ALAT KOPI YANG (TERNYATA) ADA DI INDUSTRI KOPI SPESIALTI

Specialty coffee industry dengan Era Gelombang Ketiganya memang memungkinkan manusia menciptakan beragam alat kopi untuk memenuhi kebutuhan minum kopi setingkat lebih dekat dengan kesempurnaan.

SETIAP hari ada-ada saja sebuah penciptaan alat-alat kopi yang lahir demi menunjang kebutuhan minum kopi yang bertugas memuaskan para penikmatnya. Seperti seisi semesta raya yang terus berevolusi, begitu jugalah alat-alat kopi. Ada yang karam dan tak terpakai lagi di industri kekinian dan berganti dengan alat kopi baru yang lebih pantas memenuhi kebutuhan. Dengan pemikiran yang terus-menerus diasah dan teknologi yang semakin ke sini semakin luar biasa canggihnya, para jenius menciptakan beragam alat kopi yang digadang-gadang mampu menunjang terciptanya sebuah kesempurnaan pada hasil akhir di setiap cangkir. Dari sekian banyaknya alat kopi yang lahir itu, Otten Coffee memilih tiga alat yang unik dan dinilai cukup cerdas dalam dunia industri kopi spesialti. Berikut alat kopi yang mungkin belum pernah kamu dengar namanya.

Kruve Sifter Coffee Grind Refining System

2017-03-21 12.05.13 1

Alat ini merupakan produk inovasi jebolan Kickstarter yang diproduksi oleh perusahaan kreatif asal Toronto, Kanada. Produk yang diprediksi menjadi idola baru di Otten Coffee ini dianggap mampu menghasilkan citarasa kopi yang lebih baik dengan kemampuannya menghasilkan potongan-potongan kopi yang presisi. Hasil seduh kopi yang sempurna membutuhkan gilingan kopi yang sama dan presisi di setiap partikelnya. Karena itulah Kruve Sifter ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan tesebut. Selengkapnya tentang fitur detail Kruve:

  1. Dua tingkatan saringan. Dengan 2 tingkatan yang dimiliki oleh Kruve inilah yang membantu menyingkirkan partikel-partikel kecil yang terlalu halus (fine) atau partikel yang terlalu besar (boulders) yang umumnya ikut masuk pada kebanyakan alat penggiling kopi.
  2. 12 macam saringan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan seduh masing-masing. Mulai dari 200 mikrometer sampai 1100 mikrometer dengan interval antara 50 – 100 mikrometer sehingga hasil gilingan pun bisa sesempurna yang kamu inginkan. Dengan 12 opsi saringan ini pula kamu mampu menghasilkan 66 level gilingan berbeda sesuai dengan macam-macam teknik seduh yang digunakan.
  3. Alat penggiling dengan kalibrasi yang akurat. Kruve mengoptimalkan fungsi grinder dengan presisi setingkat micron. Penyeduh rumahan pun kini bisa membuat kopi dengan kualitas kompetisi.

OCD ONA Coffee Distributor

Credit : bigcommerce.com
Credit : bigcommerce.com

OCD merupakan distributor kopi keluaran ONA Coffee (brand dagang milik Sasa Sestic, juara WBC 2015) yang juga adalah terobosan baru dari dalam proses membuat kopi. Alat ini sendiri mulai ‘dikerjakan’ oleh ONA Coffee pada tahun 2012 dan setelah melalui berbagai evolusi panjang barulah OCD ini dijual ke pasaran dan juga bisa dipesan melalui Otten Coffee.

Menurut Sasa Sestic, desainer sekaligus mastermind di balik alat ini, untuk membuat kopi nikmat seorang barista perlu memahami tentang variabel (kopi) dan bagaimana mengendalikan semua variabel itu. Salah satunya adalah dengan pendistribusian bubuk kopi yang merata. Distribusi merupakan salah satu variabel utama yang bisa memengaruhi kualitas dan konsistensi hasil akhir kopi yang diseduh. Karenanyalah ONA Coffee Distributor ini hadir untuk membantu memberikan kesempurnaan pada kopimu setiap hari.

Foto utama dari beanfruit.com

jual-alat-alat-kopi

 

 

525 total views, 12 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.