8 LAGU TENTANG KOPI

Kopi adalah nikmat dalam tegukan. Sedangkan musik adalah candu dalam telinga. Lalu apa jadinya jika keduanya disatukan dalam irama?

BANYAK dari kita yang gemar menikmati secangkir kopi sambil mendengarkan lagu-lagi favorit. Bahkan kedai kopi tak terasa hidup jika tanpa alunan music-musik easy listening yang menebar damai yang hangat. Tapi tahukah kamu jika beberapa musisi juga terinspirasi membuat lagu tentang kopi yang kelak bisa kita dengarkan bersama saat menyeruput si hitam nikmat di mana saja? Lagu-lagu apa sajakah yang bercerita tentang kopi atau liriknya mengandung kata-kata ‘kopi’? Tanpa mau banyak bicara lagi berikut delapan lagu tentang kopi yang mungkin bisa menjadi teman ngopi kamu.

Foto dari cloudfront.net
Foto dari cloudfront.net

 

One Cup of Coffee – Bob Marley

Mungkin One Cup of Coffee bukanlah salah satu lagu terpopular Bob Marley. Tapi bukan berarti lagu ini tak nikmat untuk didengarkan saat coffee break tiba. Marley memang paling bisa membuat musik yang terasa pas bagi setiap telinga. Dan setelah mendengarkan lagu ini lebih dari sekali, maka saya merasakan candunya. Seperti kopi, menikmatinya tak cukup hanya sekali.

Coffee, Coffee, Coffee – Freedy Johnston

Lagu yang rada mellow ini menceritakan betapa ajaibnya kekuatan kopi untuk mereka yang menikmatinya. Sebuah lagu menyenangkan yang pas didengar saat sore bersantai.

The Coffee Song – Frank Sinatra

Musisi besar sekelas Frank Sinatra saja dengan ajaib menyanyikan lagu tentang kopi ini. Menurut saya The Coffee Song adalah lagu yang pas didengarkan saat di pagi hari. Ketika kamu bangun dan kemudian ingin menyeduh kopi, putar lagu ini dan rasakan semngat mengawali hari dengan lirik dan semangat yang ada pada tiap nadanya. Sebuah lagu bagus yang harus didengarkan semua pecinta kopi.

Foto dari npr.org
Foto dari npr.org

Short Double Latte – Combustible Edison

Sepertinya lagu ini memang diciptakan untuk menikmat café latte yang tahu benar bagaimana merayakan hidup. Café latte yang creamy, indah dan seimbang mungkin yang menginspirasi pencipta lagu ini membuat lagu ini. Oh iya, kenapa sesekali tidak mendengarkan lagu ini sambil bermain-main dengan milk jug, susu dan kopi?

You’re The Cream in My Coffee – Nat King Cole

Bahkan penyanyi sekelas Nat King Cole pun memilih lagu tentang kopi sebagai salah satu lagu yang dia nyanyikan Lagu ini sedikit mengingatkan kita bahwa seperti kopi, cinta juga perlu keseimbangan. Seperti pahit kopi yang membutukan krim. Seperti hidup yang tak melulu pahit saja.

One More Cup of Coffee – Bob Dylan

A wistful song about coffee. Diberkatilah Dylan yang membawakan lagu ini dengan begitu indah. Sebuah lagu yang menyenangkan khas penyanyi yang melegenda kejeniusan bermusiknya. Salah satu lagu kopi yang tak boleh kamu lewatkan.

Foto dari needsomefun.net
Foto dari needsomefun.net

Black Coffee – Ella Fitzgerald

Rasanya black coffee takkan pernah semelankolis ini. Ya, lagu yang satu ini mungkin akan membawa kamu sedikit ke titik sensitif dengan lirik dan iramanya yang mellow. Ah, Ella Fitzgeral memang paling bisa menggiring kopi menjadi santapan yang sentimental.

Black Coffee in Bed – Squeeze

Pernah dengar bahwa kopi memang baik diminum setelah bermalam panjang dengan alkohol dan kesenangan? Maka sepertinya lagu ini tercipta karena pengalaman pribadi penciptanya. Kopi memang paling baik mengusir sakit kepala akibat hangover dan inilah yang mungkin menjadi inspirasi lagunya diciptakan.

Inilah delapan lagu tentang kopi yang bisa menjadi teman ngopi kamu. Kalau ada lagu bertema kopi lainnya silakan beri tahu kami di kolom komentar ya. Selamat mendengarkan.

 

Foto dari boisecoffee.org

 

french-press

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

3 Comments
  1. Di abad ke-18, Johann Sebastian Bach juga menuliskan kantata khusus untuk kecanduan kopi. Diberi judul “Schweigt stille, plaudert nicht (Be still, stop chattering)” BWV 211, tapi lebih dikenal dengan “Coffee Cantata.” Karya ini ditulis antara tahun 1732 dan 1735 di Leipzig, Jerman untuk sebuah ensembel musik di warung kopi Zimmermann.

  2. Mungkin untuk belakangan ini ada musisi terkenal bernama Ed sheeran juga memiliki lagu dengan tema kopi dan judulnya adalah Cold Coffee, cocok untuk para pecinta kopi yang mungkin menginginkan thema lagu agak melow dan modern

Leave a Reply

Your email address will not be published.