AIR SENIMU BERAROMA KOPI. NORMALKAH?

Banyak dari kita yang mengalami buang air kecil yang aroma air seninya mendadak beraroma kopi. Hal itu ternyata ada alasannya.

AWALNYA saya kurang paham kenapa waktu buang air kecil, air seni saya mendadak beraroma kopi. Saya pikir itu adalah hal yang biasa. Apa yang dikonsumsi, ya begitulah yang akan keluar. Namun hal ini ternyata tidak terjadi sekali. Aroma kopi yang kentara pada air seni beberapa kali saya alami terutama saat saya memang mengonsumsi kopi dalam kadar yang lebih besar dari biasanya.

Setelah mencari tahu dari beberapa riset dan bertanya pada seorang teman yang berprofesi sebagai tenaga medis, saya baru paham bahwa ini lumrah adanya. Urin atau air seni mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh dari darah melalui ginjal kita. Zat yang tidak diperlukan tubuh inilah yang membawa aroma kopi tadi pada air seni kita. Sesungguhnya bukan aroma kopi saja yang bisa terbawa, aroma-aroma lain pun bisa memengaruhi aroma dan warna urin tergantung dengan apa yang kita konsumsi.

Menurut salah satu artikel dari situs healthline.com, penyebab utama air seni beraroma seperti kopi adalah karena terlalu banyak mengonsumsi kopi. Kopi seperti diketahui mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat bagi tubuh kita seperti polifenol beserta asam hidroksisinamatik, yang memberikan aroma khas juga manfaat bagi kesehatan. Dan ketika senyawa ini dipecah dan lebur di dalam tubuh kita, maka dia menjadi ‘sampah’ yang biasa dikenal dengan sebutan metabolit. Beberapa dari metabolit inilah yang kemudian dikeluarkan melalui urin. Metabolit dari senyawa di dalam kopi ini memiliki peran besar membuat air seni kita beraroma seperti kopi.

Secara umum aroma kopi pada air seni manusia tidaklah berbahaya selama kita masih meminum kopi tidak lebih dari 400 miligram kafein perhari atau sekitar 4-5 cangkir kopi. Jika kita minum kopi agak banyak dari dosis kita biasa sangan disarankan untuk mengimbanginya dengan air putih agar tidak menimbulkan dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, air seni akan berubah menjadi lebih pekat. Dan saat lebih pekat aromanya juga akan ikut berubah.

Namun jika air senimu kerap beraroma kopi berhari-hari dan bahkan aromanya lebih mengarah ke bebauan manis, sebaiknya kamu memeriksakan ke dokter. Air seni yang beraroma manis mengindikasikan mungkin saja kamu terkena gejala diabetes.

 

Artikel dari healthline.com dan beberapa sumber

Foto utama dari unsplash.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.