ALASAN MENGAPA HARUS MENGGUNAKAN CANGKIR REUSEABLE

Semakin ke sini, era kopi menjadi sangat erat di kehidupan, hampir di tiap aktifitas seseorang, kopi menjadi teman untuk banyak hal. Karena hal ini industri kopi semacam mengambil penting, kemungkinan dampak negatif seperti apa saja yang nantinya dapat ditimbulkan dari gaya hidup minum kopi ini.

KOMODITAS kopi semacam ladang emas sekarang ini, bahkan dari zaman dulu pun memang demikian, kopi merupakan aset yang mendatangkan profit untuk membangun perekonomian. Yang menjadi permasalahan, masih banyak siklus yang tak sehat pada praktek rantai penjualan kopi ini. Dampak negatif ini, perlahan diminimalisir dengan kampanye fair trade yang selalu disuarakan pelaku kopi. Setidaknya, dapat meminimalisir kemungkinan para tengkulak bermain di harga jual kopi dan para petani kopi pun harapannya memiliki wawasan akan biji kopi yang mereka jual, apakah itu langsung atau melalui perantara. Sangat miris jika terdengar, petani kopi tidak mengetahui, ternyata biji kopi yang mereka jual merupakan biji kopi yang berkualitas. Bukan hanya kampanye fair trade yang banyak disuarakan di banyak negara, bahkan beberapa koperasi serikat petani kopi mengambil peduli isu ini.

Paling terkini, di beberapa negara sudah banyak yang mempertimbangkan bagaimana daya tahan tanaman kopi menghadapi ekstrimnya iklim. Dengan melakukan penelitian dan uji, berharap akan tercipta benih kopi unggul yang lebih kuat menghadapi penyakit tanaman dan juga iklim yang tak tentu. Hal ini, merupakan upaya yang dilakukan pelaku kopi di banyak negara, dengan mengingat proyeksi komoditas kopi akan semakin meluas di segala aspek, seperti penikmatnya yang akan semakin banyak ataupun aspek lainnya. Inilah mengapa, menjadi penikmat kopi ataupun pemilik kedai kopi setidaknya mengerti secara sederhana ke mana akhir dari ampas kopi nantinya, ke mana akhir cangkir plastik yang tak digunakan lagi, atau permasalahan lainnya.

credit: knilab.com

Sekilas, mengapa penikmat kopi harus menggunakan cangkir reusable

Mengurangi Limbah Cangkir Plastik
Di Inggris setiap 2 menit, ada penelitian yang menghitung sekitar 10.000 cangkir plasti menjadi limbah dan merugikan lingkungan pastinya. Walaupun banyak di antara cangkir plastik tersebut bisa di daur ulang, tapi butuh waktu yang lama untuk proses daur ulang tersebut. Bahkan, secara perhitungan sekitar 2,5 miliar cangkir plastik yang dibuang ke tempat sampah, ke mana akhirnya. Ini hanya di inggris, bagaimana dengan kondisi cangkir plastik dari sajian kopi.

Mengurangi Penggunaan Sumber Daya
Setidaknya menggunakan cangkir reuseable dapat mengantisipasi penggunaan sumber daya yang lain. Untuk beberapa kedai kopi pada standar sajian kemasan mereka, ada yang menggunakan kertas karton, dan kertas karton ini tidak bisa di daur ulang, perlu yang baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Studi kasus di Inggris, kebiasaan minum kopi take away mereka diperkirakan tiap tahun membutuhkan 100.000 pohon akumulasi dari kertas karton yang digunakan dalam sajian kemasan.

Lebih Hemat Dengan Cangkir Reuseable
Di beberapa kedai kopi besar yang menerapkan konsep take away pada sajian mereka, ada yang sudah sadar dan menerapkan keringanan harga bagi pengunjung yang membawa cangkir reuseable mereka sendiri. Dan dari sini, kedai kopi akan memberikan potongan harga khusus sebagai bentuk apresiasi dan juga sebagai aksi untuk mengurangi limbah cangkir kopi pastinya.

Menjaga Kopi Tetap Hangat Untuk Dinikmati
Dan pada umumnya, cangkir reuseable dibuat dengan bahan-bahan khusus yang dapat menjaga kopi tetap hangat, sangat berbanding terbalik dengan penggunaan cangkir plastik yang sering digunakan. Kopi yang tetap hangat, tentunya akan lebih nikmat.

credit: delicious.com.au

Profil Rasa Kopi Lebih Nikmat
Malahan, dengan menggunakan cangkir reuseable lebih menjaga kenikmatan dari rasa kopi itu sendiri. Jangan heran ketika minum kopi denga cangkir plastik, ada kesan rasa yang aneh, walaupun tidak kesemua cangkir plastik, tapi ada yang demikian. Cangkir reuseable menjaga rasa kopi tetap nikmat.

Stylist
Wah, sebenarnya penggunaan cangkir reuseable seakan memanjakan penikmat kopi, selain bagus reka desainnya sangat stylist untuk dibawa ke mana-mana. Produsen cangkir reuseable seperti berlomba memberikan yang terbaik yang bisa mereka lakukan, dari kualitas bahan dan juga dari desain yang begitu fancy.

Proyeksi dari tahun ke tahun, penikmat kopi akan bertambah namun hal ini juga harus diimbangi dengan wawasan yang selaras agar sama-sama, walaupun sebagai penikmat kopi tapi tetap menjaga keutuhan rantai industri kopi ini.

src: spoonuniversity.com img: touchofmodern.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.