemasaran di industri kopi saat ini. Nyatanya, ada beberapa kedai kopi yang tidak memenuhi beberapa poin di atas, tapi tetap menarik hati pelanggan.


 

Penulis: Arya Adikristya, mahasiswa magang di Otten Magazine. Bisa minum kopi, bisa juga tidak minum kopi. Sapa ia melalui akun Twitter/Instagram @adikristya dan Facebook fb.me/AadikristyaN
Editor : Mustika T. Yuliandri
Disunting dari perfectdailygrind.com
Foto utama dari proams.co.au

 

PAKET CAFE

Otten Coffee

Otten Coffee adalah coffee source terbesar dan penyedia alat-alat kopi terlengkap bagi para pencinta kopi Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.