AILLIO BULLET COFFEE ROASTER, CARA ROASTING KOPI SEDAP

Bagaimana cara roasting kopi sedap dengan Mesin Roasting Kopi dari Aillio Bullet Coffee Roaster.

SEBELUMNYA saya pernah mengulas tentang performa dan fitur dari Mesin Roasting Kopi yang bentuknya unik ini. Perihal sangrai biji kopi tentu para roaster lebih ahli mengkreasikannya, namun izinkan saya mengulas secara singkat seperti apa cara kerja Aillio Bullet Coffee Roaster. Biji kopi akan disangrai tepat sesuai pendekatan variabel roasting berdasarkan preferensi kamu. Terkait hal ini, semoga ulasan ini menambah wawasan dan menjadi artikel rintisan untuk membantu saling diskusi menemukan profil roasting terbaik dengan alat roasting kopi favorit kamu.

Mesin sangrai kopi atau lebih dikenal dengan mesin roasting kopi memiliki tata cara yang sama secara umum. Sebelum benar-benar mengoperasikannya, beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan;

  • Memastikan tingkat kadar air, tiap roastery memiliki caranya tersendiri sehingga tidak ada skala khusus untuk tingkat kelembapan yang ada pada biji kopi. Secara umum proses sangrai dilakukan ketika tingkat kadar air biji kopi pada 11%. Cara menghitung tingkat kelembapan pun berbeda-beda, ada yang berdasarkan intuisi dan ada juga agar lebih pasti dan presisi menggunakan alat coffee moisture density analyzer.
  • Mengenali karakter biji kopi yang akan diroastin sangat penting, sehingga mudah melakukan pendekatan untuk menentukan rasa kopi yang terbaik dari green bean. Pengalaman dan teori akan mengajarkan pola roasting yang tepat dan bagaimana menciptakan karakter rasa nikmat dan meminimalisir karakter rasa yang kurang nyaman.
  • Setelah semua proses sudah dipersiapkan, green bean akan dimasukkan ke dalam mesin roasting kopi dan kemudian dimulai pemanggangan green bean menjadi biji kopi. Akan ada perubahan warna akibat proses maillard reaction; hijau ke kuning menjadi kuning kecoklatan terus ke coklat muda dan coklat tua selanjutnya coklat kehitaman tahap akhir menjadi hitam.
  • Proses tahapan yang menentukan profil roasting biasanya menghitung sesi letupan selama roasting dan perubahan warna biji kopi. Untuk mencapai konsistensi hasil roasting, akan dilihat dari warna biji kopi, suhu roasting dan durasi roasting.

Tata cara roasting kopi berdasarkan tahapannya demikian dilakukan secara umum oleh para roaster. Jika ada yang berbeda umumnya improvisasi berdasarkan pengalaman atau mungkin menyesuaikan fitur dari mesin roasting yang digunakan.

Tips roasting kopi menggunakan mesin Aillio Bullet Coffee Roaster

Menggunakan mesin sangrai Aillio Bullet untuk pertama kali sangat direkomendasikan membaca buku petunjuk hingga paham. Sehingga memudahkan selama persiapan dan proses menyangrai green bean.

  • Berapa banyak biji kopi yang akan kamu roasting?

Untuk tahap awal membiasakan ruang kerja beradaptasi dengan panel kontrol dan juga mengenal tiap tahapan selama prosesnya. Baiknya menyortir green bean dan menjadikannya beberapa sampel untuk di roasting sekitar 350gram atau 500gram per sampelnya.

  • Temperatur seperti apa ketika preheat?

Secara umum sebelum menggunakan perangkat mesin tentu penting melakukan pemanasan. Untuk mesin roasting pemanasan ini dilakukan berdasarkan kapasitas green bean yang akan disangrai. Penting menentukan temperatur suhu untuk pemanasan, hal ini terkait potensi rasa yang tercipta

Bagaimana memilih pengaturan daya energi untuk roasting?

Mesin roasting Aillio Bullet merupakan mesin bertenaga, kamu bisa melakukan roasting secara cepat. Kemudian pengaturan tenaga mesin roasting yang digunakan berdasarkan berapa tingkat suhu ketika pemanasan.

Sekilas kamu bisa melihat tabel berikut, rekomendasi ketika menggunakan mesin roasting kopi Aillio Bullet, bisa juga disesuaikan berdasarkan preferensi kamu.

 

Kapasitas gramasi Pengaturan Preheat Pengaturan Tenaga
350gram 200C-240C P5-P7
500gram 230C-275C P6-P8
750gram 275C-310C P8-P9
1000gram 310C P9

Selanjutnya, kamu bisa menentukan pengaturan mana yang menurutmu sesuai untuk menciptakan potensial rasa dari green bean yang akan kamu sangrai. Seberapa cepat sirkulasi udara yang dibutuhkan, seberapa cepat wadah penampung biji kopi (drum), durasi roasting dan seberapa gelap biji kopi yang kamu inginkan. Bagaimana menurut kamu, yuk diskusi terkait penyangraian kopi.

Catatan: Untuk penggunaan mesin roasting kopi yang optimal baiknya membaca buku petunjuk manual hingga selesai dan paham.

disadur dari aillio.medium.com

mesin roasting kopi terbaik

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.