6 CIRI KEDAI KOPI YANG MEMERHATIKAN PRODUK KOPINYA

Apalah arti sebuah kedai kopi dengan interior dan ambience yang keren tanpa kelengkapan dan kualitas kopi yang mumpuni.

OLEH karena itu, saya kembali mengingat-ingat berbagai kedai kopi yang pernah saya jelajahi. Banyak yang indah dari segi tempat dan suasana tapi ‘bocor’ dari segi rasa. Ada yang nikmat dari segi rasa, tapi keterlaluan parahnya dari segi pelayanan. Serta ada pula yang sudah lengkap semua aspeknya, eh malah kurang dari segi kelengkapan dan kualitas kopinya sendiri. Jadi artikel ini lahir karena saya begitu concern dengan produk kopi yang disediakan disebuah kedai kopi. Untuk membuat sebuah kedai kopi baik inti awalnya adalah produk kopi yang mereka jual sendiri. Oleh karena itu, berikut 6 ciri kedai kopi yang memerhatikan benar produk yang mereka jual. Selamat membaca!

1. Menu Kopinya Lengkap

Lengkap yang dimaksud di sini adalah memiliki daftar menu kopi espresso base dan manual brewing. Selain itu espresso base-nya juga harus lengkap. Mulai dari espresso, double espresso, ristretto, double ristretto, cafe latte, cappuccino, flat white, piccolo latte, long black dan lain sebagainya. Juga disediakan beragam alat seduh manual brewing yang bisa dipilih pelanggan sesuai keinginan. Ada Hario V60, Kalita Wave, Chemex, Syphon, Aeropress, Walkure, French Press hingga Eva Solo. Kelengkapan seperti ini membuat kedai kopimu selangkah lebih unggul dari kedai kopi lain.

Credit : jamieoliver.com
Credit : jamieoliver.com

2. Selalu Memiliki Pilihan Single Origin yang Beragam

Bayangkan jika kamu datang ke sebuah kedai kopi dan dia tidak memiliki pilihan biji kopi yang akan diseduh manual sama sekali? Saya sendiri malas datang ke coffee shop yang tidak memiliki banyak varian biji kopi. Saya gemar mengeksplorasi rasa dan mencoba yang berbeda-beda. Jika tak ada pilihan single origin yang beraneka sudah pasti kedai kopi tersebut ‘kurang sreg’ di hati saya.

3. Memiliki Espresso Blend Mereka Sendiri

Kedai kopi yang baik harusnya memiliki espresso blend mereka sendiri sehingga kopi (khususnya menu espresso base) mereka memiliki ciri yang berbeda dari kedai kopi lain. Coffee shop tersebut boleh saja membeli biji kopi dari roastery, tapi ‘kan bisa meraciknya sendiri dengan berkonsultasi dengan roasters tersebut. Lagian sekarang banyak roastery yang bisa diajak kerja sama untuk menciptakan espresso  blend yang khusus untuk kedai kopimu.

Credit : coffeearea.org
Credit : coffeearea.org

4. Memiliki Signature Drink Sendiri

Memang sih di mana-mana yang namanya kedai kopi pastilah memiliki menu kopi yang sama. Tapi sebagai kedai kopi yang selangkah lebih maju, coffee shop kamu harus memiliki signature drink sendiri yang hanya ada di kedai kopimu saja. Galilah ilmu banyak-banyak dari berbagai sumber lalu ajak baristamu meracik sebuah menu minuman kopi yang nikmat, unik, berbeda dan belum pernah ada sebelumnya. Dengan begini akan ada alasan agar orang datang dan kembali nongkrong di coffee shop milikmu.

5. Menjual Biji Kopi

Buat saya kedai kopi yang menjual biji kopi dan bubuk kopi sungguh mendapat nilai plus. Apalagi mereka menjual espresso blend mereka yang dipakai di coffee shop sendiri. Dengan menjual biji kopi berarti pelanggan bisa dimanjakan juga jika sewaktu-waktu ingin ngopi di rumah tapi dengan sensasi rasa yang sama dari kedai kopi favoritnya. Lebih baik lagi jika ada lebih dari satu biji kopi yang dijual. Wah makin senanglah saya sebagai pelanggan yang memang doyan jajan biji kopi kemana perjalanan teguk ini singgah.

Credit : chicagobusiness.com
Credit : chicagobusiness.com

6. Menyediakan Banyak Varian Kopi Dingin

Di mana-mana coffee shop pastilah menyediaka varian menu kopi dingin yang bisa jadi pilihan. Tapi sebuah coffee shop keren melengkapi aneka kopi dinginnya selengkap-lengkapnya. Mulai dari yang standar seperi iced latte, iced americano, iced cappuccino, caramel macchiato, cold drip, cold brew hingga aneka iced blended. Oh iya tak hanya kopi dingin, karena sekarang akan lebih keren lagi jika kedai kopimu memiliki ragam menu dari liquor coffee. 

Foto utama dari az616578.vo.msecnd.net

 

PAKET CAFE

 

760 total views, 33 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

4 Comments
  1. Thank you buat artikel mengenai coffee shop yang baik.

    Tapi mungkin beberapa poin seperti menjual biji kopi sendiri dan menjual kopi dingin dengan liquor masih sulit ya untuk coffee shop baru.

    Sangat berguna banget jadi guidance buat bikin coffee shop yang bener2 kopi banget

  2. st*rb*ks memenuhi hampir semua kriteria, tapi kok kopinya gak enak ya. Dan, perlu ditambahin mungkin, kedai kopi yang memerhatikan produk kopinya menyajikan kopinya di gelas bukan paper cup …

    1. @faisal iya bang, menurut saya juga paper cup itu bakal mempengaruhi banget sama cita rasa kopi nya, bikin rasa kopi rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.