ALTERNATIF UNTUK MEMULAI KEDAI KOPI BERBUDGET RENDAH

Percaya atau tidak, pertanyaan paling banyak masuk ke redaksi kami adalah “bagaimana membuat kedai kopi sederhana dengan budget serendah-rendahnya?”. Baik kami akan kasih tahu caranya.

MEMBANGUN kedai kopi itu susah bukan main. Harus ada modal, keahlian, konsep, strategi dan banyak faktor lain yang membuat pusing kepala. Namun, banyak sekali orang-orang ‘nekat’ yang sangat ingin memulai bisnis kedai kopi dengan modal serendah-rendahnya. Orang-orang ini harus diapresiasi. Dan mari kita singkirkan permasalahan keahlian, konsep, strategi dan faktor lain. Mari kita kembali ke modal dan apa saja yang sebenarnya dibutuhkan sebuah kedai kopi sederhana berbudget rendah!

Alat Seduh

Pertama kamu harus tahu apakah kedai kopi kecilmu menyediakan menu espresso dan turunannya atau hanya seduh manual saja? Jika ingin keduanya namun modal kamu sangat terbatas maka lupakan mesin espresso otomatis dan pilihlah alat pembuat espresso manual. Sejauh ini yang sangat saya sarankan adalah Flair Espresso Maker dan Rok Presso. Kedua alat ini terbukti tangguh menghadirkan espresso bercangkir-cangkir. Lebih unggul ketimbang espresso maker lain.

credit: flairespresso.com

Setelah alat pembuat espresso beres, maka pilihlah alat seduh manualmu. Jika budget benar-benar minim, saya sarankan membeli Hario V60, french press dan Vietnam Drip saja. Ketiga alat ini ramah di kantong. Jangan lupa beli juga timbangan, ketel leher dan penyaring kertasnya. Tidak usah pakai server untuk penghematan. Seduh langsung di cangkir saja.

Penggiling Kopi

Penggiling kopi harus dua. Ini tidak bisa ditawar lagi. Kenapa? Karena satu grinder untuk seduh manual dan satu lagi untuk espresso. Ada beberapa mesin penggiling kopi yang terjangkau. Seperti Solis 166, Latina, Kruve, Feima, Welhome Grinder. Semua grinder ini di bawah 3 juta rupiah saja. Jika benar-benar tak sanggup membeli dua, belilah satu yang otomatis untuk espresso dan penggiling manual semacam Porlex untuk seduh manualnya. Tapi sudah pasti bakalan pegal.

Steamer

Ada espresso pasti harus ada milk steamer-nya untuk membuat caffe latte dan cappuccino, kan? Kamu bisa membeli Bellman Stove Top dengan harga sekitar 1,8 juta rupiah. Bermodalkan kompor sudah bisa diandalkan dalam menciptakan busa susu yang apik.

credit: pinterest.com

Cangkir dan Teman-Temannya

Cangkir harus beberapa jenis. Cangkir untuk espresso, caffe latte, cappuccino, americano, minuman dingin, dan cangkir untuk hasil seduh manual. Agar tampak indah sertakan juga saucer-nya. Ya kalau mau hemat dan kreatif kamu bisa membuat tatakan cangkir dari kayu sendiri. Kalau kedaimu ada makannya, jangan lupa sertakan alat makannya.

Take Away Cup

Harus dipikirkan juga perihal cangkir untuk mereka yang membeli dari aplikasi online atau yang suka take away. 

Kopi!

Nah, untuk urusan kopi kamu juga harus pintar hitung-hitungan. Biasanya untuk espresso blend banyak orang yang menggunakan biji kopi campuran antara arabika dan robusta. Selain agar rasanya enak, mencampur dengan robusta yang harganya relatif lebih murah akan membuat budgetmu tidak melambung. Sediakan juga beberapa piliha single origin dari beberapa daerah. Tidak perlu kopi-kopi impor yang mahal. Cukup dengan kopi-kopi lokal saja sebagai permulaan.

Inilah yang menurut saya hal-hal yang harus dimiliki sebuah kedai kopi sederhana berbudget rendah. Kamu bisa menghitungnya sendiri dan melihat daftar harganya di situs kesayangan kamu. Jika ada yang kurang, sila kasih masukan ya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.