Tips

5 IDE KREATIF YANG TERBUAT DARI COFFEE PAPER FILTER

coffee-filter-ideas


Jika selama ini coffee paper filter hanya digunakan untuk menyeduh kopi, maka dengan sedikit kreativitas kertas penyaring kopi ini mampu disulap menjadi barang-barang yang tak terbayangkan sebelumnya.

COFFEE paper filter memiliki peran yang begitu besar bagi kita yang gemar menyeduh dengan teknik manual brew. Kehadirannya setiap hari membantu memberi faktor nikmat dalam setiap cangkir kopi kita. Untuk penikmat kopi paper filter hanya sebatas pembantu proses penyeduhan. Tapi, di tangan orang-orang kreatif yang gemar bereksperimen di bawah tema ‘do it yourself’ berhasil ‘menyulap’ kertas saring kopi ini menjadi berbagai wujud yang pastinya juga fungsional. Mau tahu apa saja ide kreatif yang terbuat dari paper filter? Berikut beberapa ide yang mungkin bisa menginspirasi kamu. Selamat membaca.

Credit : Mom.me

Credit : Mom.me

Dekorasi Pesta

Bingung mau menggunakan hiasan dan dekorasi apa di acara-acara tertentu? Kenapa nggak menggunakan coffee paper filter sebagai dekorasinya? Untuk membuat dekoras ala snow flake seperti ini kamu bisa menggunakan paper filter yang belum digunakan maupun paper filter bekas. Tergantung keperluan warna dan tema pesta kamu.

Credit : Mom.me

Credit : Mom.me

Jika temanya memerlukan dekorasi bersalju, gunakanlah paper filter baru. Jika tidak kamu bisa lebih menghemat dengan menggunakan paper filter bekas yang tentunya telah dibersihkan dan dikeringkan dengan dijemur. Setelah itu diwarnai dengan pewarna dan kemudian siap digunakan. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu tinggal menyiapkan paper filter yang jumlahnya sesuai kebutuhan. Kalau bisa gunakan paper filter untuk Kalita Wave yang bergelombang. Lalu siapkan gunting dan ikuti instruksi membuatnya seperti gambar di bawah ini. Selamat mencoba.

Credit : Mom.me

Credit : Mom.me

Flower Crown

Hiasan rambut dengan menggunakan mahkota dari bunga sungguh sudah biasa. Bagaimana dengan membuat sendiri flower crown yang bunganya terbuat dari paper filter? Pasti belum sering yang membuatnya. Cara membuatnya pun cukup mudah. Caranya hampir sama dengan membuat bunga yang terbuat dari kertas. Siapkan paper filter-mu (terserah mau yang bekas pakai atau yang masih baru). Lalu warnai dengan perwarna dan tunggu hingga kering benar. Setelah itu buatlah bentuk bunga-bunga dari paper filter dan satukan dengan sesuatu yang bisa dililitkan di kepala. Flower crown cantik buatanmu siap dipakai ke pesta.

Credit : diyready.com

Credit : diyready.com

Buku Catatan Serba Guna

Tak pernah terpikirkan bahwa coffee paper filter bekas bisa digunakan kembali menjadi note book cantik yang serba guna. Karena banyak dari kita yang membuang kertas penyaring kopi begitu saja setelah selesai digunakan. Buku catatan cantik ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengumpulkan paper filter bekas lalu membersihkannya. Setelah itu beri pewarna sesuai dengan keinginan kamu. Gunting satu per satu bagiannya sesuai bentuk note book yang kamu inginkan dengan ukuran yang kamu inginkan juga. Berikan sampul yang menarik dan kaitkan dengan tali yang kuat. Buku catatan unik dan cantik buatanmu siap menemani kamu setiap hari.

Credit : brit.co

Credit : brit.co

Kantong Teh

Coffee paper filter bisa digunakan untuk menyeduh teh? Bisa. Apalagi digunakan pada flower tea dan teh rempah lainnya yang kamu racik sendiri. Cara membuatnya mudah sekali. Tinggal kamu siapkan saja paper filter (disarankan menggunakan paper filter untuk Kalita Wave). Lalu gunting mengikuti pola yang kamu inginkan. Jahit bagian pinggirnya sampai membentuk kantongan. Jangan lupa buat lubang untuk talinya. Masukkan teh ke dalam kantongannya. Teh cantik yang terbuat dari coffee paper filter siap kamu seduh.

Credit : asubtlerevelry.com

Credit : asubtlerevelry.com

Pengharum Ruangan

Sudah tidak rahasia lagi kalau aroma kopi mampu menetralisir aneka bau yang tak sedap. Bubuk kopi sering dijadikan pengharum ruangan, pengharum kamar mandi, pengharum mobil bahkan diletakkan di dalam kulkas. Nah, untuk mempercantik bubuk kopi yang digunakan sebagai pengharum ini, coffee paper filter bisa mengambil perannya. Siapkan sebuah paper filter yang sudah dibersihkan dan kering. Lalu letakkan bubuk kopi di dalamnya. Ikat rapi dengan membentuk kantongan lucu. Lalu gantung di tempat-tempat yang ingin kamu segarkan aromanya.

Credit : popsugar.com

Credit : popsugar.com

 

Foto utama dari prima-coffee.com

 

coffeefilter-magazine

5,580 total views, 2 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply