5 TIPE GREEN COFFEE BUYER KETIKA MEMBELI BIJI KOPI

Sebenarnya siapa saja bisa menjadi seorang coffee buyer, dan umumnya mereka para coffee buyer membeli biji kopi dengan berbagai kepentingan. Tidak sedikit yang membeli biji kopi untuk kebutuhan coffee shop mereka dan bahkan ada juga yang membeli biji kopi untuk dipasok ke banyak negara penikmat kopi.

PERNAHKAH mengira bagaimana biji kopi Ethiopia bisa sampai ke penikmat Indonesia, atau sebaliknya bagaimana bisa biji kopi Sumatera banyak disajikan di kedai-kedai kopi Amerika. Tentu secara sederhana kopi luar yang masuk di pasar lokal karena adanya permintaan akan kopi tersebut. Lalu siapa yang punya peran hingga kopi tersebut bisa masuk ke pasar yang bukan daerah produksi biji kopi tersebut. Hal ini karena peran coffee buyer yang dapat membaca minat penikmat kopi dan mampu memproyeksikan angka konsumsi sebuah biji kopi di daerah tertentu. Bukan karena asal seorang coffee buyer menentukan biji kopi seperti apa yang akan dibeli untuk kebutuhan mereka.

Dalam pencariannya, bukan sedikit telah mengalami kesalahan ketika membeli biji kopi yang sesuai untuk kebutuhan mereka. Paling umum ada 5 hal pendekatan yang dilakukan oleh para coffee buyer ketika memutuskan biji kopi seperti apa yang akan dibeli mereka.

credit: joecoffeeblog

BERDASARKAN PROFIL RASA
Pencarian biji kopi dengan pendekatan profil rasa biasanya akan memerlukan waktu yang lama, karena harus melakukan banyak serangkaian uji rasa dan juga harus mengumpulkan banyak sample sebagai bahan perbandingan karakter rasa yang seperti apa yang sesuai. Proses pencarian yang lama dari pendekatan yang lain, bisa jadi akan membuat seseorang bosan dalam pencarian biji kopi yang menurut mereka sesuai, apakah itu untuk dijual kembali atau untuk persediaan kebutuhan sendiri. Memerlukan biaya yang tidak sedikit pada tahap awal pencarian biji kopi.

credit: bbc.com

BERDASARKAN ORIGIN KOPI
Dan biasanya mereka yang melakukan pendekatan berdasarkan origin kopi guna mencari biji kopi yang lebih spesifik, karena sudah mengetahui ingin mencari karakter biji kopi seperti apa yang akan mereka beli. Secara garis besar region produksi biji kopi terbagi 3, Amerika Latin, Afrika Timur dab Kepulauan Pasifik. Dengan mengkhususkan daerah tertentu untuk mencari biji kopi, dapat mengurangi biaya operasional ketika mencari biji kopi. Jika ingin mengunjungi sebuah kebun kopi untuk menemukan biji kopi yang dicari menjadi lebih mudah dalam mempersiapkan coffee trip.

credit: onevillagecoffee.com

BERDASARKAN PRODUSEN
Beberapa coffee buyer juga ada yang telah mempercayakan kebutuhan biji kopi mereka dengan satu produsen saja, hanya saja perlu ekstra kerja keras untuk membangun kualitas produksi jika memfokuskan pada 1 produsen saja. Pada pendekatan ini, coffee buyer merangkap menjadi seorang konsultan untuk meningkatkan kualitas produksi. Maka sudah seharusnya menjadi seorang coffee buyer harus mengerti keseluruhan menyangkut budidaya tanam kopi dan lainnya.

BERDASARKAN MINAT PELANGGAN
Coffee buyer untuk kebutuhan kedai kopi mereka, kadang memiliki pelanggan setia yang tak hanya mengobrol tapi juga memberikan masukan biji kopi apa yang menurutnya harus ada. Bahkan tidak sedikit juga, kedai kopi ternama mengundang beberapa pelanggan setia mereka untuk memberikan tanggapan jika ada menu baru yang masuk, atau jika ada sample kopi yang baru masuk.

BERDASARKAN SEASON
Tidak sedikit juga coffee buyer menjadikan musim sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan biji kopi seperti apa yang akan mereka beli. Tentunya harus memiliki perhitungan hari yang akurat berdasarkan musim, dan harus memperhatikan bagaimana karakter roasting yang sesuai untuk biji kopi di musim atau hari tertentu. Beranggapan bahwa di beberapa hari tertentu atau beberapa bulan tertentu setelah panen akan memberikan kesan yang berbeda.

Tiap coffee buyer memiliki perhitungan tersendiri sebelum mereka membeli biji kopi, di era kopi seperti sekarang ini membeli biji kopi yang dilakukan coffee buyer adalah langkah serius sebelum kopi masuk ke pasar kopi yang lebih besar lagi.

Buku Dear Coffee Buyer “A Guide to Sourching Green Coffee” oleh Ryan Brown src: wildfoods.co

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.