AMPAS KOPI UNTUK MEMPERBAIKI FURNITUR KAYU

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa ampas kopi bisa dipakai sebagai media ampuh mengembalikan furnitur kayu yang tergores kembali seperti baru.

SAYA sendiri baru tahu soal ini beberapa hari yang lalu saat mendengar cerita seorang kenalan yang bekerja di sebuah perusahaan furnitur kayu. Kenalan saya ini sudah lama melintang di dunia furnitur kayu dan obrolan mengalir hingga bermuara ke soal perawatan furnitur kayu yang memang tak murah harganya.

“Kamu ‘kan suka minum kopi, itu ampas kopi bisa dipakai untuk menghilangkan goresan-goresan di permukaan furnitur kayu lho,” katanya dengan begitu antusias. Bagaimana mungkin ampas kopi bisa dipakai untuk menghilangkan noda dan goresan pada permukaan kayu? Ternyata memang benar karena dia menunjukkan satu video saat dia melakukan reparasi terhadap permukaan meja kayu dengan ampas kopi.

Kopi dan warna cokelatnya yang khas menyerupai kayu ternyata bisa menjadi bahan pewarna alami menyerupai cat jika dioles dan digosok ke permukaan kayu! Kopi mampu memberi warna natural untuk goresan-goresan yang terjadi pada permukaan kayu yang biasanya hadir seiring waktu.

Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya? Berikut langkah-langkahnya!

  • Ambil 3-4 sendok makan ampas kopi sisa seduh. Bisa lebih banyak jika banyak permukaan kayumu yang ingin dipoles.
  • Campurkan sedikit air ke dalam ampas kopi tersebut. Lalu aduk hingga merata.
  • Ambil sebuah kapas pembersih telinga.
  • Lalu celupkan kapas tersebut pada campuran air dan ampas kopi.
  • Gosokkan kapas berkopi itu pada permukaan yang tergores dengan gerakan berulang selama kurang lebih 5 menit hingga warnanya tercampur merata.
  • Tambahkan ampas kopinya pada kapas jika perlu.
  • Kemudian gunakan sehelai kain untuk membersihkan sisa ampas tadi.
  • Voila! Goresan pada furnitur kayumu bisa tersamarkan seketika.
  • Lakukan berulang kali untuk hasil maksimal!

 

Artikel dan foto utama diambil dari eldoradocoffee.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Wah biasanya sambil nulis atau kerja ngabisin kurang lebih 2 gelas kopi hitam, ampasnya pasti dibuang… besok coba ah kebetulan ada kursi antik yg keliatan kusam… makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.