ALASAN PECINTA KOPI MEMILIH MOKA POT

Begitu banyaknya alat kopi, mengapa harus moka pot, setidaknya moka pot mampu mememenuhi hasrat ngopi para pecinta kopi.

SEKILAS moka pot memiliki daya tarik yang unik dengan desainnya serupa cerek kecil. Di tengah era third wave coffee dengan banyaknya inovasi alat seduh kopi yang diproduksi, moka pot selalu memiliki tempat bagi para penggemarnya. Sisi moka pot yang terbentuk dari desain oktagon telah menembus waktu hingga sekarang, sejak diciptakannya pada tahun 1933 moka pot menjadi alat kopi wajib di tiap rumah pecinta kopi di banyak negara. Dengan sejarah panjang dari moka pot dan bentuk rupa yang menarik dari alat kopi ini, moka pot semakin diincar oleh pecinta kopi.

Untuk beberapa orang mungkin agak sulit berkenalan dengan alat kopi satu ini. Tiap orang tentunya berbeda memaknai ritual ngopi harian mereka, ada yang hanya sekedar membancuh bubuk kopi dengan air panas, ada juga yang mengalirkan air panas ke bubuk kopi, dan moka pot adalah cara unik untuk seduh kopi di rumah. Tidak heran, jika beberapa orang menganggap alat seduh moka pot sulit untuk digunakan, dan tidak sedikit yang kerepotan ketika seduh kopi pertama kali dengan alat moka pot. Padahal, ritual seduh kopi dengan moka pot sangat mudah, cukup menggunakan kompor gas atau pun kompor induksi. Tidak perlu lagi server untuk penyajiannya, tidak perlu paper filter untuk menyaring bubuk kopi. Namun demikian, tiap orang punya alasan memaknai alat kopi favorit mereka, setidaknya ada beberapa alasan para pecinta kopi memilih moka pot untuk ritual ngopi mereka.

Daya Tarik Dark Roast
Kabarnya, sajian kopi moka pot akan lebih menarik jika menggunakan biji kopi medium dark atau pun dark roast. Hal ini mengacu pada perkembangan pertama kali alat kopi moka pot diciptakan yang sememangnya untuk kopi-kopi diroasting gelap. Bahkan dengan moka pot, sajian kopi yang tercipta memiliki karakter rasa yang kuat dan kental. Tidak heran, penggemar sajian moka pot menikmati kopi mereka dengan dicampur susu.

Mudah Digunakan
Beberapa penggemar sajian moka pot, karena cara menggunakannya yang terbilang mudah. Tidak perlu keterampilan kelola rasio antara jumlah gramasi bubuk kopi dengan air seduhan. Untuk sebagian orang menggunakan moka pot dengan air yang sudah panas, agar ketika diletakkan di kompor tidak terlalu lama menunggu air mendidih dan melalui bubuk kopi.

credit: gettinglostoutdoors.com

Layaknya Sajian Espresso
Untuk yang menginginkan sajian kopi yang kuat seperti espresso, maka moka pot bisa diharapkan untuk memenuhi sajian kopi yang kuat. Ketika sajian kopi yang dilalui oleh tekanan air mendidih dari chamber bagian bawah, sajian kopi semacam menciptakan crema layaknya sajian espresso. Sebabnya, beberapa penggemar beranggapan bahwa moka pot juga mampu sajikan espresso, walaupun hal ini masih sisakan perdebatan panjang.

Bisa Diajak Camping
Moka pot yang tercipta portabel sangat mudah untuk dibawa ke mana pun, sebagai teman camping di alam luas. Dengan kualitas serupa sajian espresso dari mesin kopi, maka moka pot layaknya mesin kopi yang dibawa pergi camping. Cukuplah sumber api untuk memanaskan air, maka sajian kopi dari moka pot siap sedia untuk menyajikan kopi.

Alasan lain mengapa banyak yang minat mengkoleksi alat kopi moka pot, karena harganya yang bersahabat. Pernahkah kamu menggunakan moka pot?

2 Comments
  1. Saya pernah dua kali pakai. Yang pertama hasilnya terlalu encer dan kurang enak. Yang kedua airnya merembes keluar dari sambungan chamber bawah dan atas gara2 kopinya terlalu padat. Tapi saya pernah cobain hasil seduhan moka pot di kedai kopi, hasilnya enak banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published.