ADAKAH PERUBAHAN KEBIASAAN NGOPIMU SELAMA PANDEMI?

Tak terasa November 2020 sudah lewat setengah. Adakah perubahan baik yang terjadi di ritual ngopimu selama pandemi melanda?

KAMI melakukan survei kecil-kecilan bersama 50 orang koresponden yang terdiri atas peminum kopi pemula, pecandu kopi, pebisnis kopi dan peminum kopi sesekali. Kami tanyakan beberapa pertanyaan perihal perubahan kebiasaan ngopi selama pandemi ini.
Dari jawaban para koresponden yang berbeda latar belakang dalam urusan perkopian, banyak yang mengaku mengalami perubahan tertanda dari Maret hingga November 2020 ini. Adapun beberapa poin yang kami simpulkan dari jawaban mereka adalah sebagai berikut:

 

credit: unsplash.com

 

• Lebih sering ngopi. Mereka mengaku lebih rutin ngopi selama pandemi dari sebelum pandemi. Dulu waktunya tidak menentu. Sekarang ada rutinitas di hari dan jam tertentu dalam urusan ngopi.
• Banyak yang pada akhirnya memutuskan untuk berinvestasi alat seduh sederhana di rumah. Hal ini dipicu kekhawatiran untuk keluar rumah dan mencegah terpapar virus. Ada pula yang sebagian melakukan ini agar tak bosan di rumah.
• Kebanyakan menikmati kopi menggunakan jasa ojek online. Selain agar tak kontak langsung dengan orang lain, kebanyakan koresponden melakukan ini karena ingin membantu para driver ojek dan juga tergiur diskon.
• Pebisnis mengaku lebih kreatif. Mulai dengan seringnya mengeluarkan menu yang relevan. Misalnya minuman sehat, hingga bermain di promo untuk memikat pelanggan.
• Peminum kopi rutin meningkat jumlahnya. Dan saat new normal dimulai kebanyakan koresponden sudah berani ngopi di kedai kopi yang menerapkan protokol kesehatan! Dan peminum kopi lebih memilih ngopi di kedai kopi yang baristanya mengenakan masker, face shield dan sarung tangan.
credit: unsplash.com

Demikianlah rangkuman perubahan ritual ngopi dari survei kecil-kecilan kami yang kami lakukan di beberapa kota. Yang lebih mengejutkan adalah banyaknya bermunculan kedai kopi baru yang berani beradu nasib di saat pandemi seperti ini. Itu menunjukkan bahwa geliat industri kopi kita tak surut semangatnya meski di hantam badai covid-19. Kalau kamu bagaimana? Adakah perubahan yang terjadi? Yuk bagi pengalamanmu di kolom komentar!

Foto utama dari unsplash.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.