ALAT KOPI TERBAIK UNTUK DIBAWA PETUALANG

Sudah menjadi hal wajib bagi seorang pecinta kopi untuk membawa alat kopi mereka ketika di perjalanan, karena semacam ada gairah tersendiri ketika seduh kopi di luar ruangan dengan pemandangan yang begitu membahagiakan.

TAPI tidak semua alat kopi yang bisa diajak bepergian dalam perjalanan jauh, sebagai penikmat kopi yang hobi traveling harus mempersiapkan kebutuhan ngopi mereka. Tidak menjadi soal, perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum, ketika hasrat ngopi mulai datang memang harus disegerakan. Sebabnya banyak penikmat kopi yang mempersiapkan travel coffee kit mereka, lalu sebenarnya apa saja isi dari travel coffee kit yang harus dibawa bepergian.

Travel coffee kit bukan hal baru lagi, malah kadang menjadi topik yang menarik untuk mereka yang sedang mempersiapkan perjalanan jauh. Banyaknya alat kopi yang tersedia, kadang membuat kita bingung alat kopi seperti apa yang baik untuk diajak berpetualang menuju destinasi impian.

PERSIAPAN TRAVEL COFFEE KIT
Sebelum menentukan alat kopi yang seperti apa yang akan dibawa, baiknya pastikan terlebih dahulu apakah destinasi tujuan memiliki kemudahan akses untuk mendapatkan air panas. Selama kebutuhan air panas tersedia, maka menentukan alat kopi seperti apa yang akan dibawa tidaklah menjadi persoalan yang serius. Semua persiapan peralatan kopi disesuaikan dengan kebutuhan, metode kesukaan dan juga budget pastinya.

credit: firebox stove

APA SAJA YANG HARUS ADA DI TRAVEL COFFEE KIT
Sebenarnya bukan keharusan semua rekomendasi alat kopi ini dibawa ketika bepergian, tapi pastikan jika alat kopi tersebut memang tidak terlalu dibutuhkan maka tidak perlu untuk dibawa. Rekomendasi alat kopi berikut ini untuk destinasi perjalanan yang sulit akses air panas.

  • Biji Kopi Favorit
  • Wadah/Kantung Penyimpanan Biji Kopi
  • Coffee Grinder
  • Travel Mugs
  • Travel Kettle
  • Alat Kopi
  • Mini Gas Burner
  • Stove Stand
  • Tas Travel Coffee Kit

Jika perjalanan menggunakan mobil, kamulah yang paling tau apa saja yang perlu untuk dibawa. Menggunakan mini gas burner tentunya kamu harus menepikan mobil mematikan mesin dan cari tempat nyaman untuk menyeduh di sekitarnya. Selanjutnya nikmatilah tiap proses seduh kopi di luar ruangan.

ALAT KOPI TERBAIK UNTUK DIBAWA PETUALANG
Ke mana pun tujuannya, tentu alat kopi harus dibawa untuk memenuhi kebutuhan ngopi selama di perjalanan. Yang menjadi pertanyaan, alat kopi seperti apa yang harus dibawa. Kalau menurut saya pribadi paling penting adalah biji kopi yang segar dan manual grinder, saya pernah berpergian hanya membawa itu saja, karena cara seduh yang saya inginkan hanya menubruknya dengan air panas di cangkir. Tapi tidak ada salahnya jika ingin membawa alat kopi, untuk kenyaman seduh kopi. Alat kopi yang seperti apa yang bisa kamu bawa pergi, berikut kami rekomendasikan.

  • Aeropress
  • Minipresso
  • Nomad
  • Leverpresso
  • Staresso
credit: mbacars

Handpresso
Salah satu alat kopi yang terbilang nyaman ketika digunakan di mana pun, desainnya yang menarik mungkin sekilas terlihat terlalu fancy untuk espresso maker, tapi memang inilah daya tariknya. Produk unggulan dari Handpresso salah satunya adalah espresso portable Handpresso Wild Hybrid yang sekejap saja menjadi favorit pecinta kopi sejak dikeluarkannya produk ini. Cara membuat espresso dari alat ini pun sangat mudah, cukup pompa mesin hingga jarum penunjuk mencapai bar ke 16, tambahkan air panas dan selanjutnya memasukkan bubuk kopi kesukaan, selanjutnya menekan tombolnya maka langsung jadi. Satunya lagi yang tak kalah menarik, adalah Handpresso Auto Hybrid yang memungkinkan kita membuat kopi di dalam mobil. Dan makin -lengkap dilengkapi dengan power supply 12 v yang bisa dihubungkan dengan cigarette-lighter plug dalam mobil.

Rivers
Produsen ini seakan menggemparkan dunia perkopian ketika memproduksi dripper yang lentur bisa dibolak-balik karena terbuat dari silikon ini sangat sesuai untuk dibawa ke mana saja. Tidak terlalu memakan banyak ruang, bisa dilipat, dan menariknya lagi dripper ini bisa dimasukkan pada Rivers Wallmug dan sesuai dipasangkan Grinder Rivers. Coffee Dripper Cave Reversible tersedia dengan ulir yang berbeda, salah satunya memungkinkan ulir mengalirkan air seduhan dengan cepat dan sebaliknya memungkinkan ulir mengalirkan air seduhan melambat.

credit: munieq.jp

Munieq Tetra Drip
Buat kamu pecinta pour over coffee, jangan lewatkan memiliki Munieq Tetra Drip untuk dibawa bepergian. Tidak terlalu memakan ruang karena drip ini mudah untuk dilipat bahkan bisa dimasukkan ke dalam saku, karena dimensinya hanya sebesar ukuran paspor. Dripper ini mungkin membingungkan karena bentuknya segitiga, tapi jangan salah dripper ini juga mampu ciptakan rasa yang istimewa dan dapat dipasangkan dengan kertas filter dari Hario V60 atau dari Kono

Espro Coffee Travel
Sekilas terlihat Espro lebih mirip termos atau tumblr untuk tempat air minum, tapi jangan berhenti hanya melihatnya sekilas. Jika dibuka, maka Espro akan menunjukan keistimewaannya, sudah barang tentun kalau Espro adalah alat kopi, tapi alat kopi seperti apa? Nah, Espro alat kopi yang cukup praktis untuk dibawa pergi ke mana-mana, Espro termasuk metode seduh French Press, namun istimewanya lagi banyak orang yang menggunakan Espro untuk metode seduh Pour Over. Bikin penasaran kan?

Caflano
Produsen alat kopi satu ini seperti memanjakan para petulangan, mengapa demikian? Karena banyak sekali alat kopi produksinya yang diciptakan sungguh praktis untuk dibawa ke mana-mana. Caflano Compact Coffee Brewer salah satunya, Compact Brewer cara seduhnya seperti model aeropress, tapi bukan berarti mengadaptasi cara seduh aeropress, sama sekali bukan. Untuk pecinta pour over, Caflano mengeluarkan variannya yaitu Caflano Klassic Coffee Maker. Pada Klassic Coffee Maker dalam setnya sudah termasuk, coffee mug, coffee filter dan juga kettle untuk pouring dengan bahagia. Produk Caflano semakin menarik lagi jika dipasangkan dengan grinder dari caflano sehingga biji kopi yang digiling langsung ke alat kopinya.

Seperti apa pun alat kopi yang akan kamu bawa pergi, seperti itulah kopi yang senantiasa ada untuk mereka yang butuh. Banyak alat kopi yang bisa kamu bawa pergi seperti alat espresso maker untuk kamu yang mencintai sajian espresso.

src: homegrounds.co img: pinterest

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.