5 REMPAH PILIHAN YANG BAIK UNTUK CAMPURAN KOPI

Mencampur kopi dengan rempah-rempah bukanlah barang baru di industri kopi. Bahkan di beberapa negara di Afrika dan Timur Tengah cara menikmati kopi dengan rempah telah ada sejak zaman dahulu kala dan mengakar pada kebudayaan masyarakatnya.

TENTU ritual menikmati kopi yang menjadi kultur masyarakat di berbagai belahan dunia ini bukan tanpa alasan. Selain sebagai penambah rasa dan nikmat pada secangkir kopi, rempah-rempah yang kaya akan khasiat dipercaya memberi manfaat untuk tubuh mereka yang mengonsumsinya. Kini di era modern masyarakat kembali melirik rempah dan herbal sebagai salah satu pilihan sehat dan menjelma gaya hidup. Dan kopi dilirik sebagai minuman yang paling pas bisa lebur bersama rempah-rempah dan bisa dinikmati setiap hari.

Lalu rempah-rempah apa saja yang baik dicampurkan di dalam minuman kopi? Tentu tak hanya soal khasiat tapi juga soal cita rasa? Beberapa rempah ‘ajaib’ itu bisa kamu simak pada poin-poin di bawah ini.

Kunyit

Pernah dengan turmeric latte? Yep, ini minuman ini memilih kunyit sebagai rempah yang lezat dan juga menyehatkan. Kunyit dipercaya mampu meredakan sakit pada peradangan, menurunkan resiko serangan jantung, pengurangi resiko alzheimer. Tak hanya hebat dari segi khasiat, kunyit dan kopi juga memberi nikmat yang unik dalam cangkirmu. Mungkin lain kali mau seduh kopi dan kunyit? Yuk dicoba!

Kapulaga

Kehadiran rempah yang satu ini di dalam aneka masakan kita memang suda tak asing. Tapi tahukah kamu menambahkan kapulaga pada seduhan kopi berkhasiat meredakan sakit perut, menurunkan tekanan darah yang sedang naik, dan mencegah bertumbuhnya sel kanker? Tak hanya itu, kapulaga juga mengandung zat magnesium dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Kayu Manis

Kayu manis sudah sering dijadikan campuran kopi di berbagai menu di kedai kopi. Tapi kamu harus tahu selain enak, kayu manis mampu menangkis radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh manusia. Selain itu, kayu manis juga ampuh melawan bakteri jahat pada tubuh. Dan lebih luar biasa lagi mampu melindungi sel-sel saraf manusia sehingga mampu menurunkan resiko alzheimer. Serta menurunkan kadar gula bagi yang mengidap diabetes.

credit: cbc.cc

Jintan 

Dalam kebudayaan India kuno, jintan berperan penting dalam kesehatan salah satunya karena kaya akan zat besi. Selain itu, jintan juga baik dalam menurunkan berat badan. Bahkan sebuah penelitian di Amerika Serikat mengatakan bahwa perempuan yang mengonsumsi satu sendok jintan per hari lebih mampu menurunkan berat badan secara intensif daripada mereka yang tidak. Yuk coba campurkan jintan pada kopi pagimu!

Jahe

Rempah yang satu ini sudah sangat terkenal khasiatnya. Dengan mencampurkan jahe pada kopimu, tak hanya memberi nikmat yang asyik, jahe juga memberi manfaat karena mengandung antioksidan dan bersifat anti-inflamasi. Selain itu, jahe juga berperan aktif memerangi sel kanker, meredakan mual dan menenangkan pencernaan yang sedang bermasalah.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.