5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI ALAT KOPI

Memilih alat kopi yang sesuai dengan kebutuhan itu sama seperti memilih jodoh. Jika tidak selektif, bisa-bisa malah merugi di kemudian hari.

BANYAK penikmat kopi pemula yang sudah mulai menaruh hati pada kopi kebingungan memilih alat kopi apa yang sesuai untuk mereka. Banyak kebimbangan yang menilik banyaknya pilihan alat kopi yang beredar di pasaran. Mulai dari alat kopi seduh manual, mesin otomatis hingga mesin semi manual. Jadi untuk kamu yang bingung memilih apa yang paling pas untuk kebutuhanmu, apalagi ini alat kopi yang pertama akan kamu miliki, sebaiknya baca dulu lima tips berikut ini. Semoga membantu.

Credit : prima-coffee.com
Credit : prima-coffee.com

Manual atau Otomatis?

Sebelum membeli alat kopi coba pikir dulu, kamu lebih suka alat kopi yang otomatis dan praktis atau manual yang suka menikmati kopi tanpa terburu-buru? Jika kamu adalah orang yang sibuk dan ingin menikmati kopi tanpa ribet maka mesin otomatis adalah jodoh sejatimu. Ada banyak pilihan mesin kopi otomatis yang bisa kamu pilih. Mulai dari brand seperti Jura, Nespresso, Dolce Gusto sampai Delonghi. Nama-nama mesin kopi ini dipastikan bisa menunjang kegiatan minum kopimu setiap hari. Jika tidak mau mesin espresso, kamu bisa memilih coffee maker yang praktis dan biasanya menyajikan kopi hitam saja.

Tapi jika kamu suka dengan alat kopi manual seperti manual brew methods maka ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih juga. Mulai dari pour over coffee seperti Chemex, Hario V60, Kalita Wave, Bonavita Drip, Kinto dan banyak lagi. Jika kamu suka seduh manual tapi yang lebih praktis ada pilihan seperti french press dan Aeropress. Atau Vietnam Drip jika suka yang lebih tradisional dan dicampur susu. Jadi sebelum membeli pikirkan dulu mana yang kira-kira akan berjodoh panjang dengan rutinitas ngopimu.

Credit : wordpress-static.prelo.co.id
Credit : wordpress-static.prelo.co.id

Budget

Jangan pernah lupakan masalah budget kecuali kamu memang memiliki kelebihan uang yang siap untuk dihambur-hamburkan. Tapi menurut saya faktor budget memang sangatlah penting dalam memutuskan alat kopi apa yang kelak dibeli. Untuk penikmat kopi pemula yang baru ingin membeli alat kopi untuk pertama kali tak perlulah membeli alat kopi dengan harga tinggi. Cukup pilih yang ekonomis tapi berkualitas baik dan bisa menunjang kebutuhan. Misalnya kamu ingin membeli Hario V60, pilihlah yang bermaterial plastik atau kaca. Tak perlu dulu membeli Hario V60 Copper atau keramik. Mana tahu besok lusa kamu bosan dengan Hario V60 dan ingin beralih ke alat kopi lain. Kan sayang sudah beli yang mahal.

Seberapa Sering Kamu Ngopi di Rumah

Jika kamu orang yang setiap hari ngopi di rumah at least 2 kali sehari, mungkin kamu bisa berinvestasi alat kopi yang lebih bagus dengan harga yang sedikit lebih mahal agar awet. Tak apa berinvestasi lebih karena mengingat frekuensi penggunaannya yang sering. Tapi jika kamu hanya ngopi sesekali dan lebih sering ngopi di coffee shop, tak perlulah berinvestasi terlalu ‘dalam’. Karena alat kopi yang jarang digunakan tak baik juga menganggur begitu saja.

Credit : sharontravelogue.files.wordpress.com/
Credit : sharontravelogue.files.wordpress.com/

Untuk Mesin Kopi, Perhatikan Daya Listriknya

Urusan daya dan arus listik adalah penting  untuk kamu yang hendak membeli mesin kopi. Mesin kopi yang daya listriknya terlalu besar akan merepotkan penggunanya. Apalagi di rumah kamu daya listrik yang ada tidak terlalu besar. Jangan-jangan belum apa-apa listrik mendadak mati sesaat kamu mau menyeduh kopi pagimu, kan repot jadinya. Kalau bisa pilihlah mesin espresso dengan watt yang tidak besar karena bisa menghemat tagihan listrik juga, bukan?

Pengeluaran Jangka Panjang

Alat-alat kopi memiliki pengeluaran tambahan yang beragam. Misalnya kamu ingin membeli alat seduh manual seperti filter coffee atau Aeropress, kedua alat ini membutuhkan paper filter yang tentunya akan menambah cost dalam ritual seduh. Cara menghematnya adalah dengan berinvestasi metal filter tapi tentu hasil seduhannya berbeda. Lalu mesin kopi otomatis seperti Dolce Gusto, Nespresso dan Bialetti Mokona membutuhkan capsule dan coffee pod yang tentunya membutuhkan biaya. Jika tak ingin mengeluarkan biaya tambahan lain (selain membeli kopi) sebaiknya mempertimbangkannya dulu sebelum salah memilih.

Foto utama oleh squarespace.com

CARI MESIN ESPRESSO - baru

 

 

 

5,710 total views, 14 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.