5 RAHASIA MEMBUAT KOPI NIKMAT DI RUMAH ALA BARISTA

Sebenarnya, apa yang terjadi pada bubuk kopi sesaat ketika air seduhan mengaliri bubuk kopi.

BENARKAH ketika membuat sajian kopi ada reaksi kimia yang sedang berlangsung di sana. Para pecinta kopi tentu sepaham bahwa membuat sajian kopi nikmat bukan sekadar tentang intuisi, melainkan hasil dari perjalanan panjang seseorang mengeksplorasi rasa dan melatih gaya seduh kopi. Pada dasarnya membuat sajian kopi yang nikmat bukan perkara mudah, tapi bukan berarti membuat sajian kopi harus lulus perkuliahan kimia. Sedikit pemahaman tentang ekstraksi kopi mungkin sudah cukup mengubah cara seduh kopi yang keliru selama ini.

Jangan heran, jika cara seduh kopi selama ini yang hanya mengandalkan intuisi tidak pernah menciptakan hasil seduh yang diinginkan. Hasil seduhan kopi di rumah sangat berbeda dengan seduhan kopi di kedai kopi, padahal biji kopi dan alat kopi yang digunakan sama. Secara garis besar ekstraksi kopi yang sempurna sehingga menghasilkan karakter rasa nikmat pada secangkir kopi meliputi beberapa hal.

credit: cf.jiraygroup

Rasio Kopi dan Air
Perbandingan gramasi biji kopi dengan volume air seduhan memegang peran yang penting. Rasio yang disarankan oleh Specialty Coffee Association (SCA), 1:15 yang mana 1 gram biji kopi untuk 15 mililiter air seduhan.

Gilingan Kopi
Semakin halus biji kopi yang digiling memberikan banyak permukaan untuk air seduhan menyentuh tiap butir-butir kopi, sebaliknya semakin halus sedikit permukaan untuk air seduhan menyentuh butir-butir kopi. Bahkan tiap alat kopi memerlukan ukuran gilingan kopi yang sesuai untuk hasilkan rasa kopi yang nikmat.

Suhu Air Panas
Suhu yang optimal untuk ekstraksi kopi sekitar 90-96°C, lalu bagaimana cara menemukan suhu yang tepat untuk metode seduh tertentu. Perlu melakukan pendekatan terkait ukuran gilingan biji kopi dan memahami konsep alat kopi yang digunakan.

Durasi Seduhan
Berapa lama air seduhan bertemu dengan bubuk kopi pada satu waktu, tentunya semakin cepat durasi membuat kopi semakin cepat juga waktu ekstraksi kopi dan sebaliknya. Berbeda alat kopi yang digunakan tentu akan berbeda durasi proses seduh yang dibutuhkan.

Agitasi
Mengaduk bubuk kopi selama proses seduh memberikan sedikit waktu untuk air panas lebih optimal mengeluarkan senyawa rasa. Umumnya dilakukan pada metode seduh perendaman seperti french press untuk lebih mengoptimalkan ekstraksi kopi. Dan pada metode seduh kopi drip, air panas yang dituang ke bubuk kopi menciptakan agitasi.

credit: jooinn.com

Dari kelima hal inilah seringnya barista memanipulasi karakter rasa yang tercipta dari sajian kopi, dan menyesuaikan dengan alat kopi yang digunakan. Namun, hal lain juga bisa mempengaruhi kualitas sajian kopi antara lain, kualitas air yang digunakan, kualitas biji kopi yang digunakan dan kebersihan alat kopi yang digunakan.

Untuk pengalaman menyeduh kopi yang berkualitas mulailah dari memilih biji kopi yang segar. Apakah kamu memiliki pengalaman membuat kopi yang buruk, dan kemudian tersadar kesalahan ketika membuat kopi, yuk berbagi di sini.

sumber:
coastalcoffeeroasters.com What Happens When You Brew Coffee
pexels.com Lisa Fotios

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.