ALAT SEDUH KOPI DIGUNAKAN SEDUH TEH, MENGAPA TIDAK

Kopi dan teh sudah menjadi sajian rutin di tengah masyarakat, namun tidak semua alat seduh kopi bisa digunakan untuk seduh teh.

TIDAK ada salahnya sebagai penikmat kopi specialty, sesekali meneguk sajian teh untuk menghangatkan suasana. Saya pun demikian, sebagai peminum kopi rumahan yang menyeduh kopi sendiri dengan mengandalkan intuisi, pernah juga sekali waktu menikmati sajian teh. Bahkan ketika seduh teh, saya menggunakan alat kopi yang biasa digunakan untuk seduh kopi. Tapi bukan jenis teh kantung berupa bubuk, tapi teh yang masih berbentuk dedaunan kering dengan aroma melati. Sejak mencoba seduh teh menggunakan alat kopi, saya kepikiran apakah semua metode seduh kopi bisa digunakan untuk sajian teh di rumah.

Lalu saya menemukan coffeeandteacorner.com, sebuah ulasan tentang menyajikan teh dengan alat seduh kopi. Untuk seduhan teh dengan menggunakan metode alat seduh kopi harus yang paling penting suhu air dan waktu seduhan. Tapi tidak semua alat seduh kopi bisa mengendalikan variebel untuk seduhan teh menggunakan alat kopi. Sedikit ulasan dan alasan mengapa alat seduh kopi bisa dan tidak bisa menyajikan seduhan teh.

credit: Wonderopolis

Mesin Espresso
Mesin espresso tidak bisa untuk menyajikan seduhan teh seperti yang diharapkan, mendapatkan sajian teh yang optimal. Suhu air seduhan yang biasanya digunakan untuk sajian espresso terlalu tinggi untuk menyeduh daun teh. Suhu air yang tinggi akan menghasilkan rasa teh yang buruk, jenis teh apa pun tidak bisa bertahan dengan suhu air seduhan mesin espresso. Walau pun menggunakan espresso maker untuk mengendalikan suhu air seduhan, tetap saja sajian teh kurang optimal karena waktu seduhan dengan metode espresso terlalu cepat.

Moka Pot
Moka pot tidak akan berhasil membuat sajian teh dengan rasa menarik, karena daun teh yang diseduh akan mengalami over-heat jika diseduh dengan alat kopi ini. Bahkan bukan hanya karena masalah air seduhan yang terlalu panas, metode seduh alat moka pot tidak ramah dengan karakter daun teh. Moka pot yang didesain dengan 3 wadah, untuk air seduhan, untuk bubuk kopi, dan untuk wadah ekstraksi. Jika ingin menyeduh teh dengan moka pot, maka akan kebingungan untuk meletakkan daun teh di wadah mana. Sisi wadah moka pot yang begitu panas, akan membuat daun teh melepuh sebelum air mengalirinya.

credit: sprudge

Turkish Ibrik
Dengan ibrik menyeduh teh mendekati rasa yang diharapkan para peminum teh, dengan mengendalikan suhu air seduhan. Jika menyeduh kopi menggunakan ibrik, sekaligus merebusnya di dalam ibrik, berbeda dengan seduhan teh. Daun teh yang dimasukkan ke ibrik tergantung cara seduhnya, bagaimana air seduhan membuat sajian teh menjadi menarik. Untuk menyajikannya dengan alat ibrik, maka perlu mengendalikan suhu air ketika dipanaskan dalam ibrik. Hanya saja, terkadang kapasitas ibrik yang sedikit kurang sesuai untuk menyajikan sajian teh dalam jumlah banyak.

credit: thewirecutter.com

Drip Filter
Menyajikan sajian teh menggunakan alat drip filter, mungkin kedengarannya sangat mudah dan sesuai untuk sajian teh dengan alat kopi. Tapi sebenarnya, menyajikan sajian teh menggunakan drip filter agak merepotkan ketika daun teh diletakkan pada filter dan dialiri air seduhan. Daun teh akan melambat laju air untuk melalui filter, sehingga mengalami penyumbatan ketika dialiri air, namun bisa diantisipasi dengan menggunakan daun teh yang halus. Air seduhan untuk mengaliri bubuk teh kemudian melalui drip filter, akan memiliki rasa yang menarik jika mampu mengendalikan waktu seduhan dan suhu air seduhan yang digunakan.

French Press
Mungkin yang paling sesuai menyajikan sajian teh menggunakan alat kopi dengan metode French Press. Secara teknis, bubuk kopi akan direndam dan ditunggu sampai bubuk kopi terekstraksi menyeluruh kemudian plunger ditekan untuk memisahkan bubuk kopi. Tidak ada yang berbeda ketika menyajikan teh menggunakan french press, yang berbeda hanya air seduhan yang digunakan. Maka, daun teh yang telah beberapa menit direndam kemudian dipisahkan dengan menekan plunger akan memberikan karakter rasa teh yang diharapkan.

Walau pun beberapa alat seduh kopi mampu sajikan seduhan teh, tapi tetap saja untuk sajian teh yang optimal harus menggunakan alat seduh khusus untuk teh, lihat koleksi alat seduh teh di sini.

src: coffeeandteacorner.com img: leaf.tv

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.