ALAT KOPI PERTAMA YANG HARUS DIMILIKI : PENGGILING KOPI!

Selain niat yang kuat, menurut saya (dan teman-teman seperkopian), penggiling kopi adalah alat kopi pertama yang harus dimiliki oleh siapa saja yang menginginkan kopi enak!

BANYAK perspektif keliru saat ditanya “alat kopi apakah yang sebaiknya dimiliki pertama kali sebelum menjadi memulai menjadi home-brewer yang menyeduh kopinya sendiri”. Dulu saya juga sempat keliru mengenai hal ini. Saya pikir untuk memulai minum kopi yang baik dan benar yang pertama harus dimiliki adalah alat seduh, ya selain kopinya sendiri tentu saja.

Saya pun mengumpulkan pundi-pundi dan membeli sebuah alat seduh sederhana: french press. Lalu kopinya? Kopinya saya beli yang sudah jadi bubuk dengan harapan kopi saya bakalan nikmat karena saya sendiri yang menyeduhnya. Setelah french press, saya membeli seperangkat dripper V60, Hario server, Yami Gooseneck Kettle dan timbangan tanpa merek. Ya, lagi-lagi dengan harapan kopi saya bakalan nikmat seperti di kedai kopi. Padahal kopi yang digunakan sudah jadi bubuk.

Saya melupakan berinvestasi pada penggiling kopi. Saya beranggapan penggiling kopi itu nomor ke sekian “toh kopinya bisa digiling di toko”. Mata saya terbuka ketika saya membeli kopi yang sama dengan teman saya tapi seduhan dia jauh lebih nikmat dari saya. Rasio dan metode sama semua. Yang salah adalah dia menyimpan kopi dalam  bentuk biji dan menggiling kopi sesaat sebelum seduh. Sedang saya? Hanya punya kopi yang sudah digiling.

“Kopi itu bagaimana pun adalah buah. Dan tidak ada orang yang makan buahnya hari ini, tapi motong buahnya sejak kemarin-kemarin. Bayangkan kalau kamu mau makan mangga. Apakah mangganya kamu potong seminggu yang lalu dan makannya besok pagi? Bagaimana rasa mangga itu?” seorang teman menyerocos panjang lebar.

Kalimat-kalimatnya barusan yang menampar keras saya. Itu kenapa selama ini kopi yang saya seduh jauh dari kata sempurna. Sejak itu saya memutuskan untuk membeli penggiling kopi yang manual. Berawal dari Gater Manual Grinder hingga sekarang konsisten dengan Porlex Tall Grinder.

Apakah rasa kopi benar-benar berubah setelah memiliki penggiling kopi sendiri? Tentu saja. Jauh malah rasanya. Kopi-kopi yang saya seduh lebih segar, aromanya lebih menyeruak dan notes yang diberikan setelah teguk luar biasa nikmatnya. Tapi ingat jangan sampai salah pilih penggiling kopi. Pastikan penggiling kopimu menggunakan penggiling conical burr (bisa dari keramik ataupun metal). Jangan pilih yang bermata pisau blade layaknya blender karena hasil gilingannya tidak akan presisi. Dan ini sangat memengaruhi rasa akhir pada kopi.

Jadi, masih ada yang belum mau investasi penggiling kopi untuk hasil seduhan lebih seksi? Percayalah home brewer memerlukan penggiling kopi untuk kenikmatan tak habis-habis.

Pertama, penggiling kopi. Alat seduh dan lain-lain nomor ke sekian. Karena kopi tubruk pun bisa nikmat asal kopinya segar!

Foto utama dari minimallyminimal.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.