AMPAS KOPI DAN MADU, PERAWATAN KULIT MENYENANGKAN

masker kopi madu

Pernahkah kamu mencoba memanjakan kulit menggunakan ampas kopi sebagai masker dan campuran madu?

JIKA belum, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk kamu mencobanya. Sebagai orang yang memperhatikan kesehatan kulit, masker tentu bukan hal asing.

Mungkin kamu sudah sangat sering mengaplikasikan masker bengkoang untuk mencerahkan kulit wajah. Namun, rupanya ada bahan lain yang tidak kalah bagus untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulitmu, lho.

Ya benar tebakanmu, ampas kopi tersebut dicampur madu adalah kombinasi unik dan bermanfaat. Dua bahan itu umumnya dijadikan bahan utama dalam pembuatan minuman atau makanan. Namun ternyata khasiatnya lebih dari itu.

Kandungan Madu untuk Perawatan Masker Kopi

Sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu, madu sudah diyakini sebagai likuid dengan manfaat besar baik bagi manusia. Tidak hanya untuk menyehatkan badan, bahan ini juga sudah dipakai agar membuat kulit kian cantik.

Kandungan dalam cairan yang dihasilkan oleh lebah tersebut antara lain mengandung karbohidrat sehingga efektif untuk menambah energi saat dikonsumsi. Kandungan penting lainnya yaitu antioksidan sehingga bagus dibuat masker alami.

Antioksidan di dalam cairan manis tersebut yaitu fenolik serta flavinoid. Kemampuannya dalam menangkal radikal bebas dapat membuat wajah serta tubuh secara keseluruhan semakin sehat. Vitamin, mineral, serta protein juga ada di dalamnya.

credit: mae wu, unsplash

Masker Kopi dan Madu, Begini Cara Membuatnya

Untuk membuatnya, kamu harus menyiapkan kopi bubuk juga madu murni. Bubuk kopi tersebut dapat berfungsi guna membebaskan kulit dari dead cells.

Eksfoliasi yang kamu aplikasikan secara rutin dapat membuat wajah kamu cerah serta tidak kusam. Sementara kandungan kafein di dalam kopi memiliki kemampuan mengatasi bengkak, dengan membantu peradaran darah di wajah. Selain itu, kafein dalam kandungannya juga mampu merilekskan kulit.

Pembuatan masker ini dilakukan dengan cara mencampurkan madu dengan takaran 3 sendok ke bubuk kopi sebanyak 1 sendok. Aduk keduanya sampai berubah jadi tekstur seperti pasta. Kemudian oleskan juga ke area muka.

Jangan lupa juga mengaplikasikan masker kopi dan madu ke area leher. Kandungan air dan vitamin pada madu mampu melembabkan kulit sehingga mencegah kering karena selalu terhidrasi dengan cukup.

Setelah diaplikasikan ke area wajah berikut leher, tunggu hingga masker tersebut kering dalam waktu kira-kira 20 menit. Kemudian lakukan pembilasan memakai air bersih. Lakukan perawatan ini dengan teratur, ya.

credit: skinnyms.com

Manfaat Lain Ampas Kopi dan Madu

Secangkir kopi memiliki suatu rasa yang nikmat dan juga beraroma wangi maka tidak heran jika minuman satu ini menjadi favorit banyak orang. Namun seringkali ampas yang tersisa dibuang begitu saja. Begini cara memanfaatkan ampas kopi.

  • Scrub Wajah

Bukan hanya untuk bahan masker alami, ampas dari minuman berwarna hitam tersebut ternyata juga bisa dimanfaatkan kembali. Kamu dapat mengambil ampas secukupnya kemudian campurkan dengan minyak zaitun.

Campuran tersebut bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Aplikasikan scrub ke wajah serta leher kemudian gosok dengan lembut. Hal ini dilakukan supaya tidak merusak permukaan kulit.

Kamu juga bisa memakai scrub ini ke area tubuh lainnya. Menggosokkan scrub alami ini ke seluruh tubuh dapat mengangkat kotoran-kotoran yang tidak terangkat oleh sabun biasa.

  • Perawatan Rambut

Jangan buru-buru membuang ampas kopi di dalam cangkirmu. Benda yang kelihatannya merupakan limbah tersebut masih bisa dipakai untuk hal bermanfaat. Selain scrub wajah, ampas tersebut bisa juga untuk perawatan rambut, lho.

Kamu dapat mengaplikasikan ampas tersebut ke rambut lalu menggosok-gosoknya layaknya sedang creambath. Ampas tersebut dapat membantu mengembalikan kesehatan rambut akibat pemakaian hairspray maupun gel. Jadi, bukan hanya masker kopi dan madu saja.

Ketika sering memakai hairspray atau gel, kemungkinan ada banyak zat-zat kimiawi yang tertinggal di rambut. Sehingga membuatnya lebih mudah rusak jika tidak mendapat perawatan khusus.

Nah, kandungan dalam bubuk kopi bisa membuat rambut kembali sehat dan lebih bersinar. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri dengan tampilan gaya rambut apa saja.

Pecinta kopi sebaiknya juga mengetahui manfaat minuman tersebut secara lebih luas. Dengan begitu, kamu dapat mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Salah satu yang patut dicoba yaitu merawat wajah menggunakan masker kopi dan madu.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.