AMANKAH BERBUKA PUASA DENGAN KOPI?

Hadirnya bulan suci ramadan tentu mengubah kebiasaan ngopi di keseharian kita. Lalu amankah minum kopi di saat berbuka puasa?

DI tahun-tahun yang lalu, Majalah Otten sudah sering mengupas perihal ngopi di bulan puasa ini. Namun kali ini akan kami bahas kembali agar ritual ngopi kita di bulan puasa senantiasa aman dan nyaman. Banyak yang bertanya pada kami apakah ngopi di saat berbuka akan menganggu kesehatan? Apakah akan mengganggu lambung dan memberi efek yang tak menyenangkan pada tubuh? Jawabannya bisa iya dan tidak tergantung dengan kondisi dan daya tubuh masing-masing dan cara menikmati kopinya.

Sebaiknya Mengonsumsi Kopi Setelah Makan

Berbuka puasa dengan kopi boleh saja asal tidak langsung minum saat bedug maghrib tiba. Seharian tak mengonsumsi apapun lambung kita kosong. Disarankan mengonsumsi air dahulu, makanan manis dan makanan berat. Lambung perlu ‘dilapisi’ terlebih dahulu dengan makanan lain sebelum lanjut minum kopi.

Idealnya Ngopi 2 Jam Setelah Berbuka

Agar aman, idealnya mengonsumsi kopi 1,5 hingga 2 jam setelah berbuka. Waktu 2 jam ini dinilai aman dikarenakan tubuh sudah beradaptasi dahulu terhadap makanan dan minuman yang masuk pasca berbuka. Namun hal ini bukan berarti aman bagi semua orang dikarenakan kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda apalagi di situasi puasa ini.

Pilih Kopi yang Kafeinnya Rendah

Kafein adalah zat yang memberi efek beragam pada tubuh kita. Oleh karena itu, disarankan mengonsumsi kopi yang kafeinnya rendah. Misalnya, kamu bisa memilih mengonsumsi kopi arabika ketimbang robusta sementara waktu. Tapi kalau tubuhmu oke-oke saja dengan robusta ya silakan lanjut saja.

Minum Kopi Secara Benar & Tak Berlebihan

Benar di sini maksudnya mengonsumsi kopi yang sehat. Kopi yang tahu asal usulnya dan kalau bisa kopi yang segar dan diseduh sendiri. Minum kopi tak berlebihan juga disarankan karena kamu tak mau kan minum kopi banyak lalu berujung tidak bisa tidur padahal keesokan harinya harus bangun subuh untuk sahur? Jadi jangan berlebihan ya.

Selamat berpuasa untuk #TemanOtten semua. Jaga kesehatan dan sehat selalu ya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.