AKHIRNYA NGOPI DI CHYE SENG HUAT HARDWARE SINGAPORE!

Kedai kopi yang baik menurut saya sederhana saja: memberi nyaman baik soal rasa maupun suasana. Dan Chye Seng Huat Hardware, memberikan keduanya.

Selamat datang di Chye Seng Huat Hardware!
Selamat datang di Chye Seng Huat Hardware!

TERIMA kasih untuk media sosial yang karenanya saya bisa mengepul keinginan untuk mengunjungi coffee shop keren yang tersebar di seluruh kota. Dan Singapura adalah salah satu tempat berkumpulnya aneka kedai kopi beragam konsep dan tentunya cita rasa. Meskipun sudah sering ke Singapura orang-orang pasti mampu menemukan kebaruan yang seru dan salah satunya adalah berburu kafein dengan coffee shop hopping yang sepertinya tak habis-habis dijalani.

Dari luar terlihat seperti toko biasa.
Dari luar terlihat seperti toko biasa.

Salah satu kedai kopi yang ingin saya datangi di Singapura adalah Chye Seng Huat Hardware. Banyaknya review bagus soal tempat ngopi yang satu ini membuat saya penasaran ingin mampir. Akhirnya, keinginan pun diwujudkan meski tak secepat kedipan mata. Dari luar Chye Seng Huat Hardware ini terlihat seperti toko hardware. Gedung khas peranakan berlantai dua yang sekilas pandang hanya seperti toko-toko biasa. Tetapi jangan tertipu, kawan. Saat masuk ke dalam saya meyaksikan pemandangan yang sama sekali berbeda. Sebuah kedai kopi high end dengan lighting dan desain apik nan modern menjungkirbalikkan kesan toko yang dibangun di gedung tua. Luar biasa!

14
Syenesso menghasil kopi-kopi enak.
Ngopi paling nikmat sama orang tersayang.
Ngopi paling nikmat sama orang tersayang.

Singapura siang itu sedang panas-panasnya. Saya dan seorang sahabat tentulah takkan mau duduk di bagian outdoor. Saat membuka pintu kami langsung disambut oleh espresso machine idola Synesso yang betengger manis di coffee bar pas menghadap pintu. Ruangan kedai penuh pengunjung. Coffee bar yang berada di tengah-tengah ruangan dan berbentuk lingkaran ini serasa panggung pertunjukan. Sedap benar dipandang. Sayang saat itu kami tidak bisa duduk di depan coffee bar dikarenakan penuh pengunjung. Tak apalah, bisa ngopi di sini saja sudah bahagia.

chye-seng-huat-hardware-singapore
Semua orang tumpah ruah menikmati kopi enak.

Saatnya memesan kopi yang dari tadi membuat penasaran. Saya memesan secangkir café latte dan filter coffee dari single origin Panama. Oh iya, Chye Seng Huat Hardware memakai biji kopi dari Papa Palheta yang sudah tersohor itu. Selain kopi, cake dan kue-kue tradisional cukup menggoda untuk tak dicoba. Kami mencoba butter croissant dan quiche of the day yang rasanya gurih dan membuat jatuh hati. Sambil menyesap kopi yang nikmat ini, saya memerhatikan sekeliling.

Single origin Panama dan butter croissant.
Single origin Panama dan butter croissant.
Coffee bar di tengah-tengah kedai kopi.
Coffee bar di tengah-tengah kedai kopi.

Kedai kopi ini benar-benar dibuat dengan pemikiran yang tak sembarangan. Tata letak ini dan itu, susunan kursi-kursi dan meja serta keberadaan coffee bar di tengah-tengah pastilah bukan sesuatu yang lahir begitu saja. Tempat ini tak luas, tetapi mampu menampung banyak pengunjung. Susunan mesin kopi, penggiling kopi, alat-alat seduh manual seperti chemex, pour over V60, Kalita Wave, Aeropress dan lain-lain terasa begitu sempurna.

It's cafe latte, guys!
It’s cafe latte, guys!
Semua kenikmatan berawal dari sini.
Semua kenikmatan berawal dari sini.

Tak hanya kedai kopi, Chye Seng Huat Hardware adalah coffee school, roastery dan juga memiliki private tasting room. Ruang roasting berada di gedung terpisah di sisi kiri bangunan utama. Dan dari jendela kaca saya bisa melihat mesin roasting Probat terduduk manis di sana. Tak hanya itu, di bagian belakangnya terdapat gerai Papa Palheta. Kamu bisa membeli biji kopi, souvenir, buku-buku tentang kopi di gerai tersebut. Wah lengkap juga ya.

Looks so yummy!
Looks so yummy!
Outdoor area!
Outdoor area!

Puas berkeliling-keliling kedai kopi yang ternyata tak sekecil yang saya duga, akhirnya saya pengin mencoba kopi yang lain. Jadilah saya dan sahabat sepakat mencoba Nitro Coffee. Duh guys, nitro coffee-nya serasa meluruhkan semua penat di kepala. Chye Seng Huat Hardware ini benar-benar membuat kebahagiaan bertambah dua kali lipat dengan semua hal menyenangkan yang ada padanya. Sayang kami tidak sempat mencoba menu brunch dan main course lainnya dikarenakan siang itu sudah makan di tempat sebelumnya. Konon salami sandwich dan ham omelette-nya adalah dua menu yag tak mungkin dilewatkan. Ah, semoga dalam waktu dekat bisa kembali dan mencoba beragam kenikmatan yang lebih banyak lagi.

Yuk belanja biji kopi!
Yuk belanja biji kopi!

Chye Seng Huat Hardware

150 Tyrwhitt Road

Singapore 207563

Selasa – Kamis : 09.00  – 19.00

Sabtu – Minggu : 09.00 – 22.00

 

PAKET CAFE

 

1,084 total views, 12 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.