ADAM FAIRWEATHER MENGUBAH AMPAS KOPI MENJADI KURSI

Banyak yang tahu bahwa ampas kopi bisa diolah menjadi lulur, pengharum ruangan dan banyak lagi. Tetapi hanya Adam Fairweather yang secara jenius mampu mengubah ampas kopi menjadi perabot berguna lainnya.

KOPI bagaimanapun nikmatnya selalu menghasilkan ampas setelah diseduh. Banyaknya peminum kopi di dunia yang mengonsumsi minuman ini setiap hari tentunya berbanding lurus dengan banyaknya jumlah ampas yang terbuang percuma. Well, sebenarnya tak melulu percuma karena ampas kopi banyak diolah kembali menjadi aneka produk. Mulai dari produk kecantikan hingga kebutuhan rumah tangga. Mengolah ampas kopi tak lepas dari kesadaran masyarakat tentang kampanye zero wasting coffee yang digalakkan semarak akhir-akhir ini. Tapi tampaknya seorang desainer asal Inggris melirik isu ‘ampas kopi’ ini menjadi lebih serius (dan juga keren). Dengan kejeniusannya, dia berhasil mengubah ampas kopi menjadi furniture yang cantik dan tentunya layak guna. Bagaimana bisa?

Credit: inhabitat.com
Credit: inhabitat.com

Tentu saja bisa. Adam Fairweather yang juga mendirikan sebuah perusahaan non-profit bernama Re-Worked berhasil menciptakan aneka perabotan cantik dari ampas kopi. Re-Worked sendiri adalah sebuah perusahaan desain dan teknologi yang memang mengkhususkan dirinya kepada hal-hal sifatnya eco-friendly, go-green dan recycling. Untuk membuat sebuah kursi dari ampas kopi, Adam bersama timnya menciptakan sejenis papan yang solid yang terbuat dari ampas kopi dan plastic sisa pembuangan limbah atau aneka plastik buangan yang sudah tak terpakai lagi. Re-Worked bekerja menciptakan potongan-potongan ‘papan’ yang diberi nama Curface (dibaca surface). Potongan-potongan inilah yang kemudian dibuat menjadi aneka perabotan mulai dari kursi, meja hingga rak serba guna.

Credit: inhabitat.com
Credit: inhabitat.com

Meskipun curface terbuat dari ampas kopi, namun kualitasnya tidak kalah dengan perabot yang terbuat dari bahan lazim lainnya. Perabot dari ampas kopi ini terbukti kokoh, tidak mudah rusak, anti-air, dan bahkan anti-gores pula. Jadi bisa dibayangkan bagaimana teknologi mengubah ampas yang terlihat begitu rapuh mendadak berubah bentuk menjadi produk jadi yang kokoh. Sebelum menciptakan perabotan dari ampas kopi ini, Adam bersama Re-Worked telah beberapa kali menghasilkan produk lain yang juga terbuat dari ampas kopi seperti garden fertilizer, cangkir kopi dan juga mainan anak-anak.

dornob.com
dornob.com

Adam Fairweather dan perusahaannya mengatakan bahwa mereka takkan pernah berhenti berinovasi untuk menciptakan aneka produk yang terbuat dari ampas kopi. Karena semakin banyak penikmat kopi tentu makin besar pula konsumsi terhadap kopi. Semakin besar konsumsi terhadap kopi, makin banyak pula ampas kopi yang dihasilkan.

Wah seru juga ya jika suatu hari kita menikmati kopi dari cangkir yang terbuat dari ampas kopi beserta kursi yang diduduki yang terbuat dari ampas kopi juga.

Artikel dan foto dari inhabitat.com

cari-kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.