7 GEARS KEREN UNTUK MEMBUAT COLD BREW

Metode cold brew disebut-sebut sebagai gelombang kopi generasi keempat.

BANYAK ahli kopi sudah “meramalkan” sejak pertengahan tahun 2015 lalu kalau cold brew coffee alias metode seduh dingin akan menjadi tren berikutnya setelah manual brew. Terbukti dengan banyak sekali variasi baru dalam cold brew yang bermunculan, bahkan di pagelaran #SCAA2016 yang belum lama usai pun menu ini semakin menjadi primadona.

Sebagai penikmat kopi yang baik, tentunya nggak boleh ketinggalan momentum ini dong. :p Istilahnya, penggemar kopi wajib tahu membuat cold brew sebelum gelombang itu merapat. Berikut adalah pilihan alat-alat keren untuk membuat kopi cold brew dengan gampang.

1. Toddy Cold Brew

Toddy-Cold-Brew

Praktis dan simpel. Alat ini terdiri dari 2 komponen utama: brewing container yaitu tempat untuk menyeduh kopi (lengkap dengan pegangannya) dan glass decanter untuk hasil seduhan. Bentuknya simpel—even idiot-proof, cara memakainya pun nggak kalah simpel. Kita tinggal memasukkan bubuk kopi yang akan diseduh ke dalam container, nggak perlu diaduk, cukup dibenamkan dengan gerakan lembut saja. Selanjutnya diamkan selama sekitar 8-12 jam. Done. Karena cara memakainya yang simpel dan gampang tapi bisa memberikan hasil seduhan yang memuaskan, nggak heran kalau alat ini pun menjadi favorit banyak pecinta kopi. Produknya pun cukup banyak mendapat ulasan positif dari berbagai media seperti New York Times dan yang lainnya.

 

2. Hario Mizudashi coffee pot

hario-cold-bew

Minimalis. Bentuk carafe-nya minimalis, alat ini mungkin bahkan pembuat cold brew paling elegan yang ada sekarang. Memiliki dua bagian yang diintegrasikan dengan pitcher berukuran maksimal 1 liter, Mizudashi dari Hario ini pun menjadikan proses cold brewing sangat mudah. Cukup dengan mengisi bubuk kopi ke dalam filter basket, tuangkan air lalu tinggal didiamkan selama 9-24 jam. (Selengkapnya tentang membuat cold brew dengan menggunakan Mizudashi sudah pernah dibahas di sini). Mizudashi juga memiliki filter permanen yang membuatnya mudah dibersihkan.

 

3. BodyBrew Bod

bodybrew

Stylish. Desain modular yang menjadi “tema” cold brewer ini cukup menarik perhatian. Bentuknya yang ramping seolah makin menegaskan kesannya yang stylish. Meskipun gaya, tapi alat cold brew ini tidak melupakan sisi kualitasnya. BodyBrew tidak mudah tumpah, pecah, bocor dan bahkan bisa dibawa kemana saja. Di dalam alat ini juga terdapat filter stainless steel yang tahan karat dan tidak menimbulkan korosi. Bod juga disebut-sebut bisa mengurangi kadar bitter-acids dan cafesfol (semacam komponen minyak kopi) yang menjadikan minuman seduhannya lebih ramah untuk jantung dan lambung. Keren. Namun (sayangnya) saat ini produk BodyBrew masih dalam tahap pre-order. :p

 

4. Brewover Cold Brew

brewover

Multifungsi. Konsep alat ini memadukan antara Chemex dan V60 yang menurut produsennya bisa memaksimalkan fungsi penyeduhan kopi. Ditambah dengan adanya control valve yang unik yang bisa memberikan kendali penuh ketika sedang menyeduh dan menghindari segala “keribetan” ketika seduh telah selesai.

 

5. Primula Cold Brew

primula

Pitch in. Alat seduh ini bisa dibilang seperti one-stop-tool untuk membuat cold brew. Cara kerjanya sih hampir sama dengan brewer yang sudah-sudah: tinggal masukkan bubuk kopi, air, dan biarkan kopi terseduh dengan sendirinya. Carafe-nya terbuat dari bahan borosilicate glass yang tahan terhadap perubahan suhu bahkan. Plus, ia juga cocok disetel dengan produk-produk Primula lainnya sehingga kita bisa memasangkannya dengan aksesoris yang lain sekiranya ingin mengubah sistem infusinya. Ah ya, semua bagian cold brew ini pun aman dibersihkan.

 

6. OXO Good Grips

OXO COLD BREW

Modern. Desainnya cukup modern dan cukup jenius untuk menyeduh kopi. Di bagian reservoir atas, ada sejenis filter yang berfungsi seperti sistem rainmaker sehingga ketika menuangkan air, maka air akan jatuh dengan lebih merata ke seluruh bagian kopi. Selain itu, brewer ini juga dilengkapi semacam saklar yang hanya perlu ditekan untuk memulai proses dripping ke server bawah. Untuk menghentikan dripping itu, tinggal menekannya balik. Sangat otomatis.

 

7. Filtron Cold Brewer

filtron-cold-brew

 

Powerful. Alat seduh ini cukup banyak digunakan di kedai-kedai kopi luar, salah satunya adalah Stumptown dan Blue Bottle. Filtron terdiri dari sebuah pot untuk menggabungkan bubuk kopi dan air dengan sebuah filter di bagian bawah. Begitu kopi dirasa cukup, kita hanya perlu menarik steker kecil di bawahnya untuk mengalirkan konsentrat kopi. Konstruksinya solid, desainnya sederhana, hasil seduhannya juga banyak. Nggak heran kenapa cold brewer ini banyak dipakai di kedai-kedai kopi specialty.

 

Dari ketujuh alat pembuat cold brew di atas, kira-kira kalian lebih suka yang mana?

 

coldbrewer

1,296 total views, 16 views today

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

1 Comment
  1. Nice. Gw tertarik sama bodybrew bod, bntuknya futuristik. Gw liat di webnya emang msh preorder ini produk. Kapan Otten bs ready kira-kira?

Leave a Reply

Your email address will not be published.