6 HAL YANG DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI CANGKIR ESPRESSO

Sudah saatnya memanjakan pelanggan dengan menyajikan sajian kopi yang terbaik, bahkan cangkir sajiannya pun haruslah yang terbaik.

TAK heran jika sekarang ini di era speciality apa pun itu yang berkaitan dengan kopi haruslah dipersiapkan secara teliti, tidak hanya tentang sajiannya tapi juga peralatan dan cara menyajikannya. Bayangkan jika kopi dengan karakter rasa yang menarik disajikan dengan biasa-biasa saja, mungkin si kopi tidak bisa menampilkan daya tariknya yang memikat kepada penikmatnya.

Jika sajian manual brew sekarang ini disajikan penuh dengan pertimbangan, ada yang disajikan menggunakan server seperti tabung kimia, atau cangkir unik yang dapat menjaga kopi tetap panas, maka kita harus melihat koleksi alat manual brew di sini. Mungkin tidak lengkap jika sajian manual brew saja yang diperhatikan, sajian espresso juga tidak luput dari produsen alat kopi, cangkir penyajiannya dibuat dengan begiti detail, malahan tiap desainnya berkontribusi untuk memaksimalkan kesan bagi mereka yang menikmati espresso. Berikut ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli cangkir untuk sajian espresso.

Ukuran Cangkir
Cangkir espresso yang terlalu besar akan memberikan ruang udara, sehingga udara akan menyentuh espresso maka penurunan suhu akan cepat membuat espresso tidak panas lagi. Bahkan, cangkir yang terlalu besar membuat crema menyebar ketika dituang, menjadi tipis dan perlahan crema menghilang. Idealnya, ukuran cangkir yang digunakan untuk sajian espresso itu 2-3 oz atau sama dengan sekitar 60ml – 90ml.

Bentuk Cangkir
Banyak sekali cangkir kecil yang dijual, tapi belum tentu cangkir itu bisa menjaga sajian espresso tetap berkesan. Malahan wadah penyajian yang terlalu unik, belum tentu mendukung espresso disajikan secara berkelas ke pelanggan. Bentuk cangkir yang bersegi tidak direkomendasikan untuk penyajian espresso, lebih baik memilik dengan permukaan yang bulat, lalu bagaimana bentuk bagian dasar permukaan cangkir. Dasar permukaan yang bersiku membuat crema berantakan ketika espresso jatuh ke cangkir, untuk mereka yang mencintai crema pada hidangan espresso maka tidak begitu direkomendasikan. Dengan dasar permukaan melengkung tanpa siku, maka memungkinkan crema terjaga ketika espresso jatuh ke cangkir.

credit: acmecupusa

Material Cangkir
Untuk saat ini, bahan porselen menjadi primadona di dunia percangkiran untuk sajian espresso. Mungkin sekilas porselen masih tergolong keramik, tapi jangan salah, porselen berbeda dari keramik. Perbedaan ini dari daya tahan cangkir, porselen dibuat lebih detail dan tahan lama, sedangkan keramik biasanya tidak mengalami proses pembuatan yang serumit porselen. Jika bahan lain terlihat unik dan menarik, belum tentu dapat menjaga suhu sajian espresso. Sejauh ini, cangkir espresso yang terbuat dari porcelain didesain bagian tengah lebih tebal bertujuan untuk menjaga espresso tetap pada suhu panas agar nikmat.

Pinggiran Cangkir
Siapa yang mengira bahwa pinggiran cangkir juga berkontribusi memberikan kesan nyaman ketika menyesap espresso. Pinggiran yang tipis atau tebal akan memberikan kesan yang berbeda ketika menikmati espresso. Maka pertimbangkan pinggiran seperti apa yang nyaman untuk pelanggan kita, biasanya pinggiran yang tebal memberikan kesan penuh di bibir, dan pinggiran yang gak tebal atau lebih tipis biasanya memberikan sensasi nyaman tidak tumpah di bibir.

Warna Cangkir
Bukan kebetulan bahwa cangkir penyajian espresso di Itali cenderung berwarna putih, ini tentang sebuah apresiasi. Warna putih dapat memberikan kesan warna crema lebih bersahabat ketika dilihat dan membangkitkan rasa ingin untuk meneguknya. Jika pun warna bagian luarnya ingin disesuaikan dengan suasana kedai kopi, maka biarlah warna bagian dalam menampilkan eksistensi dari crema dengan warna putih.

Pegangan Cangkir
Sekilas pegangan cangkir tidak memberikan kesan dalam penyajian espresso, tunggu sebentar. Pegangan cangkir espresso mungkin terlalu kecil untuk dipegang dengan tangan, malahan hanya dua jari mungkin yang bisa memegangnya, tapi ini membangkitkan pengalaman seseorang menikmat espresso memegang pegangan cangkir mereka. Produk cangkir espresso keluaran Acme sangat menarik, dibuat dengan menciptakan kesan memegang cangkir lebih nyaman, jadi jari cangkir bisa masuk ke pegangan cangkirnya, lihat produknya di sini. Walau pun beberapa orang ada yang memegangnya dari badan cangkir, tapi jangan abaikan golongan penikmat espresso yang menikmatinya dengan memegang pegangan cangkir. Jangan memilih pegangan yang tipis, hal ini akan memberi kesan bahwa cangkir terlalu ringkih.

src: espresso-experts.com img: bustle

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.