ALERGI KAFEIN? CARI TAHU GEJALANYA!

Kopi memang begitu nikmat dan memberi manfaat yang banyak. Namun ada beberapa orang yang ternyata terlahir alergi dengan kafein. 

KAFEIN tak bisa dilepas dari kopi. Kafein ini pulalah yang banyak memberikan semangat yang mendukung produktivitas banyak orang. Namun, beberapa orang ternyata ditakdirkan tidak berjodoh dengan kafein. Alih-alih mendapatkan manfaat dari kafein, mereka malah mendapatkan reaksi yang tidak menyenangkan saat mengonsumsi kopi.

Alergi terhadap kafein ternyata berbeda dengan sensitivitas terhadap kafein. Seperti yang kami kutip dari SehatQ.com alergi kopi disebabkan oleh kesalahan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan sensitivitas kafein dipicu oleh faktor genetik atau ketidakmampuan organ hati untuk menyerap kafein.

 

unsplash.com

Meskipun alergi terhadap kafein ini termasuk kasus yang jarang terjadi, namun kamu boleh mengetahui apa saja ciri-ciri yang bisa ditimbulkan orang yang alergi terhadap kafein.

Gejala alergi terhadap kafein secara umum menimbulkan beberapa reaksi antara lain rasa gatal, biduran, bengkak di bagian tubuh tertentu, terjadi ruam pada kulit, gangguan kecemasan, nyeri pada dada, merasa lelah, sakit kepala, jantung berdebar lebih kencang serta nyeri pada sendi dan otot. Jika sehabis menikmati kopi kamu merasakan hal ini kerap terjadi secara terus-menerus mungkin saja kamu alergi terhadap kafein. Untuk lebih baiknya lebih baik dikonsultasikan ke dokter.

credit: freepik

Selain gejala yang umum di atas, ada juga gejala anafilaksis yaitu reaksi alergi yang cukup berat dan bisa mengancam jiwa penderitanya. Adapun beberapa reaksinya antara lain mengalami kebengkakan parah pada mata, bibir, lidah dan wajah. Batuk, mula dan muntah. Sakit perut akut. Detak jantung yang sangat cepat. Mengeluarkan bunyi setiap menarik napas. Lemas, pusing dan menurunnya keasadaran. Jika ini terjadi padamu sebaiknya langsung ke dokter karena berisiko fatal.

Ingat, kondisi tubuh seseorang berbeda-beda. Penerimaan seseorang terhadap kafein berbeda kondisinya dengan orang lainnya. Jadi kenali tubuhmu saat menikmati kopi agar senantiasa sehat setiap hari.

 

Artikel disunting dari SehatQ.com

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.