7 MANFAAT AMPAS KOPI UNTUK MERAWAT KULITMU

Mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk membuang ampas kopi kamu setelah tahu manfaat dari ampas kopi untuk merawat kesehatan kulit kamu.

SIAPA yang tidak ingin memiliki kulit bersih terawat, bebas dari permasalahan kulit yang kerap dirasakan oleh banyak orang. Saya pun mengalami masalah kulit yang terkadang menjengkelkan, sulit untuk diabaikan semakin berusaha diabaikan malah kepikiran. Kulit pada bagian tumit kaki mengalami pecah seperti retak, walau tidak mengganggu fungsi dari kaki untuk berjalan sejauh ini, tapi tetap saja kepikiran. Menariknya, beberapa permasalahan kulit bisa diatasi dengan perawatan ampas kopi, saya jadi penasaran untuk segera mencobanya di rumah.

Sajian kopi yang dikenal saat ini, bukan hanya sekadar tren bisnis semata namun lebih dari itu, kopi menjadi sebuah gaya hidup serta sebuah kebutuhan untuk sebagian orang. Maka tidak heran jika kopi selalu berhasil menciptakan kesan, dari mulai sajian kopi, peralatan kopi, hingga ampas kopi sekali pun. Saya kutip dari laman medicalnewstoday tentang ampas kopi, banyak manfaat ampas kopi untuk mengatasi masalah kulit, mungkin salah satunya sedang kamu alami.

Mengatasi Sel Kulit Mati

Pernah mengalami kulit hampir terkelupas, di bagian tubuh tertentu saya pun pernah mengalami pengelupasan kulit, seringnya terjadi di kulit tangan. Hal ini disebabkan oleh sel kulit mati, kesannya seperti kulit mengelupas, dan ampas kopi bisa mengatasinya.

Banyak penelitian yang menjelaskan kandungan kopi membantu meningkatkan kesehatan kulit. Senyawa seperti asam caffeic, antioksidan mampu meningkatkan kada kolagen dan mengurangi penuaan dini sel tubuh.

 

credit: medicalnewstoday.com

Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Sebuah penelitian menguji banyak partisipan untuk menganalisa bagaimana pengaruh konsumsi polifenol pada tubuh mereka. Disimpulkan bahwa senyawa polifenol yang juga terkandung pada kopi mengurangi bercak bintik akibat penuaan karena terkena sinar UV, umumnya banyak di wajah seseorang.

Apakah itu diminum atau pun dioleskan ke kulit, manfaat kopi baik untuk melindungi kulit dari sinar UV berlebih. Sinar matahari di jam tertentu malahan mampu merusak sel pada kulit, dengan mengaplikasikan ampas kopi ke kulit kamu akan mendapatkan perlindungan dari sinar matahari.

Memudarkan Kantung Mata Membengkak

Pola hidup tidak baik tanpa sadar mengakibatkan mata kamu membengkak, penyebabnya pun beragam dari mulai alergi, infeksi atau pun konsumsi minuman yang tidak sehat. Cairan yang mengumpul pada kantung mata sehingga membengkak umumnya karena tubuh dehidrasi, dan bisa juga disebabkan hal lainnya.

Ketika bangun tidur, sangat jelas terlihat mata membengkak namun perlahan akan hilang, jika tidak kunjung hilang. Kamu bisa menggunakan krim ekstrak kopi atau membuatnya sendiri dari ampas kopi. Kandungan senyawa asam klorogenik pada kopi mampu mengurangi pembengkakan temporer di sekitar mata.

Meremajakan Kulit Kepala dan Merawat Rambut

Pernahkah mengetahui kadar pH pada rambut, secara teori menggunakan produk rambut yang memiliki kadar pH lebih tinggi dari rambut dapat menyebabkan kusam, keriting dan rusak. Maka sangat aman menjadikan ampas kopi sebagai alternatif untuk merawat kulit kepala dan mengatasi masalah rambut.

Cara pengaplikasiannya pun tidaklah rumit, bilas rambut dengan kopi bersuhu normal kemudian gosok menggunakan ampas kopi. Metode pengaplikasian lainnya tidak masalah selama kopi langsung mengenai kulit kepala.

Efektif sebagai Rendaman Kaki

Masalah pada kulit kaki maka merendam kaki menjadi solusi efektif, menambahkan ampas kopi pada rendaman kaki malahan sangat membantu. Karena ampas kopi mampu membersihkan sel kulit mati dari telapak kaki, serta menstimulasi aliran darah pada bagian yang terendam.

Bagaimana cara tepat menggunakan rendaman kaki, sesuaikan dengan keinginanmu menggunakan air hangat atau pun air dingin. Rendam kaki dengan kopi dan jadikan ampas kopi untuk menggosok bagian kaki tertentu.

Mengencangkan Lemak Selulit Pada Kulit

Pada beberapa produk krim pelangsing ditemukan kandungan kafein dan ekstrak senyawa lain untuk membantu mengurangi selulit. Umumnya selulit ditemukan pada wanita, lemak yang tertimpan pada jaringan dibawah kulit dan keluar ke lapisan kulit sehingga terlihat bergelombang pada kulit bagian tubuh tertentu.

Apakah kandungan kafein pada produk krim pelangsing sama dengan kafein pada kopi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengaplikasikannya pada bagian kulit selulit. Namun yang jelas, ampas kopi mampu membantu menghaluskan kulit dan merangsang aliran darah, sehingga kulit menjadi kencang.

 

Perawatan Wajah Untuk Menghindari Jerawat

Terbentuknya jerawat di wajah karena sel kulit mati, wajah berminyak dan zat lain yang menyumbat pori-pori wajah sehingga mudah terjangkit bakteri penyebab jerawat. Menggosokkan wajah menggunakan ampas kopi dapat membersihkan sel kulit mati dan membuka pori-pori wajah.

Hal ini karena senyawa antioksidan, asam klorogenat, stimulan pada kopi mampu melawan jerawat dengan menjadikannya pembersih wajah.

 

 

Pernahkah kamu mencoba salah satu manfaat ampas kopi tersebut, atau adakah pengalaman lain menggunakan ampas kopi ala kamu.

sumber:
medicalnewstoday.com
img skinnyms.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.