ALAT KOPI APA YANG DIBUTUHKAN UNTUK KEDAI KOPI SEDERHANA?

“Apa alat kopi yang harus dimiliki kedai kopi sederhana yang budgetnya rendah?” adalah sebuah pertanyaan paling banyak datang kepada tim redaksi Majalah Otten baik secara online maupun offline. 

SEBELUM menjawab pertanyaan ini biasanya kami akan bertanya balik “sesederhana apa yang dimaksud? Budgetnya berapa?” Jika jawabannya adalah sesederhana mungkin dengan biaya yang ditekan habis maka jawabannya yang pertama harus kalian miliki adalah coffee grinder atau penggiling kopi yang bagus.

Penggiling kopi dengan alat gilingan conical burr yang menghasilkan hasil gilingan presisi adalah investasi. Jika untuk urusan komersil penggiling kopi manual tidak disarankan apalagi jika pengunjung sedang banyak. Maka dari itu pilihlah automatic grinder yang low budget tapi bagus seperti merek Feima, Latina, Solis, Hario Automatic Grinder. Penggiling ini adalah investasi kecuali kamu memang mau membuat kedai sederhana yang tidak menggunakan tenaga listrik, ya?

Setelah memiliki penggiling kopi kami akan bertanya lagi “apakah kedaimu hanya ingin menggunakan alat kopi manual saja?” Jika iya, maka belilah alat seduh manual seperti Hario V60 yang untuk low-budget bisa memilih materal plastik yang terjangkau. Setelah itu tambahkan pula menu “kopi tubruk” yang tanpa alat. Lalu Vietnam Drip yang juga terjangkau, Aeropress yang juga murah dan French Press yang harganya mulai dari seratus ribuan. Pelengkap seperti cangkir dan lain-lain bisa kamu temukan di toko-toko. Semakin sederhana material dan bentuknya mungkin semakin murah harganya.

Jika hanya manual kopi yang kamu sajikan maka selesai sudah. Tapi jika kamu ingin menambahkan menu espresso base maka pilihlah mesin kopi kecil seperti Breville, Orchestrale Nota dan lain-lain sesuai budget kamu. Oh iya juga bisa memilih espresso maker manual seperti Rok Presso, Flair Espresso Maker, Bellman Stove Top untuk harga lebih terjangkau lagi tapi ya manual memang agak sedikit penuh tantangan ya. Semua alat kopi ini belum termasuk biaya interior atau gerobak yang akan jadi ‘tempat’ dimulainya keseruan kedai kopimu ya. Jangan lupa hitung biaya sewa, karyawan, listrik dan lain-lain

Saya tidak bisa menyertakan harga semua alat-alat di atas karena semuanya bisa dicek di ottencoffee.co.id secara lengkap atau cek Paket Buka Kafe. Jadi bagaimana? Masih bingung perihal alat-alat kopi apa saja untuk kedai kopi sederhana? Semoga artikel singkat ini bisa memberi sedikit pencerahan. Ingat sesuaikan kebutuhan dan keinginanmu dengan budget. Semakin besar budget maka semakin mudah. Tapi semakin sedikit budget maka harus kreativitas yang di asah!

Foto utama dari thebalance.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

3 Comments
  1. Dear Otten..

    Saya ingin memulai usaha kedai kopi dengan peralatan moka pot (Bialetti), saya hanya mempunyai budget 8 jutaan, apakah mencukupi ?
    apa saja yang harus saya siapkan ?

    Regards,

    1. Wah harga segitu bisa banget mas, saya juga buka kedai kopi yg malah budgetnya dibawa 8jt karena kebetulan saya bongkar kamar lama saya dulu. Saya beli alat nya simple cuma bialetti brikka sama untuk grindernya wpm wellhome yg harga 1,5jt. Untuk gelas saya cuma pake gelas enamel 12 gelas, sisanya saya pake paper cup dan gelas plastik, yg penting itu branding atau merk. Mungkin untuk info lengkapnya atau mau sekedar sharing bisa kunjungin ig kita di @tuanpoetrycoffee. Kedai kopi kita ada di daerah Purwakarta, Jawa Barat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.