ACARAKI JAMU : SAAT JAMU DIRAMU DENGAN ALAT-ALAT KOPI

Jika kamu menganggap bahwa alat seduh kopi hanya bisa dipakai untuk menyeduh kopi, maka kamu harus mampir ke sebuah kafe jamu bernama Acaraki Jamu.

KALI ini saya tidak akan mengulas tentang sebuah kedai kopi baru yang diperuntukkan penikmat kopi. Tapi sebuah kafe yang menyajikan jamu dengan alat-alat kopi yang biasa dipakai untuk menyeduh kopi. Jika selama ini kita membayangkan jamu dijual di atas punggung para perempuan atau dikayuk di sepeda, maka Acaraki Jamu mengangkat jamu ke level berbeda.

Peringgahan saya ke Acaraki Jamu berawal saat saya berkunjung ke Wisata Kota Tua Jakarta. Saat berkeliling saya melihat sebuah kedai di Gedung Kerta Niaga. Saya lihat dari luar banyak alat-alat kopi terpajang di sana, tetapi di tulisannya ada kata ‘jamu’. Apakah gerangan? Ternyata Acaraki Jamu adalah kedai jamu yang menyajikan jamu dengan menggunakan alat kopi. Brilliant!

Kafe ini menggunakan metode manual dalam menyajikan jamunya. Mulai dari french press, hario V60, Eva Solo, Flair Espresso Maker hingga Rok Presso. Juga ada aneka cold brewer yang duduk manis di sana. Saya sempat bingung bagaimana alat-alat kopi ini bisa menghasilkan jamu. Eh rupanya, cara kerjanya hampir mirip seperti menyeduh kopi. Hanya saja yang diseduh aneka rempah bukan kopi seperti biasa.

Sebelum diseduh beberapa rempah seperti kunyit, kencur dan rempah-rempah lainnya disangrai dengan mesing sangrai Gene Cafe yang katanya mereka beli dari Otten Coffee. Kemudian rempah yang sudah disangrai digiling dengan electric grinder. Setelah itu lalu diseduh dengan alat seduh manual.

Menurut sang pemilik yang bernama Jony ini kedainya memang masih sangat baru dan memerlukan banyak sekali eksperimen. Mereka juga ingin membeli mesin espresso karena ternyata rempah-rempah juga bisa diekstakraksi seperti espresso untuk menghasilkan jamu yang lebih pekat.

Setelah puas ngobrol dan melihat aneka alat kopi di seluruh kafe jamu ini, saya pun tergiur memesan Sparkling Iced yang nama menunya adalah Golden Sparkling. Golden Sparkling terdiri atas kunyit asam yang diracik dengan menggunakan Flair Espresso Maker agar ekstrak jamunya keluar. Nah setelah itu ditambangkan sparkling water. Saya kaget dengan rasanya yang ternyata enak dan segar! Dan yang terpenting ini sehat karena lahir dari rempah-rempah.

Selain itu ada juga Beras Kencur yang diseduh dengan french press. Yang ini tak kalah asyiknya juga. Rasanya ‘lokal’ banget tapi menikmatinya di sebuah kafe bagus dengan kenyamanan yang luar biasa. Di sini banyak sekali turis internasional dan seketika saya merasa sedang tidak di Indonesia. Ha-ha-ha.

Oh iya, pemilik kafe Mas Jony ini menciptakan aneka single origin Jamu juga dan tetap mengembangkan menu-menu mereka. Karena masih sangat baru jadi diperlukan beragam eksperimen agar aneka jamu bisa dinikmati sama seperti orang-orang menikmati kopi. Untuk kamu yang penasaran dengan kafe jamu yang menggunakan alat-alat kopi, jangan lupa mampir ke Acaraki Jamu.

Acaraki Jamu

#jamunewwave

Gedung Kerta Niaga 3, Kota Tua,

Jalan Pintu Besar Utara No.11

Wisata Kota Tua Jakarta

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.