5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMILIH KONSEP KEDAI KOPI

Kedai kopi yang baik tak melulu soal cita rasa kopinya, tapi juga konsep yang membuat siapa saja yang datang betah duduk berlama-lama.

KONSEP sebuah kedai kopi adalah salah satu faktor penting yang tidak bisa diabaikan untuk mereka yang memulai terjun ke bisnis ini. Karena kedai kopi yang baik adalah yang berhasil menggabungkan konsep keren dengan cita rasa ciamik pada tiap cangkirnya. Untuk itu saya akan membagikan 5 tips yang harus diperhatikan sebelum memutuskan konsep kedai kopimu. Selamat membaca!

Jangka Panjang

Konsep yang unik dan berbeda memang mampu menarik perhatian para pengunjung kedai kopi kamu. Konsep-konsep tematis yang jarang ada atau baru pertama kali ada di kota kamu mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri. Tapi, harus diingat bahwa perihal ‘keunikan konsep’ yang begini biasanya hanya bertahan di awal-awal saja. Euforianya biasanya takkan berlangsung lama. Jadi sebelum memilih konsep coffee shop kamu kelak, sebaiknya memilih konsep yang everlasting. Dengan kata lain konsep yang kamu pilih akan tetap terasa keren dan catchy di tahun-tahun berikutnya. Memang renovasi dan perbaikan akan tetap selalu ada. Tapi setidaknya kamu tidak perlu merombak terlalu banyak perihal interior dan lain sebagainya, bukan?

coffee-shop

Budget

Memilih konsep kedai kopi pastilah harus disesuaikan dengan budget yang ada. Semakin besar budget yang kamu persiapkan, maka konsepnya akan semakin baik dan matang. Lalu bagaimana jika budget yang kamu persiapkan tidak terlalu besar namun kamu menginginkan hasil yang maksimal? Jangan pernah memaksakan konsep. Kamu bisa meminimalisir budget dan tetap mendapatkan hasil yang memuaskan. Misal, kamu bisa menggunakan konsep unfinished, rustic industrial dengan memanfaatkan barang-barang second. Daripada merendahkan mutu demi menekan budget, sebaiknya mengubah konsep agar tampak unik dan menarik.

Unik, Bukan Aneh

Jika sudah tak ada masalah dengan budget sila pilih konsep yang unik tapi tidak akan ketinggalan zaman untuk beberapa tahun ke depan. Ingat, konsep kedai kopi yang baik adalah yang unik, bukan yang aneh. Tak apa menjadi berbeda asal jangan aneh dan norak. Kedai kopi itu tak hanya soal rasa kopi, tapi suasana yang dibangun kedainya yang menyebabkan orang betah duduk santai berlama-lama.

Credit : nyhabitat.com
Credit : nyhabitat.com

Target Market

Tidak bisa dipungkiri bahwa market coffee shop yang kamu tuju juga memengaruhi konsep dari sebuah kedai kopi. Misalnya, tarket pasar kamu adalah mahasiswa, tak mungkin konsep kedai kopi yang kamu usung adalah classy royal atau mediteranian, bukan? Yang kamu usung haruslah yang fun, simple, chic dan pastinya sesuai dengan geliat anak muda. Jadi sedikit banyak konsep sebuah kedai kopi itu bisa merujuk pada target pasar yang ingin dicapai.

What’s Your Passion?

Yang terakhir tentu saja sesuaikan konsep kedai kopi milikmu dengan passion kamu. Karena apapun ceritanya secanggih apapun konsep kedai kopimu tapi tak sesuai passion pemiliknya pastilah takkan menyenangkan.

Jadi kira-kira kalau punya kedai kopi, kalian mau konsep yang bagaimana?

Foto utama dari coffeemuseum.com

PAKET CAFE

 

771 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.