5 TIPS SEDUH KOPI SENDIRI AGAR LEBIH BERKESAN

Seperti apa pengalaman kali pertama seduh kopi sendiri di rumah atau di kedai kopi favorit.

TIDAK heran banyak sekali yang mendadak jatuh cinta dengan sajian kopi karena pengalaman pertama mereka seduh kopi sendiri. Sebabnya, setelah mengenal lebih jauh tentang sajian kopi, beberapa orang seperti tidak ingin lepas sedikit pun dari rutinitas harian menikmati kopi. Meluangkan waktu untuk seduh kopi sendiri di meja kerja, sedikit mengambil momen menikmati secangkir single origin di sore hari, dan berbagai momen lainnya yang mereka nikmati dengan sajian kopi.

Banyak orang yang menikmati kopi tapi terkadang sudah mulai lupa bagaimana pengalaman pertama seduh kopi. Aroma kopi yang tercipta ketika biji kopi digiling menjadi bubuk, seakan menyapa mereka yang sedang mempersiapkan sajian kopi. Air seduhan yang menyentuh bubuk kopi ketika proses ekstraksi, menjadikan rasa penasaran ingin segera meneguk sajian kopi. Tapi ternyata tidak semua orang yang mencoba untuk menyeduh kopi dengan perlahan memperhatikan tiap langkah proses penyeduhannya. Sedikitnya ada 5 tips yang bisa mengubah momen seduh kopi lebih berkesan.

credit: unsplash.com

Memperhatikan Persiapan
Bukan sekadar memperhatikan, tapi lihatlah apa yang bisa dilihat dari proses persiapan seduh kopi. Peralatan kopi yang terletak di depan mata, akan lebih mendukung ritual seduh kopi ketika sejenak mengambil waktu untuk memperhatikan. Tidak hanya itu saja, memperhatikan coffee bag menjadi pengalaman unik ketika mengetahui apa saja yang tertulis di coffee bag tersebut. Tiap coffee bag memiliki perbedaan dari mulai desain dan informasi tentang biji kopi yang sengaja mereka tulis di coffee bag tersebut.

Merasakan Tekstur
Akan berbeda perasaan seduh kopi sendiri dengan sajian kopi yang dihidangkan hanya tinggal meneguknya. Ketika seduh kopi sendiri, ambil waktu sesaat untuk merasakan sensasi ketika menyentuh biji kopi, bubuk kopi dan juga peralatan kopi yang digunakan selama proses seduh kopi.

Menjadi Pendengar
Bagaimana ragam suara yang tercipta ketika proses seduh kopi seakan menjadi nuansa meditasi untuk beberapa orang. Suara khas biji kopi yang digiling dengan grinder, bunyi aliran air yang dituang ketika pouring, dan suasana bunyi-bunyian lainnya menambah pengalaman berkesan ketika ritual seduh kopi.

Menikmati Aroma
Setiap detail aroma yang tercipta, cobalah peka untuk mengambil kesan di tiap aroma kopi, dari mulai aroma masih berbentuk biji kopi, kemudian ketika menjadi bubuk kopi, lalu bagaimana aroma ketika menjadi sajian kopi di cangkir. Perbedaan aroma ini seakan mengajak indra berkomunikasi dengan sajian kopi yang kita seduh. Jangan terlalu cepat meneguk sajian kopi hari ini, cobalah apresiasi sejenak bagaimana aroma ingin berkomunikasi.

Credit : mexicalibariatric.com

Menikmati kopi untuk beberapa orang hanya sebatas kebutuhan kafein harian, tapi cobalah untuk perlahan kembali meresapi tiap teguk kopi yang diminum hari ini. Bagaimana perbedaan rasa ketika suhu sajian perlahan menjadi turun, seperti apa rasa ketika dikecap di lidah, dan setelahnya biarkan kopi berbicara banyak di tiap teguk kopi hari ini.

Sedikit mengubah cara seduh, memperhatikan tiap detail persiapan hingga proses penyeduhannya, menjadikan kesan menikmati secangkir kopi lebih hikmat. Ritual seduh kopi bukan hanya membuat kopi segera jadi, tapi menikmati tiap langkah dari proses penyeduhan kopi. Bagaimana kesan pertama kamu ketika seduh kopi sendiri?

src: caffeinemag.com img: pexels.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.