5 COFFEE HACKS FOR LIFE

Bukan cuma (berguna) untuk diminum, kopi—baik biji sampai ampasnya—pun bisa dijadikan hack yang barangkali akan menyelamatkan hidup Anda. Lol.

 KEGUNAAN ampas kopi memang sudah pernah kami bahas di sini. Tapi, selain ampas—dan selain untuk diminum tentu saja, kopi juga memiliki banyak jurus ampuh lain yang bisa dijadikan contekan untuk mengakali semua yang dirasa kurang. Jadi, selain bisa menstimulasi mood dan energi kopi juga membuat hidup Anda mudah dan menyenangkan. Simak beberapa contoh list-nya berikut.

 

▪ Menjadi aromatherapy yang menyenangkan

coffee candle

Masukkan biji-biji kopi ke dalam sebuah mangkuk kecil, lalu letakkan lilin berukuran medium di dalamnya. Nyalakan lilin dan, voila! Ruangan Anda pun akan menguarkan aroma segar dari biji kopi dan tercium seperti atmosfir coffee house yang menyenangkan.

 

Pembasmi hama untuk tanaman

Foto dari gardeningknowhow
Foto dari gardeningknowhow

Bahkan ampas bubuk kopi yang sudah habis terpakai pun bisa tetap berguna. Taburkan ampas bubuk kopi di sekitar tanaman untuk mencegah hama perusak tanaman seperti semut dan siput. Malah, ampas kopi yang dicampur dengan kulit jeruk kering konon bisa mencegah kucing untuk datang mendekat.

 

Membersihkan debu atau ‘tempat perapian’

bubuk kopi basah untuk meresap debu

Menyapu lantai rumah yang terlalu berdebu kadang menyusahkan. Atau jika Anda punya tempat perapian dan ingin membersihkannya. Tapi Anda bisa mengakalinya dengan menaburkan bubuk kopi basah di lantai atau di tempat mana saja jika Anda merasa debu terlalu tebal. Bubuk kopi yang basah akan ‘menyerap’ partikel debu yang ringan dan akan mencegah udara yang penuh debu ketika Anda menyapunya.

 

Membantu menyamarkan lingkaran hitam/kantung di bawah mata

masker kopi untuk mata

Lingkaran hitam atau kantung di bawah mata seringkali menjadi pengganggu yang tidak diinginkan, terutama jika harus menghadiri event yang mengharuskan Anda datang dengan tampilan segar setiap kali. Nah, yang Anda perlukan hanyalah mengoleskan ampas kopi (yang biasanya mengental di bagian bawah cangkir) pada lingkaran hitam atau kantung di bawah mata. Diamkan beberapa menit sebelum membilasnya. Done! Seperti magic, mata pun akan kelihatan lebih segar dalam hitungan menit.

 

Penghilang bau

mengusap tangan kepada bubuk kopi

Lagi-lagi, bubuk kopi terkenal ampuh untuk menciptakan sejumlah kebaikan, termasuk menyerap bau yang tak sedap. Setelah mengupas bawang misalnya. Biasanya tangan juga akan ikut-ikutan tercium bau bawang yang nggak enak kalau dicium. Well, Anda bisa mengusap-usapkan atau menggosokkan tangan Anda pada bubuk kopi untuk “mengobatinya”. Bubuk kopi akan meresap aroma yang tak sedap dan menghilangkannya.

 

Daftar di atas ini hanyalah beberapa dari sekian banyak hacking yang bisa dilakukan dengan kopi. Kalau Anda tahu yang lainnya, boleh dong di-share di kolom komentar. 😉

under-200rb

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

2 Comments
  1. Termasuk penghilang bau juga, tapi kali ini untuk menghilangkan atau mencegah bau tak sedap didalam sepatu, taburkan bubuk kopi ke bagian ujung dalam sepatu serta bagian bawah inner sole. Resikonya memang kaki menjadi penuh dengan bubuk kopi (tergantung banyaknya kopi yg ditaburkan), tetapi ini jauh lebih baik daripada orang lain terganggu dengan bau tak sedap dari kaki kita :’)

  2. ampas kopi sisa seduhan bisa dipakai untuk membuat scrub tubuh atau wajah. namun, untuk scrub wajah pastikan tingkat grinding bubuk kopi adalah sangat halus, mengingat kulit wajah cenderung lebih sensitif dibandingkan kulit tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.