6 CARA SERU MENIKMATI COLD BREW DI RUMAH

Untuk kamu yang hobi seduh kopi sendiri di rumah, pasti punya cara seru sendiri untuk menikmati kopimu, tapi tidak ada salahnya menyimak ulasan berikut mungkin bisa menjadi referensi untuk eksplorasi sajian kopi berikutnya di rumah.

SELALU menyediakan konsentrat kopi di rumah memungkinkan kita untuk tetap menikmati sajian kopi dengan banyak cara. Sangat sederhana untuk membuat konsentrat kopi, yang perlu diperhatikan hanya jumlah bubuk kopi yang digunakan untuk sajian kopinya. Secara umum, banyak penyeduh kopi merekomendasikan rasio perbandingan pada 1:4 atau 1:5 untuk membuat kopi konsentrat.

Membuat kopi konsentrat untuk sajian cold brew ternyata mudah, dengan alat kopi apa pun bisa saja, bahkan tanpa alat kopi sekali pun. Cukup menggunakan wadah untuk menampung bubuk kopi dan air seduhan ketika terekstraksi. Selanjutnya, setelah bubuk kopi dan air seduhan tercampur, biarkanlah terendam selama 12 jam lebih, tidak menjadi permasalahan jika kopi diaduk atau pun tidak ketika akan dimasukan ke kulkas. Setelah 12 jam, maka sajian cold brew siap untuk dinikmati, dan mungkin beberapa cara ini bisa mengimprovisasi sajian cold brew kamu.

Sirup
Apa jadinya jika cold brew disajikan dengan sirup favorit kamu? Mungkin karakter rasanya akan menjadi lebih menarik lagi, apakah itu dengan sirup yang dibuat sendiri atau sirup yang kamu beli. Tapi tidak perlu mencampurkan sirup terlalu banyak agar tidak mengganggu rasa asli dari kopinya. Bingung sirup apa yang sesuai untuk sajian cold brew kamu, cobain deh Sirup Monin atau Torani lihat di sini.

Vanilla Ice Cream
Jika punya persediaan es krim di rumah, tidak ada salahnya menyajikan cold brew dengan es krim, mungkin karakter rasanya hampir mirip dengan sajian affogato. Seberapa banyak es krim yang ingin kamu campurkan, cobalah untuk tidak menghilangkan karakter asli dari rasa kopi itu sendiri, sehingga kesan rasa vanilla dari es krim tidak dominan, dan sajian cold brew siap untuk ceriakan hari.

credit: theinsider.com

Es Potong Cold Brew
Semakin menarik lagi jika cold brew dibekukan di freezer, namun sebelum itu untuk menemani rasa cold brew yang eksotis, cobalah mencampurkan susu atau sirup kesukaanmu, kemudian mendiamkannya di freezer dengan wadah popscyle. Setelah beku, kamu akan menikmati es beku dengan rasa kopi yang menemani harimu.

Cold Brew Tonic
Awalnya sajian ini dikenalkan dengan mencampurnya pada espresso, dan dihidangkan untuk memenuhi kebutuhan ngopi seseorang. Walau pun espresso ditemukan di Itali, gaya minum yang mencamurkan tonic water ke dalam espresso, beberapa literatur menjelaskan ditemukannya resep ini di Swedia. Lalu, bagaimana jika kita mencobanya pada sajian cold brew, bagaimana rasanya?

Non-Dairy Milk
Menyajikan cold brew dengan susu nabati juga sangat menggoda untuk dicoba, seperti coconut milk, almond milk, dan susu non-dairy lainnya. Mungkin karakter rasa hampir serupa dengan cappucinno atau pun latte, tapi rasakan perbedaan sajiannya ketika tersaji dengan cold brew.

Fruit Blend
Ingin mencampurkannya dengan buah-buahan favorit kamu, cukuplah menambahkan ice cube dan buah kemudian dimasukkan bersama cold brew ke blender. Sangat nikmat disajikan di siang hari yang begitu ingin diisi oleh asupan kopi.

src: homegrounds.co img: alnatura.de

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.