5 MANFAAT KOPI ATASI PERMASALAHAN RAMBUT

Manfaat kopi di dunia kecantikan dan kesehatan memang sudah teruji khasiatnya. Kali ini kami menemukan fakta bahwa kopi juga ampuh mengatasi berbagai permasalahan pada rambut.

KALAU selama ini setelah menikmati secangkir kopi nikmat dengan racikan pas sesuai selera kita langsung membuang ampas kopi, ada baiknya setelah membaca artikel ini kita tak langsung membuang ampas kopi begitu saja. Siapa sangka, ampas dari minuman nikmat kesukaan para pencintanya berkhasiat mampu mengatasi permasalahan rambut yang selama ini kita alami. Inilah lima manfaat kopi yang bisa mengatasi dan menjadi solusi permasalahan rambut yang selama ini mungkin kamu alami.

Merangsang pertumbuhan rambut

Kita mungkin sudah sering mendengar pernyataan bahwa kandungan kafein dalam kopi baik untuk kesehatan tubuh dan mampu memerangi beberapa penyakit jahat. Ternyata selain kedua manfaat tersebut, kandungan kafein yang terdapat pada kopi juga baik bagi kesehatan rambut. Jika kamu memiliki permasalahan rambut tipis dan tidak bervolume, kamu bisa menjadikan ampas kopi sebagai cara ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena pengaplikasian ampas kopi pada kulit kepala mampu merangsang pertumbuhan akar rambut menjadi lebih cepat. Tuangkan ampas kopi ke seluruh rambut, lalu pijat selama beberapa menit. Setelah itu bilas hingga bersih dan keramas menggunakan shampo yang sering kamu gunakan.

Membersihkan kulit kepala dan menghilangkan ketombe

Ketombe pada rambut.

Memiliki fungsi yang sama sebagai scrub pada wajah yang mampu membersihkan minyak dan mengangkat kotoran, ampas kopi juga bisa menyerap minyak pada kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Jika kamu rutin mengaplikasikan ampas kopi pada rambut setidaknya selama tiga kali dalam seminggu, niscaya permasalahan ketombe yang kamu alami akan hilang. Cara pengaplikasiannya mudah, taruh ampas kopi pada kulit kepala, pijat dengan lembut dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan menggunakan sampo untuk menghilangkan sisa ampas kopi yang menempel pada rambut.

 

Membuat rambut lebih berkilau

Wanita mana yang tidak ingin memiliki rambut indah berkilau? Jika kamu memiliki permasalahan rambut kusam dan tampak tidak sehat, kamu bisa mengaplikasikan cara sederhana dan murah menggunakan ampas kopi untuk membuat rambutmu tampak indah berkilau. Selain lebih hemat, rambutmu juga akan terhindari kerusakaan rambut lebih parah karena menggunakan bahan alami seperti ampas kopi. Tak perlu repot, kamu hanya perlu menyiapkan ampas kopi dan minyak zaitun. Campurkan satu sendok makan ampas kopi dengan dua sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan mulai dari bagian tengah batang rambut hingga ke ujung rambut. Tunggu sampai 15-30 menit, lalu bilas hingga bersih.

 

Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok.

Rambut rontok memang menjadi permasalah rambut yang sering dialami oleh wanita. Berbagai jenis perawatan rambut rontok di salon memang bisa diandalkan. Tetapi dengan biaya yang tidak sedikit dan pemakaian bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan permasalahan rambut baru, tentunya akan membuat kamu berpikir dua kali. Bahan alami yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi permasalahan rambut kamu dan tentunya dengan harga terjangkau adalah dengan menggunakan ampas kopi. Penggunaan kopi pada rambut dapat menguatkan akar rambut, sehingga ketika dipakai secara rutin dapat mengurangi rambut rontok. Kamu bisa membuat ampas kopi menjadi sebuah masker rambut. Bahan yang kamu butuhkan adalah bubuk kopi dan susu. Seduh bubuk kopi dengan air hangat, lalu campurkan dengan susu, aduk hingga mengental hingga membentuk adonan. Jadikan adonan tersebut menjadi masker rambut.

 

Membuat rambut lebih lembut

Rambut lebih lembut.

Mungkin kamu tidak memiliki keempat permasalahan rambut di atas, namun kamu mengalami permasalahan rambut kering dan kaku. Jika kamu memiliki tipe rambut yang cenderung kaku, kasar dan sulit diatur, kamu bisa menjadikan ampas kopi sebagai solusi efektif yang membuat rambutmu menjadi lebih lembut dan mudah diatur. Jika meski sudah memakai kondisioner termahal sekalipun rambutmu enggan nurut dan tetap kaku, kamu perlu bantuan kopi. Kamu bisa mencampurkan bubuk kopi dengan kondisioner yang biasa kamu pakai. Kopi akan membantu melembutkan rambutmu yang kering dan kasar secara alami. Sebagai bonus, dengan mencampurkan kopi dengan kondisioner akan membuat rambutmu menjadi harum kopi yang memberi efek menenangkan.

Sudah tahu kan manfaat kopi untuk mengatasi permasalahan rambutmu? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah. Salam kopi.

 


Penulis: Arrafina Muslimah. – Pernah menjadi jurnalis lifestyle di salah satu majalah remaja. Pencinta fashion, penikmat musik dan pecandu make-up dan skincare.
Editor: Yulin Masdakaty
Foto utama dari AdobeStock. Foto-foto lainnya dari unsplash(dot)com, endocrineweb(dot)com, kiierr(dot)com

 

Otten Coffee

Otten Coffee adalah coffee source terbesar dan penyedia alat-alat kopi terlengkap bagi para pencinta kopi Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.