9 CARA AGAR KAMU JADI PELANGGAN FAVORIT PARA BARISTA

Jika kita memiliki barista dan kedai kopi favorit. Maka barista juga memiliki para pelanggan kedai kopi favorit mereka.

BARISTA juga manusia. Oleh karena itu, selayaknya manusia pastilah memiliki sesuatu yang difavoritkan, terutama penikmat kopi yang kerap datang di kedai kopinya. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menjadi pelanggan favorit para barista. Salah satunya adalah menu kopi rahasia yang bisa diberikan padamu cuma-cuma, atau diskon istimewa yang diberikan kepada kamu saja. Lalu bagimana menjadi pelanggan favorit barista ini? Berikut 9 cara sederhananya.

Tidak Menggurui

Pelanggan yang baik adalah mereka yang memberi kritik membangun, bukan menggurui semena-mena dan memberi pendapat yang judgemental sana-sini. Jika ada yang tidak sesuai dengan pesanan kamu bisa bertanya langsung kepada barista tanpa menggurui apalagi marah-marah. Komunikasi diperlukan agar terbangun hubungan yang dinamis antara barista dan pelanggannya.

Credit : cdn-images-1.medium.com
Credit : cdn-images-1.medium.com

Tidak Berisik

Banyak pelanggan yang datang ke coffee shop yang sering khilaf dan lupa karena terbawa suasana. Oleh karena itu, mereka seringnya berisik dan membuat riuh sehingga mengganggu para pengunjung lain dan tentunya membuat barista tidak nyaman. Jadilah pelanggan yang menyenangkan dengan tidak berisik dan mengganggu meja sebelah. Seru-seruan di kedai kopi boleh saja, harus malah. Tapi kalau sudah mengganggu ‘kan jadinya tidak sedap dipandang mata dan didengar telinga.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Sering kita melihat sampah tisu yang dibiarkan bertebaran begitu saja. Juga tak jarang abu di asbak rokok berserakan hampir memenuhi seluruh penjuru meja. Memang akan ada orang yang membersihkan meja setelah kamu tempati. Tapi tak ada salahnya juga kan tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Meringankan pekerjaan para waitress di kedai kopi juga tak ada salahnya.

Memberi Tip

Siapa yang tidak suka diberi tip? Tip dinilai bukan hanya karena nominalnya saja, karena sudah pastilah tidak seberapa. Tip buat barista berarti adalah sebuah apresiasi atas apa yang telah mereka kerjakan. Jika kamu ada sedikit rezeki atau kopi yang kamu teguk mampu membuat harimu sedikit lebih baik tak ada salahnya kan berbagi sedikit kebahagiaan dengan para barista.

Credit : ytimg.com
Credit : ytimg.com

Selalu Tersenyum

Senyum itu ibadah. Senyum juga mampu melebur jarak dan kekakuan yang ada. Tak ada salahnya memberi senyum kepada para barista jika kamu sedang memesan kopi di kasir. Senyum itu menularkan kebahagiaan. Dan dengan tersenyum siapa tahu kamu sedikit memberi kebahagiaan bagi para barista yang telah menjalani hari yang berat.

Selalu Mengatakan “Terima Kasih”

“Terima kasih” memang hanya dua patah kata sederhana. Tapi percayalah dua kata ajaib ini akan mengubah sudut pandang seseorang tentang dirimu terutama para barista. Ucapkan terima kasih saat kopi yang dipesan datang tak ada ruginya, bukan?

Tidak Boros Tempat

Maksud dari poin ini adalah kamu memilih meja yang memiliki space yang memang kamu butuhkan. Misalnya jika kamu hanya datang sendirian saja dengan laptopmu, maka tak ada salahnya memilih duduk di meja yang disediakan untuk seorang saja, daripada memilih duduk di meja yang seharusnya diisi 2-4 orang. Jika kedai kopi sedang tak penuh hal itu pasti tak jadi masalah. Tapi jika sedang penuh barista biasanya ikut turun tangan untuk memastikan semua pelanggan mendapatkan tempat yang nyaman. Jadilah manusia yang cermat dan tidak egois.

Credit : incontinencelifestyle.com
Credit : incontinencelifestyle.com

Tidak Bossy

Pelanggan adalah raja, tapi bukan berarti kamu berhak menyuruh ini itu dengan banyak permintaan yang sudah kelewat batas. Para barista sudah pasti ingin membantu semua yang kamu butuhkan dengan semaksimal mungkin. Tapi kamu juga harus ingat bahwa pelanggan di kedai kopi itu bukan kamu seorang saja.

Selalu Setia

Barista sangat senang dengan para pelanggan yang kerap datang rutin ngopi di coffee shop tempat mereka bekerja. Wajah-wajah familiar yang begitu bahagia setelah diberi secangkir kopi. Tak hanya itu kesetiaan mereka juga diwujudkan dari seringnya hadir di event yang diadakan kedai kopi dan mendukung apa saja yang ada di kedai kopi tersebut.

 

Foto utama dari dublinbaristaschool.ie

barista-tools

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.