7 PERTANDA KAMU TERLALU BANYAK NGOPI

Segala yang berlebihan itu tak pernah baik. Salah satunya adalah terlalu banyak minum kopi yang ternyata cukup ‘mengganggu’ stabilitas tubuh kita.

SEJAUH ini saya hanya mengalami satu kali gejala kurang menyenangkan karena terlalu banyak minum kopi. Kejadian itu terjadi beberapa tahun lalu di Bali waktu saya berkunjung ke beberapa kedai kopi dalam sehari untuk mencicipi ragam kopi di sana. Yang terjadi adalah kecemasan luar biasa dan gangguan tidur selama dua hari.

Setelah kejadian itu saya tak mau lagi mengulangi kejadian yang sama karena saya terlalu mencintai kopi dan harus menikmatinya secara cukup kalau tak mau berakhir menjadi musuhnya. Ingat tubuh normal manusia hanya bisa menerima 400 mg kafein perhari. Jadi jangan sampai berlebihan.

credit: unsplash.com

Untuk kamu yang mungkin pernah dan masih menduga-duga gejala yang pernah terjadi padamu akibat terlalu banyak ngopi, maka pada artikel yang disunting dari msn.com ini akan kami paparkan beberapa gejalanya.

Gangguan Tidur

Yang sini sudah pasti karena kafein biasanya memberikan reaksi yang aktif sehingga menyulitkan kita untuk  beristirahat. Jangankan minum kopi secara berlebihan, untuk beberapa orang minum kopi di atas pukul lima sore saja bisa menghancurkan waktu tidur normal.

Kehilangan Energi

Minum kopi di pagi hari memang memberikan energi yang menyenangkan. Tapi jangan salah, minum kopi yang terlalu banyak justru mampu menyedot habis energi karena bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Juga ini akan membuat kualitas tidurmu tidak baik dan tentu merusak energimu sepanjang hari.

credit: freepik

Mengalami Beberapa Gejala yang Tak Biasa

Jika kamu mendadak merasa tidak enak badan, pusing, lemas atau gejala lainnya bisa saja itu karena kamu kebanyakan minum kopi. Kafein yang masuk dalam jumlah besar akan memberikan reaksi tertentu pada tubuh yang kaget sehingga gejala tak menyenangkan tadi mendadak muncul.

Mendadak Asam Lambung

Minum kopi yang sehat dan dalam dosis yang cukup sama sekali tak mengganggu apapun. Namun jika terlalu banyak dosisnya, kopi yang bersifat acidic mampu memicu asam lambung dan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Mulas

Ini adalah gejala yang paling sering dialami mereka yang kebanyakan minum kopi. Minum kopi dalam jumlah besar apalagi dalam kondisi perut yang kosong sudah pasti akan menyebabkan mulas. Kopi juga mengandung serat yang sedikit banyak berperan dalam gejala ini.

credit: lifestylecoop.com

Stres dan Cemas

Kopi mampu meningkatkan level cortiso yaitu hormon utama yang dapat memicu stres. Jadi mengonsumsi kopi terlalu banyak mampu menyebabkan stres dan cemas yang berlebihan. Kamu pasti pernah merasa cemas, gelisah dan stres setelah ngopi? Ini sebabnya!

Dehidrasi

Kopi mampu memberikan deuretic effect yang berkaitan dengan sistem hidrasi tubuh kita. Tak jarang kita merasa sangat haus setelah mengonsumsi kopi. Nah, apalagi minum kopi terlalu banyak, tentu saja tubuh akan dehidrasi karena kita juga terpicu ke kamar mandi berkali-kali.

Artikel disunting dari msn.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Bener banget… Yang berlebihan apapun itu pasti akan berakibat tidak baik.
    Tips sehatnya salahsatunya adalah gunakan kopi yang baik, masih segar umur sangrai masih satu dua bulan dan kopi selalu digiling saat akan diseduh saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.