AMPAS KOPI: PERAWATAN DARI KEPALA HINGGA KAKI

Pasti sudah tahu bahwa ampas kopi baik digunakan untuk merawat tubuh. Tapi sudahkah kamu tahu bahwa ‘si hitam manis’ ini bermanfaat untuk seluruh tubuh dari kepala hingga ke kaki?

SUDAH bukan rahasia bahwa kopi tak hanya nikmat diteguk tapi juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Tapi ternyata manfaatnya tak sebatas jadi scrub atau masker saja, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan mengaplikasikan ampas kopi from head to toe! 

Di artikel-artikel sebelumnya kami sudah sering membahas tips merawat tubuh dengan kopi. Maka kali ini akan ada beberapa tips sederhana perawatan tubuh dari kepala hingga kaki hanya dengan menggunakan ampas kopi!

Merawat Kesehatan Rambut

Credit : polishedandprimed.com

Zat dan kandungan kopi ternyata teruji mampu menguatkan akar rambut dan merawat rambut yang rontok. Selain itu, kandungan kopi juga mampu merangsang pertumbuhan rambut-rambut baru yang membuat rambut rontokmu tergantingan dengan pertumbuhan yang lebih sehat. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. Dengan mengambil ampas kopi dan memakainya seperti masker rambut ke seluruh rambut. Diamkan 5 menit lalu sebelum dibilas pijat dahulu kulit kepala. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan pemakaian rutin 1-2 kali seminggu.

Hilangkan Mata Panda

Banyak masker dan eye cream menggunakan kopi sebagai bahan bakunya. Itu dilakukan bukan tanpa alasan. Kandungan di dalam kopi mampu memperbaiki jaringan kulit di bawah mata yang biasanya lebih tipis sehingga menyebabkan timbulnya mata panda yang mengganggu penampilan. Gunakan ampas kopi yang dicampur minyak zaitun lalu aplikasikan di bawah mata. Tunggu hingga 5-7 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan pemakaian 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Merawat Kulit Wajah

credit: skinnyms.com

Kalah ini sudah pasti tahu ya. Kamu bisa menggunakan ampas kopi untuk membuat masker yang mampu membersihkan wajah, mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Tinggal ambil ampas kopi dan campur dengan minyak zaitun. Makan masker bisa digunakan. Selain itu kamu juga bisa membuat masker berbeda dengan menggunakan ampas kopi dicampur dengan putih telur dan jeruk nipis. Masker ini mampu membersihkan wajah dan hidung dari komedo jahat.

Membersihkan Kulit Seluruh Badan

Credit : huffingtonpost.com

Untuk yang satu ini kamu bisa membuat scrub dari ampas kopi. Caranya cukup mudah. Siapkan ampas kopi pada wadah lalu campurkan dengan minyak zaitun. Cara pakainya tinggal basahi tubuh dengan air dan lalu aplikasikan scrub-nya. Tunggu kurang lebih 5 menit dan gosok seluruh tubuh dengan masker tadi untuk melunturkan sel kulit mati. Jangan lupa dibilas dengan air bersih.

Merawat Kaki 

Punya lutut yang menghitam atau tumit yang pecah-pecah? Sila ambil ampas kopi dan campurkan dengan jeruk nipis. Lalu aplikasikan pada tumit dan lututmu. Diamkan 5 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan pemakaian 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal ya. Oh iya, ini juga bisa dipakai untuk siku, mata kaki dan bagian tubuh lain yang menghitam.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.