ALTERNATIF SEDUH DENGAN VIETNAM DRIP

Seduh kopi di rumah memang harus dijalani sebagian besar penikmat kopi di masa pandemi yang panjang ini. Lalu bagaimana jika hanya punya satu alat kopi? Bisakah seduh di rumah dijalankan tanpa rasa bosan?

BEBERAPA pertanyaan yang sering datang ke saya adalah “bagaimana supaya tak bosan seduh di rumah dengan satu jenis alat seduh?’ atau “saya cuma punya Vietnam Drip saja, dan sudah jenuh dengan rasa dan resep yang itu-itu saja. Ada tips lain?”. Well, tentu saja ada, kawan. 

Kita sebagai home brewer dan pun penyeduh pemula sudah pasti tidak memiliki aneka alat seduh yang beragam. Jenuh soal ngopi yang itu-itu saja sungguh wajar adanya. Sedangkan untuk jajan kopi di luar setiap hari kita tak bisa karena harus meminimalisir pengeluaran. Saya sendiri adalah orang yang cukup menikmati menyeduh dengan Vietnma Drip tapi tak hanya dengan susu, SKM dan air saja. Jika kamu adalah orang yang hanya memiliki Vietnam Drip di rumah dan ingin mengeksplorasi alat ini, berikut saya beri beberapa resep dan tips khusus untukmu!

Ganti SKM dengan Madu

Kamu harus membuka pikiran seluas-luasnya dan berhentilah berpikir bahwa Vietnam Drip hanyalah alat untuk membuat kopi susu dengan SKM. Karena sesungguhnya itu tidak benar. Sesekali kamu bisa mengganti SKM dengan madu. Dengan rasio yang bisa kamu mainkan sendiri. Sejujurnya saya lebih suka madu dari SKM. Selain itu sudah pasti lebih sehat. Tambahkan es jika suka, ya!

Sudah Coba Vietnam Drip Tonic?

Siapa bilang coffee tonic cuma bisa dihadirkan dengan espresso maker saja. Menggunakan Vietnam Drip juga bisa, kok. Caranya cukup dengan menyediakan tonic water, jika tak ada bisa diganti minuman soda lain. Kamu tinggal menghaluskan sedikit level gilingan dan mengurangi rasio air. Sehingga hasil seduhanmu lebih kental dan pekat. Setelah itu campurkan tonic water, perasan jeruk nipis dan kocok bersama kopimu!

Menu Kopi Sehat Penjaga Imunitas? Bisa.

Saya pernah membuat menu kopi dengan jahe, kayu manis, madu dan susu dan menggunakan Vietnam Drip sebagai alat seduhnya. Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu tinggal membuat kopi dengan sedikit air dan level gilingan halus agar kopinya pekat dan kental. Lalu panaskan susu, masukkan semua rempah dan terakhir kopi. Voila! Minuman sehatmu siap dinikmati untuk menjaga imun tubuh.

Nah, jika kamu bosan dengan resep Vietnam Drip yang itu-itu saja, coba dibuat beberapa resep di atas. Siapa tahu seduh kopi di rumah jadi lebih menyenangkan meski alat seduhmu cuma satu saja!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.