ALAT ROASTING RUMAHAN, WExSUJI SESUAIKAN KEBUTUHAN KAMU

Semakin cinta banyak hal tentang kopi, maka akan mengantarkan kamu untuk belajar banyak hal pula.

DIMULAI dari mencari cara menyeduh kopi yang baik, hingga bagaimana menciptakan biji kopi dengan potensi rasa yang maksimal dari proses menyangrai kopi. Bukan hanya diperuntukkan untuk para pemula yang ingin belajar cara sangrai biji kopi, jika kamu menyukai sajian yang benar-benar segar, maka memiliki alat roasting rumahan menjadi hal wajib. Apa pun yang memotivasi kamu mempelajari cara menggunakan alat roasting rumahan pasti pernah menggunakan alat dapur untuk menggoreng biji kopi di rumah. Tapi hasilnya belum sesuai dengan ekspektasi kamu, maka alat roasting rumahan akan menjawabnya.

Kegiatan menyangrai biji kopi tidak sesederhana yang dibayangkan, banyak pendekatan yang melibatkan analisa perhitungan sehingga mempengaruhi tindakan kamu selama menyangrai kopi. Nantinya tindakan selama menyangrai kopi inilah menciptakan ragam profil rasa yang berbeda, dari mulai tingkatan roasting hingga pengaruhnya terhadap potensi rasa. Secara garis besar menyangrai green bean melibatkan proses pemanasan dan aliran udara, mengusai kedua hal ini maka akan sangat mudah memaksimalkan potensi rasa yang kamu inginkan.

Bagaimana Cara Memilih Alat Roasting Kopi Rumahan?

Tentunya, sebelum memilih alat roasting kopi rumahan kamu harus penuhi persediaan green bean di rumah. Beda single origin, kamu akan mempelajari karakteristik berbeda pula dan mempelajari bagaimana perlakuan berbeda ketika menyangrainya. Sebelum memutuskan untuk menginvestasi waktu untuk mempelajarinya dan invesati alat roasting kopi rumahan, tentukan tujuan kamu menyangrai biji kopi di rumah. Apakah untuk memenuhi kebutuhan biji kopi di rumah atau belajar menyangrasi dan secara bertahap membuat merek roastery sendiri.

Jenis Alat Roasting Kopi Rumahan

Pelajari bagaimana konsep alat roasting kopi rumahan yang akan kamu miliki. Sebelum menentukan untuk membelinya, sesuaikan alat roasting rumahan yang kamu incar dengan tujuan roasting kamu. Secara umum konsep alat roasting rumahan terbagi dua; air roaster dan drum roaster. Air roaster mengacu pada konsep memanaskan green bean secara langsung, seperti konsep penggorengan panas api menyentuh langsung lapisan sangrai. Drum roaster menyangrai green bean dengan menggunakan sistem pemanas yang tersebar ke dalam tabung tertutup, tabung ini nantinya berputar agar panas merata.

Ukuran Alat Roasting dan Kapasitas Roasting

Semakin besar alat roasting pastinya kapasitas roasting juga semakin besar pula. Sesuaikan kebutuhan biji kopi sebelum kamu memilih mana yang terbaik untuk kamu gunakan. Untuk kebutuhan rumahan, berapa banyak biji kopi yang kamu habiskan selama seminggu atau pun sebulan. Maka pilih alat roasting rumahan sesuai dengan persediaan biji kopi yang diharapkan. Air roaster untuk kapasitas roasting yang kecil dan biasanya drum roaster untuk kapasitas roasting yang banyak.

Tingkatan Kendali Roasting

Kembali pada tujuan awal menggunakan alat roasting rumahan, maka akan berpengaruh menentukan alat roasting kopi seperti apa yang sesuai untuk kamu. Untuk alat roasting kopi dengan kendali variabel roasting yang optimal maka kamu perlu investasi biaya lebih banyak dibandingkan dengan alat roasting kopi dengan tingkat kendali yang minim. Untuk jangka panjang tentunya, lebih baik memilih alat roasting kopi dengan tingkat kendali roasting yang maksimal.

Kelengkapan Fitur Pendinginan

Pada konsepnya, menyangrai green bean melibatkan proses pemanasan dan pendinginan, maka pelajari bagaimana fitur pendinginan pada alat roasting rumahan ini bekerja untuk kamu. Apakah mendinginkan biji kopi secara manual atau otomatis, bagaimana wadah pendinginannya mampu mendinginkan suhu secara cepat, dan pertimbangan lainnya.

Tingkat Kemudahan Membersihkannya

Tidak hanya memperhatikan kebersihan alat roasting rumahan, tapi perhatikan juga apakah alat roasting rumahan tersebut bisa menyebabkan ruangan menjadi kotor. Proses menyangrai green bean akan menghasilkan asap yang mungkin bisa menyebabkan dinding ruang berubah warna, bahkan aroma selama proses sangrai berlangsung pun berubah. Maka dari itu, perlu mempertimbangkan kemungkinan penyebab yang mengganggu kebersihan ruang kamu.

Home Coffee Roaster

Belum menemukan alat roasting yang tepat untuk kamu, sebagai bahan pertimbangan berikut ini kami berikan daftar alat roasting kopi rumahan yang mungkin sesuai dengan cara roasting kamu di rumah.

Memberikan kendali manual ketika roasting dengan kapasitas 150-200g green bean, pemanas langsung menyentuh green bean.

Sistem pemanas langsung dengan tabung untuk rotasi ketika roasting, kapasitas 300gr green bean. Rotasi otomatis dengan nampan pendingin.

Kapasitas 300gr grean bean, dengan pemanas langsung dan kendali rotasi tabung manual.

Kapasitas 50 gr green bean, lapisan pemanas kaca berkualitas, kendali rotasi manual.

Pemanas induksi, kapasitas 200gr green bean, rotasi tabung otomatis, dilengkapi fitur chaff collector.

Kapasitas maksimal 120gr green bean, kendali roasting fitur profesional, pemanas gas kaleng atau LPG dengan konektor gas.

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.