7 TRIK MEMBUAT KOPI COLD BREW SENDIRI

Penasaran kali pertama mencoba sajian kopi cold brew di kedai kopi, tentu teringin untuk membuatnya sendiri di rumah.

Mungkin sekilas kamu menganggap es kopi dengan kopi cold brew serupa, namun keduanya berbeda dari cara penyajiannya dan juga karakter rasa juga berbeda. Jika kebanyakan es kopi cara penyajiannya cenderung menggunakan sajian kopi panas kemudian didinginkan, tentu metode ini berbeda dengan kopi cold brew. Bahkan perihal karakter rasa, es kopi dan kopi cold brew memiliki kesan rasa khas masing-masing. Kesan rasa asam yang lebih halus akan ditemukan pada kopi cold brew, sedangkan es kopi akan menjanjikan kesan rasa yang kompleks tergantung single origin yang digunakan. Hal ini dijelaskan karena pada metode sajian es kopi, seduhannya menggunakan air panas sehingga ekstraksi rasa menyeluruh kemudian melalui proses pendinginan dan disajikan.

Sering sekali menjadi perbincangan, rasio berapa yang tepat untuk menyajikan kopi coldbrew, perihal rasio tidak ada teori pasti tergantung seperti apa kesan rasa yang diinginkan. Namun umumnya, banyak yang menggunakan rasio 1:8 untuk mereka membuat kopi cold brew. Masukkan bubuk kopi ke alat kopi favorit atau pun wadah toples biasa, tuang air dingin ke dalamnya, dan simpan minimal 8 jam di lemari pendingin kemudian saring ampas kopinya. Banyak tips yang mungkin akan kamu temukan, berikut ini sekilas trik untuk memaksimalkan sajian kopi cold brew kamu.

credit: jamieoliver.com

MEMAHAMI TEORI COLD BREW
Pada dasarnya membuat kopi cold brew bukan menuang kopi panas ke cangkir penuh es batu, melainkan menyeduhnya dengan air seduhan dengan suhu ruangan. Akan berbeda membuat kopi cold brew tanpa memahami teori dasar, sederhananya metode penyajian bubuk kopi yang direndam dan didinginkan kemudian disaring. Selanjutnya, akan sangat nikmat disajikan dengan es batu, karakter rasa akan semakin lembut.

SESEKALI COBALAH LIGHT ROAST
Tingkatan sangrai tentu akan memiliki pengaruh berbeda terhadap rasa bahkan bahkan pada skala lebih detail memiliki kandungan kafein yang berbeda. Jika banyak yang menganggap kopi cold brew memiliki kandungan kafein yang rendah, sesekali cobalah memilih biji kopi yang memiliki kandungan kafein yang tinggi. Tidak ada salahnya mencoba berbagai jenis tingkatan roasting, dan eksplorasi bagaimana perbedaannya.

PERHATIKAN GILINGAN BIJI KOPI
Faktanya seberapa halus biji kopi memberikan pengaruh terhadap ekstraksi akan rasa, tentunya bubuk kopi yang halus dengan bubuk kopi yang kasar memiliki perbedaan ekstraksi dan hal ini juga terkait dengan karakter rasa. Semakin halus bubuk kopi akan menciptakan karakter rasa yang lebih tajam, dan sebaliknya bubuk kopi kasar memungkinkan untuk hasilkan rasa yang ringan dan lembut.

MENGGUNAKAN ALAT KOPI LEBIH MUDAH
Pertimbangkan untuk menggunakan alat kopi ketika membuat sajian kopi cold brew, jika menggunakan teko tanpa filter mungkin akan rumit pada tahap penyaringannya. Sangat mungkin menggunakan alat kopi seperti french press karena bisa langsung memisahkan kopi dengan ampas kopi, atau menggunakan alat kopi cold brew dari Hario.

credit: capecoffeebeans

MANIPULASI RASA DENGAN BAHAN LAIN
Ingin memberikan kesan rasa yang berbeda untuk sajian kopi cold brew, sajikan dengan menambahkan sedikit bahan lain. Tidak salahnya menyajikan kopi cold brew dengan sedikit sirup favorit, atau pun bahan seperti gula merah, kayu manis, dan lainnya. Cobalah eksplorasi rasa kopi cold brew dengan menambahkan sedikit bahan yang membuat penasaran.

OPTIMALKAN ES BATU
Semakin memberikan kesan jika menggunakan es batu yang dibekukan dari sajian kopi, jika kopi cold brew kamu berlebih tidak ada salahnya membekukan sebagian untuk es batu. Tentu akan membuat perbedaan yang kentara, ketika menggunakan es batu kopi untuk sajian kopi cold brew.

EKSPERIMEN RASA
Jangan takut untuk eksplorasi rasa sajian kopi cold brew kamu, mulai dari penggunakan bubuk kopi, seperti apa gilingannya dan berapa jumlah air yang digunakan. Cari tau perbedaan seperti apa yang kamu rasakan, cobalah apa pun yang terlintas di benakmu untuk sajian kopi cold brew yang kamu buat sendiri di rumah.

Pernahkah membuat sajian kopi cold brew sendiri, adakah kesulitan ketika membuatnya?

Yuk saling berbagi!

sumber:
bustle.com cold brew hacks
healthline.com img

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.