Asia Cafe & Travel International Tips Vietnam

6 FAKTA UNIK KOPI DI VIET NAM

fakta-unik-kopi-vietnam


Seperti Indonesia, Viet Nam juga memiliki budaya ngopi yang kuat. Oleh karena itu, sungguh asik rasanya mengungkap fakta unik tentang kopi di negara yang terkenal dengan Halong Bay-nya ini.

MUMPUNG saya sedang di Viet Nam (saat artikel ini terbit saya sedang di Da Nang, Viet Nam), tak adil rasanya jika tak menulis tentang budaya minum kopi orang-orang di sini. Beruntung saya memiliki seorang teman yang memang berkewarganegaraan Viet Nam dan tinggal di sini juga. Setelah ngobrol panjang lebar tentang kopi di sini, saya akhirnya tahu kopi dan Viet Nam tak hanya sekedar Vietnam Drip atau Ca Phe Sua Da belaka. Ada banyak fakta unik lain yang ternyata ada di sini. Berikut enam fakta unik yang berhasil saya ketahui setelah ngobrol dengan Kit Ni Hoang, seorang teman Vietnamese asli!

1. Minum Kopi Selalu Ditemani Teh

Credit : lelong.com.my

Credit : lelong.com.my

Orang Viet Nam selalu meminum teh sesaat setelah minum kopi. Jadi kalau kamu memesa secangkir kopi (khususnya di kedai kopi tradisional) pasti akan diikuti dengan secangkir teh tawar. Orang Viet Nam percaya bahwa teh mampu menjadi penawar rasa kopi. Padahal jelas teh juga ada kafein sama seperti kopi. Jadi ngopi di sini kafeinnya semakin banyak karena ditemani teh yang juga berkafein, bukan?

2. Minum Kopi Dicampur Saus Ikan

Aneh bukan? Tapi minum kopi bagi orang Viet Nam memang ritual yang tak terpisahkan. Jika kamu ngopi di kedai kopi tradisional maka biasanya minumanmu akan ditetesi dengan saus ikan. Saus ikan yang dimaksud terbuat dari sari ikan-ikan kecil (seperti teri) yang sudah difermentasi. Mereka percaya saus ikan ini akan memberikan rasa asin yang akan menawar rasa pahit. Wah kira-kira rasanya bagaimana ya?

3. 99% Kopi yang Dikonsumsi adalah Robusta

Credit : asiawebdirect.com

Credit : asiawebdirect.com

Saat saya bertanya pada seorang teman yang berkewarganegaraan Viet Nam tentang kopi yang mereka konsumsi maka jawabannya adalah robusta. Meski sudah banyak kedai kopi modern dan ada beberapa yang specialty, mereka tetap saja mengonsumsi robusta. Budaya minum kopi robusta sudah mendarah daging dan merupakan kultur yang diwariskan turun temurun. Jadi jika berkunjung ke Viet Nam jangan kaget jika hampir semua kedai kopi menyediakan kopi robusta ya.

4. Dalat adalah Wilayah yang Menghasilkan Arabika Terbaik

Meski mengonsumsi 99% kopi robusta, Viet Nam juga memiliki kopi arabika yang tak kalah berkualitas. Wilayah Dalat adalah salah satu wilayah penghasil kopi terbesar dan terbaik di seantero Viet Nam. Di sini kopi arabika ditanam dan dikelola dengan baik sekali. Sayang, kebanyakan kopi arabika justru diekspor ke luar negeri karena peminatnya di dalam negeri kurang.

5. Viet Nam adalah Negara Pengekspor Kopi Kedua di Dunia

Kalau fakta yang ini bukanlah lagi rahasia. Setelah Brazil, Viet Namlah yang menyabet gelar negara terbanyak pengekspor kopi di dunia. Dengan luas wilayahnya yang tak lebih besar dari Indonesia, negara ini cukup hebat dalam urusan ekspor kopi.

6. Di Viet Nam Ada Minuman Bernama Bac Xiu

Credit : amazonaws.com

Credit : amazonaws.com

Apakah yang dimaksud engan Bac Xiu? Bac Xiu adalah salah satu jenis menu kopi yang paling popular di sini. Kurang lebih artinya adalah “susu dengan kopi” alias minuman susu yang dibubuhi sedikit kopi saja. Ha-ha-ha. Jika Ca Phe Sua Da adalah kopi dengan susu, maka Bac Xiu adalah kebalikannya. Minuman ini tercipta karena banyak orang di Viet Nam yang tidak tahan menerima kafein dari kopi robusta tetapi tetap ingin ngopi. Maka terciptalah menu susu dengan tambahan kopi. Lucu ya?

Fakta unik ini mungkin saja bisa bertambah di artikel selanjutnya. XD

Foto utama dari imgur.com

 

cari-kopi

 

 

8,427 total views, 2 views today

You Might Also Like

3 Comments

  • Reply
    Yesaya Martinus Ardan Adijaya
    May 3, 2017 at 5:15 pm

    Hi Mbak Mustika,

    Hanya menambahkan untuk poin No. 6, meskipun tidak salah disebut “susu dengan kopi”, Bac Xiu lebih tepatnya kopi dengan porsi susu (kental manis) yang lebih banyak dari segelas Ca Phe Sua Da (es kopi dengan susu kental manis) biasa. Kalau secara rasio, Bac Xiu itu susu nya 1:1 atau 1:2 sementara Ca Phe Sua Da 1:3 (ini bukan rasio yang fix, kembali ke selera masing-masing)

    Umumnya Bac Xiu disajikan dingin dengan es.

    Thanks :)

  • Reply
    Saesario Indrawan
    June 4, 2017 at 10:22 pm

    Selain ca phe sua da, di Vietnam Tengah (Hue) terkenal dengan ca phe muoi, alias kopi dengan garam, rasanya seperti minum salted caramel…

    Di Ha Noi, ada ca phe trung alias egg coffee, yaitu kopi yang diberi topping kuning telur kocok + vanilla, rasanya bagai minum tiramisu….

  • Leave a Reply