AMPAS KOPI UNTUK MERAWAT RUMPUT DI RUMAH

Ternyata tak hanya manusia, rumput pun suka akan kopi karena mampu merawatnya menjadi subur dan hijau. 

BUKAN rahasia jika kopi memang sering digunakan sebagai ‘pupuk’ yang mampu memberi nutrisi sehingga menyuburkan tanaman. Salah satu tanaman yang bisa merasakan manfaat dari kopi itu adalah rumput. Seperti yang kami sunting dari id.haenselblatt.com, kopi mampu merangsang rumput untuk tumbuh subur dan menajadi lebih sehat. Untuk kamu yang mungkin sedang merencanakan menanam rumput untuk halaman rumahmu, bisa menggunakan ampas kopi untuk rumput yang lebih hijau.

Lalu bagaimana sebenarnya kopi bekerja untuk merangsang kesuburan rumput? Jika manusia membutuhkan kafein agar terjaga dan bersemangat, maka rumput berbeda. Rumput tak membutuhkan kafein pada kopi, melainkan nitrogen, fosfor dan mineral yang terkandung di dalam kopi tersebut. Tiga kandungan inilah yang membantu rumput agar tumbuh dengan sehat. Kopi mampu melepaskan nutrisi ini dengan perlahan dan bekerja lebih efektif ketimbang pupuk sintetis yang umumnya melepas nutrisi dengan cara cepat. Nutrisi yang dilepas perlahan-lahan ini memberi waktu pada rumput untuk lebih lama menyerapnya. Dan ini menjadikan rumput lebih kuat dan sehat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, kandungan kopi disukai oleh cacing tanah. Cacing tanah mampu memfasilitasi aktivitas mikroba pada tanah dan menguntungkan untuk lebih lanjut merangsang pertumbuhan rumput yang kita tanam. Untuk kamu yang setiap hari mengonsumsi kopi, sebaiknya mulai sekarnag tidak membuat ampas kopi begitu saja karena bisa digunakan untuk kesuburan rumput di halaman rumah. Tinggal letakkan ampas kopi di tanah yang ditanami rumput atau sesekali lubangin tanah dan letakkan ampas di sana. Biarkan cacing tanah bekerja dan lihat efek positifnya untuk rumputmu di rumah.

Artikel disunting dari id.haenselblatt.com

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.