ALAT KOPI APA YANG PERTAMA HARUS DIMILIKI?

Berkembangnya industri kopi kita menyebabkan bertumbuhnya para penikmat kopi pemula. Dan mereka tentu saja bergairah memiliki alat-alat kopi untuk mendukung hobi barunya. Lalu apakah alat kopi yang pertama kali harus dimiliki?

WAKTU baru memulai menjadi peminum kopi ‘beneran’, saya tersesat terlalu jauh dalam memilih alat kopi apa yang harus dimiliki. Saya memilih pour over V60 dan alat-alat pendukungnya seperti timbangan, ketel dan lain-lain sebagai alat pertama yang harus dimiliki. Ya, memang tidak salah juga. Tapi ada satu alat kopi terpenting yang jauh lebih penting dari seperangkat alat seduh tadi: penggiling kopi!

Sebelum berbebat membaca pernyataan di atas, saya akan memberi tahu bahwa ngopi tanpa menggiling kopi segar adalah sebuah kesia-siaan, setidaknya itu untuk saya. Kopi adalah buah, dan menikmati buah haruslah dipotong sesaat sebelum dinikmati agar rasanya terjaga. Begitu juga dengan kopi. Hanya saja kita tak bisa melihat partikel kecil biji itu karena ukurannya yang mikro. Padahal menggiling kopi sesaat sebelum diseduh adalah yang terbaik. Bahkan jika kita hanya ingin menyeduhnya ala tubruk saja.

Jadi jika peminum kopi pemula diambang kegalauan dalam memilih alat kopi dan budgetnya juga terbatas, saya sarankan milikilah penggiling kopi manual. Kamu bisa memilih penggiling kopi manual merek apapun asalkan mata penggilingnya itu burr bukan blade. Agar hasil gilingannya presisi dan konsisten maka mata gilingan burr sangat diperlukan.

credit : shopback.com

Lalu jika ada budget lebih baru pilihlah alat seduhmu. Kamu bisa berinvestasi dengan french press yang tak memerlukan printilan seperti timbangan, ketel leher angsa, penyaring kertas dan lain-lain. Atau bisa juga memilih vietnam drip yang harganya ekonomis dan mudah juga menggunakannya.

Tapi lagi-lagi jika hanya ingin membeli satu alat kopi sebagai awal mula petualanganmu di dunia perkopian, belilah penggiling kopi sebagai investasi. Kopi tubruk sekalipun akan luar biasa nikmatnya jika menggunakan kopi segar yang baru digiling. Dan kawan, kopi tubruk tak perlu alat kopi lain. Cukup air dan cangkir. Selesai!

Lalu bagaimana jika membeli kopi yang sudah digiling saja? Kan tak perlu penggiing kopi? 

Kelak kamu akan tahu perbedaan membeli biji kopi dan bubuk kopi jika sudah mendalami perkopian ini, kawan. Saya tak membual, saya hanya ingin kalian tak tersesat jauh seperti saya tempo hari.

 

Foto utama dari unsplash.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Saya setuju banget. Alat kopi saya pertama kali tuh grinder manual. Classic manual grinder yg benar2 pakai feeling buat nentuin lvl gilingannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.